Inilah Asal Usul Ngabuburit dan Maknanya dalam Budaya Ramadan

Inilah Asal Usul Ngabuburit dan Maknanya dalam Budaya Ramadan

Membaca Al-Quran untuk menambah hafalan ayat dan bisa dimulai dari ayat-ayat pendek di Juz 30 Al-Quran., merupakan salah satu hal positif saat menunggu waktu berbuka puasa--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ngabuburit merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat muslim menjelang berbuka puasa pada bulan Ramadan. Kegiatan ini memang masih terasa asing bagi sebagian orang, terutama yang tidak menjalankan puasa. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai asal usul Ngabuburit dan maknanya dalam budaya Ramadan.

BACA JUGA:Pasutri Biar Tahu! Cara Berhubungan Intim Saat Hamil Besar yang Aman

Asal Usul Ngabuburit
Kata “ngabuburit” berasal dari bahasa Jawa, yaitu “ngabubur” yang artinya adalah “menunggu berbuka”. Kegiatan ini pada awalnya hanya dilakukan oleh masyarakat Jawa. Namun, seiring waktu, kegiatan ini mulai dilakukan oleh seluruh masyarakat muslim di Indonesia.

Kegiatan ngabuburit sebenarnya tidak terikat dengan budaya atau adat istiadat apa pun, melainkan merupakan kegiatan spontan yang muncul dari masyarakat. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh para remaja atau anak muda yang sedang menunggu waktu berbuka puasa.

BACA JUGA:Ini Dia Penyebab dan Ciri-Ciri Janin Mati dalam Kandungan

Makna Ngabuburit
Ngabuburit memiliki makna yang sangat penting dalam budaya Ramadan. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi masyarakat muslim untuk bersosialisasi dan mempererat tali silaturahmi. Selain itu, ngabuburit juga memberikan kesempatan untuk memperdalam kegiatan ibadah, seperti membaca Al-Quran, berdoa, atau berzikir.

Ngabuburit juga menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat untuk memanfaatkan waktu menunggu berbuka puasa. Dengan mengisi waktu yang kosong, ngabuburit dapat menghindarkan seseorang dari kegiatan yang tidak produktif dan tidak bermanfaat. Selain itu, ngabuburit juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan dahaga ketika menunggu waktu berbuka puasa tiba.

BACA JUGA:Sudah Tahu Manfaat Daun Bidara untuk Promil?

Cara Ngabuburit yang Menyenangkan
Ngabuburit dapat dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan. Beberapa di antaranya adalah dengan:

1. Membaca Al-Quran untuk menambah hafalan ayat dan bisa dimulai dari ayat-ayat pendek di Juz 30 Al-Quran.
2. Push rank bersama geng mabar dan pastikan kamu membeli skin terbaru.
3. Tonton serial atau movie favorit dengan langganan Netflix.
4. Beli barang idaman yang udah lama numpuk di keranjang di aplikasi belanja online.
Hal yang paling penting dalam ngabuburit adalah tetap menjaga kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

BACA JUGA:Wajib Kamu Coba! Konsumsi Manjakani untuk Promil

Ngabuburit merupakan kegiatan yang telah menjadi bagian dari budaya Ramadan di Indonesia. Selain memberikan kesempatan untuk bersosialisasi dan memperdalam kegiatan ibadah, ngabuburit juga dapat membantu memanfaatkan waktu yang kosong. Ngabuburit dapat dilakukan dengan berbagai cara yang menyenangkan. Namun, tetap menjaga kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: