Ini Dia Syarat Djarum Beasiswa Plus 2024

Ini Dia Syarat Djarum Beasiswa Plus 2024

Yang membedakan Djarum Beasiswa Plus 2024 dari program beasiswa lainnya adalah fokusnya pada pengembangan soft skills. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sudah bertahun-tahun Djarum mempunyai perhatian pada pendidikan bangsa melalui Djarum Beasiswa Plus, begitu juga di tahun 2024 ini. Melalui Djarum Foundation perusahaan ini memberikan kontribusi nyata sejak tahun 1984 bagi dunia pendidikan di Indonesia

Kesadaran akan peran penting pendidikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat telah mendorong langkah-langkah konsisten ini, dengan tujuan mewujudkan masa depan yang lebih cerah bagi bangsa.Salah satu program unggulan yang terus dikembangkan adalah Djarum Beasiswa Plus. Program ini memberikan bantuan kepada mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia dengan berbagai bentuk dukungan, tidak hanya dalam bentuk dana Beasiswa, tetapi juga dalam pembekalan ketrampilan lunak (soft skills) yang krusial untuk membentuk calon pemimpin masa depan.

BACA JUGA:Mitos yang Membuat Anda Tidak Berhenti Merokok!

Yang membedakan Djarum Beasiswa Plus 2024 dari program beasiswa lainnya adalah fokusnya pada pengembangan soft skills. Para penerima beasiswa, atau Beswan Djarum, tidak hanya menerima dana beasiswa selama satu tahun, tetapi juga mengikuti rangkaian pelatihan yang mencakup beragam aspek seperti Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, dan International Exposure.

Lebih dari sekadar pelatihan, melalui program Community Empowerment, Beswan Djarum juga diajak untuk turun langsung dalam memberikan solusi terhadap permasalahan sosial di lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, program ini bukan hanya menciptakan pemimpin yang cerdas secara akademis, tetapi juga peduli dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Mencetak Pemimpin Berkualitas
Lebih dari 13.397 mahasiswa berprestasi telah bergabung dalam program ini, mewakili beragam latar belakang pendidikan di lebih dari 127 perguruan tinggi unggulan di seluruh Indonesia. Djarum Foundation membuktikan komitmennya dalam mendidik dan membentuk generasi masa depan bangsa.

Para penerima Djarum Beasiswa Plus tidak hanya menerima dana beasiswa, tapi juga mendapatkan pembekalan keterampilan lunak yang akan mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan.Mereka memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dan berjejaring dengan mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia, menciptakan hubungan yang berharga untuk masa depan yang lebih baik.

BACA JUGA:Inilah Jenis Elektrolit dan Manfaatnya untuk Tubuh

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus 2024/2025
Djarum Beasiswa Plus merupakan peluang istimewa bagi mahasiswa yang berprestasi dari berbagai jurusan dalam program Strata 1/Diploma 4 di perguruan tinggi yang bermitra dengan Djarum Foundation. Berikut adalah persyaratan dan langkah-langkah pendaftarannya:

Persyaratan Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus 2024
- Sedang kuliah S1/D4 pada semester empat pada semua disiplin ilmu.
- Memiliki IPK minimum 3.00 pada semester III, dan mampu mempertahankan IPK tersebut hingga akhir semester IV.
- Aktif ikut organisasi intra maupun ekstra kampus.
- Tidak sedang menerima beasiswa dari instansi lain.
- Kuliah pada perguruan tinggi yang menjadi mitra dari Program Djarum Beasiswa Plus.

Syarat Administratif Berkas Pendaftaran
Berikut adalah dokumen yang harus disiapkan untuk melengkapi proses pendaftaran:
- Lampirkan hasil scan foto berwarna berukuran 4 x 6 cm dengan memakai jas almamater. Foto tersebut dalam format file jpg atau png dengan ukuran maksimal 500 KB.
- Melampirkan Scan Kartu Tanda Mahasiswa dalam format file jpg atau png dengan ukuran maksimal 500 KB.
- Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan format file jpg atau png dengan ukuran maksimal 500 KB.
- Menscan Transkrip Nilai dari semester satu hingga semester 3 serta IPK yang telah dilegalisir oleh otoritas kampus. Ukuran file dalam format pdf dengan ukuran maksimal 1 MB.
- Melampirkan hasil scan Salinan Surat Keterangan ataupun sertifikat aktif berorganisasi, kepanitiaan, atau prestasi yang laiinya yang kamu punyai. Format file dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 1MB.
- Scan Surat Keterangan dari kampus bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari instansi lain (berlaku untuk periode 1 September 2024 – 31 Agustus 2025, format file pdf, maksimal 500 KB).

BACA JUGA:Ini Dia Tips Jitu Cara Bangun Pagi agar Tak Kesiangan

Tentunya dengan memenuhi persyaratan dan melengkapi dokumen yang menjadi syarat beasiswa Djarum Plus 2024 ini bisa meminimalisir kegagalan awal. S elain itu berpotensi menjadi penerima Program Djarum Beasiswa Plus 2024 yang bergengsi.

Alur Pendaftaran dan Informasi Tambahan Djarum Beasiswa Plus 2024
Bagi para calon penerima Djarum Beasiswa Plus, berikut adalah alur pendaftaran serta informasi tambahan yang penting untuk diketahui:

Alur Pendaftaran:
- Pendaftar melakukan pendaftaran secara online dan mengisi formulir pendaftaran secara lengkap melalui link website resmi yang akan dibuka mulai tanggal 27 Maret hingga 30 Mei 2024.
- Setelah mengisi formulir pendaftaran, pendaftar akan menerima email konfirmasi pendaftaran.
- Pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan diundang untuk mengikuti tes tulis secara daring, yang akan dijadwalkan melalui email dan SMS.
- Peserta yang lolos tes tulis akan diundang untuk tahap wawancara.
- Pendaftar bisa melihat pengumuman penerima Djarum Beasiswa Plus tersebut melalui laman website resmi djarumbeasiswaplus.org serta pengumuman di Bagian Kemahasiswaan di perguruan tinggi masing-masing.

Informasi Tambahan:
Sebagai informasi tambahan bahwa pendaftaran Program Djarum Beasiswa Plus ini buka setahun sekali dan khusus untuk mahasiswa semester IV. Untuk tahun 2024, pendaftaran akan dibuka mulai 27 Maret hingga 30 Mei 2024. Pastikan untuk selalu memantau informasi terbaru melalui akun resmi kami.

BACA JUGA:Pasar Murah dan UMKM Expo Hadir di Berendo Kota Bengkulu, Belanja Hemat Lewat BERKAH

- Pelatihan soft skills dalam Djarum Beasiswa Plus saat ini difokuskan untuk para Beswan Djarum.
- Program ini tidak mencakup beasiswa untuk lulusan SMA, D3, atau S2, serta tidak ada kerjasama untuk sponsor kegiatan pada saat ini.
- Untuk melihat daftar perguruan tinggi mitra program Djarum Beasiswa Plus, dapat dilihat melalui link berikut: Daftar Perguruan Tinggi Mitra.
- Bagi kampus yang belum termasuk dalam daftar mitra, dapat mengajukan kerjasama melalui email ke [email protected].
- Informasi resmi seputar Djarum Beasiswa Plus dapat diperoleh melalui akun media sosial resmi kami di Facebook, Twitter, dan Instagram, serta melalui website resmi kami. Untuk masalah teknis saat pendaftaran online, dapat menghubungi kami melalui email di [email protected].

Djarum Beasiswa Plus 2024, setiap Beswan Djarum memiliki kesempatan emas untuk mengukir prestasi dan membangun masa depan yang gemilang bagi diri mereka sendiri dan bangsa ini.

BACA JUGA:Hari Penyiaran Nasional, Momentum untuk Terus Kuat dan Bertumbuh

Pembentukan Soft Skills dalam Djarum Beasiswa Plus 2024
Dalam Djarum Beasiswa Plus 2024, Beswan Djarum mendapat kesempatan emas untuk mengembangkan beragam keterampilan lunak yang akan membekali mereka sebagai pemimpin masa depan yang berintegritas dan bertanggung jawab. Berikut adalah rangkaian kegiatan soft skills yang mereka jalani:

Pendidikan Karakter
Pertama-tama, Beswan Djarum menjalani proses Character Building. Mereka dibimbing untuk menjadi individu yang berkarakter kuat dan mandiri.

Leadership Development
Puncak dari pembekalan ini adalah Nation Building, yang bertujuan memperkuat wawasan kebangsaan Beswan Djarum. Mereka diajak untuk memahami makna sejati dari bangsa dan kebangsaan. Wawasan ini menjadi landasan kuat bagi kepercayaan diri mereka dalam bersaing di tingkat global.

Competition Challenges
Penerima Beasiswa Djarum plus juga akan mengikuti kompetisi, Beswan Djarum. Langkah ini untuk mengasah kemampuan pesetta agar mereka dan memiliki jiwa kompetitif yang sehat. Salah satu contohnya adalah Essay Contest, di mana mereka didorong untuk mengekspresikan ide dan gagasan mereka tentang permasalahan sosial serta menyajikannya dalam tulisan yang meyakinkan.

BACA JUGA:Perusahaan di Kota Bengkulu Diminta Laporkan Bukti Pembayaran THR Karyawan

International Exposure
Tidak hanya itu, Beswan Djarum juga mendapat kesempatan untuk menerapkan keterampilan lunak yang mereka miliki dalam menangani masalah sosial, ekonomi, atau lingkungan secara langsung melalui program Community Empowerment. Mereka dilatih untuk merumuskan dan melaksanakan solusi berbasis komunitas secara berkelanjutan.

Melalui rangkaian kegiatan ini, Djarum Beasiswa Plus 2024 tidak hanya memberikan dana beasiswa, tapi juga membentuk karakter dan keterampilan yang akan membawa Beswan Djarum menuju kesuksesan dan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: