Penting! Ini Dia 5 Tips Meninggalkan Rumah dengan Aman Saat Mudik Lebaran

Penting! Ini Dia 5 Tips Meninggalkan Rumah dengan Aman Saat Mudik Lebaran

Tips meninggalkan rumah agar aman saat mudik lebaran -freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mudik menjadi salah satu tradisi yang tidak boleh dilewatkan saat ingin menyambut hari raya Idul Fitri. Kegiatan yang satu ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya di Indonesia. 

Meski mudik jadi salah satu kegiatan menyenangkan, karena bisa berkumpul bersama dengan sanak keluarga di kampung halaman. Tak dipungkiri banyak dari mereka yang was-was meninggalkan rumah dalam kondisi kosong. 

Pasalnya pada saat kondisi seperti ini lah banyak oknum yang memanfaatkan momentum libur Lebaran sebagai peluang untuk melakukan tindak kejahatan. Salah satunya membobol rumah yang ditinggalkan pada saat mudik. 

Nah, jika kamu menjadi salah satu orang yang akan mudik kek kampung halaman, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat meninggalkan rumah ketika mudik Lebaran. Berikut diantaranya: 

BACA JUGA:Kopi Hitam, Minuman Diet yang Serba Bisa Dan Banyak Manfaat

1. Gunakan Pengaman Ganda

Tidak hanya kendaraan saja yang membutuhkan pengaman ganda, kamu juga bisa memberikan pengaman ganda di rumahmu, agar tidak mudah dibobol maling.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pengaman atau gembok yang memang sudah teruji keamanannya. 

Jangan gunakan gembok biasa yang mudah dibobol maling, tapi pakailah gembok anti-maling yang sudah memiliki standar SNI. Kamu bisa menambah pengaman ganda, mulai dari pagar rumah, kamar, dan tempat-tempat lain yang dianggap rawan disusupi maling. 

BACA JUGA:Apa Hukum Memberi Makan orang yang Tidak Puasa Selama Bulan Ramadan

2. Pakai CCTV

Cara ini sangat ampuh bagi kamu yang mudah was-was meninggalkan rumah saat mudik. Ya, kamu bisa memasang kamera pengawas atau CCTV, agar mudah untuk memantau rumah dari mana pun kamu berada. 

Kamu bisa menggunakan CCTV outdoor dan indoor untuk mengawasi sudut-sudut rumahmu. 

3. Cabut Aliran Listrik Tak Terpakai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: