Peluang Ide Bisnis di Kampung, Modal Kecil Cuan Banyak!

Peluang Ide Bisnis di Kampung, Modal Kecil Cuan Banyak!

ide bisnis di kampung berupa agen isi ulang pulsa dan token listrik prabayar sangat menguntungkan lantaran banyak dicari--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa bilang peluang usaha yang menguntungkan hanya ada di daerah perkotaan? Justru, membuka usaha di kampung bisa membawamu banyak keuntungan, lho! Pasalnya, kemungkinan besar persaingan bisnis di pedesaan tidak akan seketat di kawasan metropolitan. Selain itu, ada juga banyak ide bisnis di kampung yang banyak dicari, tidak butuh terlalu banyak modal awal, dan pastinya menawarkan potensi bisnis sangat menguntungkan. Penasaran? Simak selengkapnya di sini!

1. Counter pulsa dan token listrik
Di era digital seperti sekarang, semua orang–termasuk yang tinggal di desa–pastinya akan butuh handphone dengan pulsa yang mencukupi untuk mengontak anggota keluarga di wilayah lain. Begitu juga dengan listrik yang sangat diperlukan untuk mengisi baterai handphone sekaligus mengoperasikan peralatan elektronik rumah tangga. Makanya, ide bisnis di kampung berupa agen isi ulang pulsa dan token listrik prabayar sangat menguntungkan lantaran banyak dicari.

BACA JUGA:Inilah Asal Usul Ngabuburit dan Maknanya dalam Budaya Ramadan

Untuk modal awalnya, kamu hanya perlu menyiapkan setidaknya Rp4 juta untuk semua perlengkapan yang dibutuhkan, dan kamu bisa menghasilkan keuntungan sebanyak hampir Rp2 juta per bulannya dari model bisnis ini.

2. Jasa titip ke kota
Terkadang, tinggal di desa akan menyulitkan seseorang mendapatkan barang yang hanya tersedia di kawasan perkotaan. Apalagi, kalau mereka punya kesibukan yang padat atau opsi transportasi yang terbatas. Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu bisa mempertimbangkan ide bisnis di kampung yang satu ini: jastip alias jasa titip ke kota.

Kamu sama sekali tidak perlu menyiapkan tempat untuk menyimpan barang karena dengan model bisnis jastip, kamu baru hanya akan bekerja setelah menerima uang dan pesanan dari pelanggan. Pokoknya, ide usaha ini cocok untuk kamu yang sering bepergian ke kota!

BACA JUGA:Wajib Dicoba! Tempat Bukber di Bandung yang Cocok untuk Reuni

3. Aneka bibit tumbuhan
Apa kamu tinggal di desa yang terkenal dengan tanah suburnya dan tahu seluk-beluk berkebun? Tidak ada salahnya membuka bisnis yang berkaitan dengan pertanian, lho, contohnya toko bibit tumbuhan! Melalui model bisnis ini, kamu bisa menawarkan berbagai jenis bibit bunga, buah-buahan, dan sayur-mayur yang jarang ditemukan di desa. Lebih untungnya lagi, toko aneka bibit tumbuhan tidak hanya digandrungi oleh penduduk desa, tapi juga penduduk kota yang bisa saja berkunjung ke desa sewaktu-waktu.

4. Toko kelontong
Semua orang pastinya akan butuh sembako, sehingga bisnis toko kelontong tidak akan ada matinya. Ya, bahkan di daerah perkampungan!

Untuk pemula, kamu bisa memulai bisnis ini tanpa perlu menyewa tempat lain karena kamu tinggal memanfaatkan space di teras depan rumah sendiri. Lalu, kamu tinggal membeli semua barang kebutuhan primer seperti beras, sabun, minyak goreng, tepung, gula, sabun, dan sebagainya secara grosir. Jika ditotal, omset rata-rata yang kamu peroleh per harinya bisa mencapai Rp300 ribu, dan kamu hanya perlu modal awal sebesar Rp1-3 juta saja.

5. Jasa pijat keliling
Kalau kamu punya ilmu di bidang terapi fisik dan sedang mencari ide bisnis yang tidak memerlukan terlalu banyak space tempat maupun barang, cobalah ide bisnis di kampung menawarkan jasa pijat keliling! Pasalnya, penduduk desa pastinya akan sering merasa pegal dan lelah setelah melakukan pekerjaan fisik seharian, sehingga mereka akan butuh jasa pijat refleksi.

BACA JUGA:Pasutri Biar Tahu! Cara Berhubungan Intim Saat Hamil Besar yang Aman

Untuk memulai bisnis ini, kamu cukup menyiapkan alat pijat dan tikar yang bisa dibawa ke mana pun karena kamu akan lebih sering berkunjung ke rumah pelanggan. Jadi, kamu bisa menghemat biaya sewa tempat, deh, dan keuntungannya juga lebih besar.

6. Isi ulang galon
Di zaman sekarang, penggunaan dispenser listrik sudah semakin meningkat seiring dengan bertambahnya pemerataan akses listrik ke berbagai daerah, termasuk pedesaan. Dengan kata lain, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka depot isi ulang galon, terutama kalau desamu masih punya sumber mata air yang bagus.

Memang, modal awal yang diperlukan model bisnis ini agak sedikit lebih tinggi daripada kelima ide bisnis di kampung yang sebelumnya karena kamu perlu mesin isi ulang khusus. Tapi, kamu bisa semakin berhemat dengan memanfaatkan space di rumah sendiri, dan potensi keuntungan rata-ratanya bisa mencapai Rp7 juta per bulan karena semua orang pasti butuh minum apa pun musimnya.

BACA JUGA:Mau Hamil Anak Kembar? Ini Hal yang Perlu Diketahui!

Sudah tahu ingin mencoba ide bisnis di kampung yang mana? Apapun pilihanmu, kamu cukup sesuaikan dengan passion dan kemampuanmu! Agar bisnis sampingan di desa semakin berkembang, jangan lupa tawarkan metode pembayaran yang praktis bagi konsumen, contohnya pembayaran secara cashless menggunakan e-wallet.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: