Ini Dia Ide Bisnis UKM yang Populer dan Banyak Dicari

Ini Dia Ide Bisnis UKM yang Populer dan Banyak Dicari

Dari total keseluruhan pegiat bisnis modal kecil, ada sekitar 13,7% usaha yang bergerak di bidang ini dan 7% lainnya menggeluti proses produksi tekstilnya itu sendiri--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Perkembangan zaman tidak lepas kaitannya dengan inflasi. Itulah mengapa harga barang pokok lebih mahal daripada beberapa tahun yang lalu. Sebagai upaya untuk terus survive, banyak orang yang akhirnya memilih untuk hustle atau menjalani dua pekerjaan sekaligus, salah satunya merintis usaha kecil-kecilan. Buat kamu yang juga sedang mengumpulkan ide bisnis UKM (usaha Kecil Menengah), kami sudah siapkan beberapa idenya di bawah ini. Yuk, simak sampai akhir agar kamu bisa mulai sesegera mungkin!

BACA JUGA:Jangan Salah Kaprah! Begini Cara Berbuka Puasa yang Benar dan Sehat

Sebelum spesifik membahas ide bisnis UKM apa saja yang wajib dicoba pada tahun ini, mari kita cari tahu dulu bidang usaha apa saja yang populer di kalangan UKM Indonesia.

1. Makanan dan minuman
Dari total 4,3 unit bisnis usaha kecil-kecilan yang tercatat pada 2023 lalu, terdapat setidaknya 36,7% usaha di bidang makanan dan minuman. Tentu bisa kita pahami, sebab makanan dan minuman merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, selain sandang (pakaian) dan papan (tempat tinggal). Risikonya pun cukup rendah karena hanya bermodalkan bahan pangan mentah atau semi-mentah yang kemudian diolah untuk menghasilkan produk berdaya jual baik.

2. Kerajinan kayu
Setelah usaha makanan dan minuman, bidang bisnis berikutnya yang patut untuk kamu coba adalah kerajinan kayu. Meski persentasenya tak sebesar F&B, masih ada 14% bisnis yang menggeluti bidang ini dari total seluruh UKM di Indonesia. Namun, untuk memulai usaha yang satu ini, kamu mungkin perlu modal yang lebih banyak daripada bisnis makanan dan minuman. Meski begitu, tidak perlu khawatir, sebab sekarang ini kamu sudah bisa menemukan banyak crowdfunding atau pinjaman khusus untuk usaha yang prosesnya mudah.

BACA JUGA:Tips Jitu Cara Mengatasi Jerawat Parah di Wajah

3. Fashion
Seperti yang disebutkan pada poin pertama, kebutuhan pokok manusia itu terdiri dari tiga hal, yaitu sandang, pangan, dan papan. Itulah mengapa, jenis usaha berikutnya yang cukup diminati oleh sejumlah besar masyarakat adalah industri fashion. Dari total keseluruhan pegiat bisnis modal kecil, ada sekitar 13,7% usaha yang bergerak di bidang ini dan 7% lainnya menggeluti proses produksi tekstilnya itu sendiri. Dengan begitu, jumlahnya bisa dibilang berbeda tipis dengan industri mebel.

4. Otomotif
Terakhir, ada industri otomotif yang keberadaannya juga punya demand cukup baik di mata masyarakat. Fakta ini beriringan dengan jumlah pengendara motor di Indonesia yang menjadi salah satu terbanyak di antara negara-negara lain. Kamu juga bisa berkecimpung di industri ini dengan menekuni berbagai macam bidang, misalnya jual beli kendaraan (dealer), supply suku cadang, hingga menerima servis rutin kendaraan.

BACA JUGA:Hakim Vonis 4 Terdakwa Kasus Korupsi Samisake Bersalah, Dipenjara dan Denda

Ide Bisnis UKM yang Menguntungkan
Nah, sekarang saatnya untuk tahu ide bisnis UKM spesifik yang jumlah keuntungannya menarik. Apa sajakah itu? Kita cek detailnya di bawah ini, yuk!

1. Snack dan minuman kekinian
Seperti yang disebutkan di awal, bisnis F&B memang masih menjadi favorit banyak orang. Melihat data tersebut, ide bisnis UKM yang bisa kamu coba untuk mendapatkan keuntungan lebih adalah snack dan minuman kekinian. Mulailah dengan mengamati peluang di sekitar, apa saja makanan dan minuman yang belum ter-supply di daerah tersebut.

2. Kerajinan tangan bahan daur ulang
Pilihan berikutnya adalah kerajinan tangan yang diambil dari bahan daur ulang. Melihat isu lingkungan yang semakin mengerikan, tentu kita perlu bergerak untuk menemukan solusi, salah satunya adalah dengan memproses sampah-sampah layak olah tersebut menjadi barang bernilai jual. Beberapa produk kerajinan tangan yang bisa kamu pasarkan adalah pot dengan lukisan custom, tas dari olahan bungkus plastik, dompet dari sedotan, dan banyak lagi lainnya.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Siapkan Pembangunan SPAM Kobema, Bongkar Bangunan Ilegal

3. Jasa cuci kendaraan
Masih berkaitan dengan data di atas, salah satu bidang usaha yang potensi keuntungannya cukup baik adalah jasa cuci kendaraan. Modal yang kamu butuhkan untuk menjalankan bisnis ini pun sederhana, mulai dari air, sabun, dan spons atau kain untuk mengelap motor pelanggan. Supaya lebih laku, cobalah memasang tarif yang kompetitif dan mulailah merintis di musim penghujan.

Meski usahamu baru bertaraf UKM (Usaha Kecil Menengah), tapi integrasi teknologi itu tetap dibutuhkan untuk memikat perhatian pelanggan, lho! Untuk itu, cobalah menawarkan metode pembayaran cashless untuk mempermudah customer menyelesaikan transaksi.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: