Tarif Tol Alami Kenaikan, Ini Tarif Jalan Tol Trans Sumatera Saat Lebaran Nanti

Tarif Tol Alami Kenaikan, Ini Tarif Jalan Tol Trans  Sumatera Saat Lebaran Nanti

Kendaraan roda empat saat melintasi gerbang tol Kuala Bingai-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemudik lebaran tahun 2024 diprediksi akan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah pemudik ini turut dirasakan oleh PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya).

Oleh karena itu, PT Hutama Karya (Persero) meluncurkan booklet bertajuk Trans Sumatera Ramadhan Guide Book 2024. Booklet ini dilengkapi dengan sejumlah informasi penting yang akan memudahkan pemudik seperti peta Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), fasilitas, lokasi rest area, info call center, himbauan berkendara hingga info wisata, kuliner, hingga tarif tol Trans Sumatera.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menjelaskan buku panduan digital ini disiapkan bagi pemudik yang akan melintasi tol Trans Sumatera selama arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024.

"Semua informasi penting mengenai tol Trans Sumatera kami rangkum di panduan tersebut, pemudik dapat mempelajari dan mengetahui terlebih dahulu medan yang akan dilalui, sehingga dapat merasa aman dan nyaman berkendara. Termasuk informasi kuliner, oleh-oleh dan tempat wisata yang dapat dikunjungi selama mudik," kata Tjahjo, Kamis (28/3/2024).

BACA JUGA:Ini Tarif Integrasi Terbaru Tol Japek dan MBZ Mulai Berlaku 9 Maret 2024

Tak hanya meluncurkan booklet  informasi tol  Trans Sumatera, , PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) juga menginformasikan terkait adanya kenaikan tarif tol yang akan dilintasi oleh para pemudik nantinya. 

Informasi besaran tarif menjadi hal penting, agar para pemudik dapat mempelajari terlebih dahulu tarif tol Trans Sumatera sebelum memulai perjalanan mudiknya.  Sehingga akan mencegah ketidakcukupan saldo yang dapat mengakibatkan terjadinya antrian di gerbang tol.

"Tarif tol mengalami kenaikan dibanding momen mudik tahun lalu karena adanya penyesuaian tarif tol yang dilewati," pungkas Tjahjo.

Meski ada kenaikan, Hutama Karya berencana untuk memberlakukan diskon tarif pada dua ruas terpanjang di JTTS yakni di Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (189 km) dan Tol Indralaya - Prabumulih (64,5 km) selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2024.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi Pembebasan Jalan Tol Bengkulu Masih Berproses, Penyidik: Tunggu Perhitungan Kerugian Negara

Hal itu selaras dengan kebijakan diskon tarif tol pada mudik Lebaran tahun 2024 yang disampaikan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KPUPR). 

"Saat ini kami masih masih melakukan perhitungan atas rencana penerapan diskon tarif tersebut. Harapannya dapat segera kami umumkan maksimal satu minggu sebelum arus mudik dimulai," tutup Tjahjo.

Tarif JTTS yang perlu menjadi perhatian pemudik adalah dari Bakauheni ke Palembang yakni sebesar Rp 410.000 untuk kendaraan golongan 1. Kendaraan golongan 1 yang dimaksud tersebut diantaranya mobil sedan, jip, pikap atau truk kecil, dan bus. 

Angka tersebut mengalami kenaikan dibanding momen mudik tahun lalu karena adanya penyesuaian tarif tol Bakauheni - Terbanggi Besar sejak 25 Mei 2023 sebelum kemudian dikelola oleh PT Bakauheni Terbanggi Besar Tol. Selain itu di sisi utara, tarif untuk golongan 1 dari Bandara Kualanamu menuju Tanjung Pura adalah sebesar Rp 105.500. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: