Ini Dia Manfaat Membungkus Rambut dengan Handuk yang Perlu Kamu Tahu!

Ini Dia Manfaat Membungkus Rambut dengan Handuk yang Perlu Kamu Tahu!

Handuk harus yang punya serat lembut dan memiliki kemampuan daya serap tinggi sehingga proses pengeringannya bisa lebih cepat dibandingkan dengan handuk biasa yang kurang bisa menyerap air. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Handuk memang fungsinya banyak banget untuk dipakai mengingat jenisnya juga banyak ada yang khusus digunakan untuk mandi, lap tangan, wajah bahkan ada ukuran khusus yang dipakai untuk membungkus rambut. Setelah keramas kondisi rambut memang bakalan super basah sehingga membutuhkan pengeringan yang maksimal, salah satunya adalah dengan membungkusnya.

Secara umum Handuk untuk rambut ini bahannya beragam ada yang menggunakan microfiber dan ada juga yang menggunakan katun sesuai dengan tipe yang kamu inginkan. Sebenarnya apa sih manfaat membungkus rambut dengan Handuk? Kamu yang penasaran bisa langsung cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA:Pilih Sesuai Kebutuhan! Ini Dia Jenis Kipas Angin dan Fungsinya

Mempercepat Proses Pengeringan Rambut
Manfaat handuk untuk rambut pertama yang perlu kamu tahu adalah mempercepat proses pengeringan rambut. Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang juga harus dibersihkan dan kembali dikeringkan biar nggak membuatnya kusut. Kondisi rambut yang basah juga membuat kita menjadi kurang maksimal penampilannya terlebih bagi yang harus keluar rumah.

Jika dibiarkan hanya terurai begitu saja maka pengeringan rambut juga bakalan lama, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan handuk. Salah satu bahan handuk yang sangat direkomendasikan adalah microfiber karena memiliki kemampuan penyerapan lebih baik namun ketebalan bahannya juga lebih tipis dibandingkan lainnya.

Hal ini membuat proses pengeringannya menjadi lebih cepat dibandingkan cara lain. Bahkan cara pengeringan dengan handuk ini juga membuat rambut jauh lebih sehat dibandingkan dengan pengeringan menggunakan pengering rambut. Pengering rambut mampu menyebabkan rambut kering nggak maksimal dan lebih mudah rusak bahkan rapuh.

BACA JUGA:Keren! Ini Dia Daftar HP yang Bisa Jadi Remote AC

Menghindari Rambut yang Super Kering
Kebanyakan orang mengeringkan rambut menggunakan pengering rambut khusus yang pakai mesin listrik sehingga panasnya bakalan langsung mengenai ke bagian rambut. Cara ini bakalan membuat rambut nggak hanya kering cepat namun juga kehilangan kelembapan alami yang dimilikinya sehingga nggak boleh dilakukan secara sering.

Padahal frekuensi keramas yang sehat adalah dua hari sekali untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Jika sudah lebih dari waktu ini biasanya rambut menjadi menggumpal dan minyaknya banyak sehingga nggak nyaman untuk digunakan. Alternatif paling pas untuk pengeringannya adalah dengan membungkus rambut menggunakan handuk.

Kamu bisa memilih ukuran handuk yang pas ketika nantinya dililitkan ke kepala dan mampu membungkus semua bagian rambut yang membutuhkan. Handuk harus yang punya serat lembut dan memiliki kemampuan daya serap tinggi sehingga proses pengeringannya bisa lebih cepat dibandingkan dengan handuk biasa yang kurang bisa menyerap air.

BACA JUGA:THR Lebaran, Tradisi Turun-temurun Hingga Cara Hitungnya

Mengurangi Kerusakan Rambut
Manfaat ketiga yang bisa kamu tahu dari membungkus rambut menggunakan handuk adalah bisa mengurangi kerusakan rambut yang mungkin terjadi. Rambut juga penting diperhatikan kondisi dan juga kelembapannya. Jadi jangan sampai kondisinya terlalu kering dan kekurangan vitamin di dalamnya sehingga membuatnya lebih mudah rusak saat digunakan.

Terlebih untuk tipe rambut yang helaiannya rapuh dan sudah banyak terkena produk kimia serta perawatan rambut panas lainnya maka cara lebih aman untuk mengurangi kerusakan adalah membungkusnya dengan handuk. Penting dipahami walaupun kelihatannya simpel dan sederhana namun handuk mampu mengurangi adanya gesekan antar rambut.

Hal ini akan mengurangi adanya rambut bercabang maupun kering terlebih jika kamu menambahkan penggunaan vitamin atau tambahan minyak lainnya baru kemudian membungkusnya menggunakan handuk. Handuk membantu proses penguapan dan penyerapan vitamin yang diberikan pada rambut menjadi lebih maksimal dibandingkan nggak menggunakannya.

BACA JUGA:Cerita Lebaran Masa Kecil yang Tak Terlupakan

Menghindari Kerontokan
Manfaat yang diberikan keempatnya adalah membungkus rambut menggunakan handuk bisa menghindarkan dari kerontokan. Membungkus rambut dengan handuk membuat rambut mampu menyatu dan nggak banyak bersentuhan satu dengan lainnya. Jadi kondisinya bisa lebih terjaga kelembapannya sampai kadar airnya hilang.

Kerontokan menjadi salah satu hal yang banyak diwaspadai karena penanganannya juga sulit. Kerontokan berlebih akan membuat rambut menjadi berkurang intensitasnya sehingga kurang bagus saat ditali maupun dibuat bentuk lainnya. Kamu menjadi kurang percaya diri saat menguraikan rambutnya jika rambutnya menjadi tipis.

Saat membungkus rambut kamu jangan menyisirnya terlebih dahulu justru biarkan dalam kondisi menggumpal. Memasak penyisiran rambut saat rambut masih basah akan menyebabkannya rapuh dan cenderung lebih mudah rontok.

Nggak Bikin Pegal
Manfaat kelima yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan handuk untuk membungkus rambut adalah nggak bakalan bikin pegal di tangan maupun punggung saat mengeringkannya. Banyak orang yang sudah menggunakan handuk namun nggak tahu cara mengeringkan yang lebih praktis sehingga mereka memilih menggosok rambut dengan handuknya.

BACA JUGA:Platform Yang Satu Ini Berikan Saldo DANA Gratis Hingga Rp900 Ribu, Ayo Klaim Sekarang Juga!

Padahal cara ini justru membuat kondisi rambutnya menjadi makin kusut dan susah untuk diatur. Selain itu kamu juga bakalan lebih mudah pegal di tangan maupun punggung bahkan cara ini juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses pengeringannya. Sehingga cara paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan handuk sebagai pembungkus rambut saja.

Kamu hanya perlu membungkus rambut dengan handuk dan menjepitnya biar nggak mudah terlepas. Setelah itu kamu nggak perlu melakukan apa-apa lagi jadinya nggak bakalan pegal nantinya. Direkomendasikan menggunakan handuk dari bahan microfiber karena lebih ringan jadinya juga nggak bikin leher jadi pegal saat menggunakannya.

Meluruskan Rambut
Manfaat selanjutnya yang perlu kamu tahu dari penggunaan handuk adalah membantu proses pelurusan rambut menjadi lebih baik. Banyak yang nggak tahu kalau dengan membungkus rambut menggunakan handuk bisa membuatnya mudah untuk diluruskan secara alami. Caranya adalah kamu hanya perlu membungkusnya menggunakan handuk dan membiarkannya tergerai.

Jangan disisir atau dirapikan dulu namun biarkan rambut basah langsung dimasukkan ke dalam lilitan handuk. Cara ini membantu proses penyerapan air yang maksimal tanpa membuatnya menjadi bergelombang. Bakalan membantu banget terlebih jika kamu memiliki tipe rambut yang mudah rusuh atau yang tipis sehingga mudah bergelombang juga nantinya.

BACA JUGA:7 Aplikasi Game Penghasil Uang 2024 Yang Bisa Cair ke Saldo DANA, Sudah Terbukti!

Mengurangi Kekusutan Rambut
Manfaat ketujuh yang bisa kamu dapatkan dengan membungkus rambut menggunakan handuk adalah untuk mengurangi kekusutan yang mungkin terjadi. Rambut setelah dikeramas nggak selamanya langsung kembali bagus dan bersinar bahkan jika penanganannya nggak sesuai justru akan menyebabkan rambut menjadi kusut.

Namun kamu jangan khawatir karena dengan membungkusnya menggunakan handuk dan membiarkannya mengering bakalan menyebabkan rambut nggak mudah kusut nantinya. Cara ini akan membantu pengeringan menjadi lebih maksimal, nggak hanya itu rambut juga nggak akan kehilangan kelembapan alami saat dikeringkan. Kondisi rambut yang dikeringkan menggunakan bungkusan handuk juga lebih bagus penyerapan vitaminnya nanti saat diberikan tambahan minyak di dalamnya. Sehingga penyerapannya ke dalam helai rambut dan kulit kepala juga bakalan lebih baik. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: