Apa Manfaat Berpuasa Untuk Otak? Begini Penjelasannya

Apa Manfaat Berpuasa Untuk Otak? Begini Penjelasannya

Alasan kenapa puasa punya manfaat untuk otak.-freepik.com -

2. Mengurangi kerusakan sel otak

Pola hidup yang tidak sehat ditambah paparan radikal bebas, bisa menyebabkan peradangan hingga kerusakan jaringan tubuh, tak terkecuali sel dan jaringan otak.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa puasa bisa membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu menyehatkan tubuh.

Puasa dipercaya mampu menurunkan kadar protein C-reaktif, yang merupakan penanda terjadinya peradangan dalam tubuh. Itulah yang membuat puasa juga diyakini memiliki manfaat dalam mengurangi kerusakan sel-sel otak.

3. Meningkatkan fungsi otak

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, puasa bisa memberikan perlindungan pada otak dari beragam kerusakan dan menjaga kesehatannya. Dengan otak yang sehat, otak pun bisa berfungsi secara maksimal.

Selain itu, puasa juga diketahui meningkatkan hormon otak, yaitu BDNF (brain derived neutrophic factor). Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan kebenaran hal ini.

BACA JUGA:Kebiasaan Tidak Sehat Selama Bulan Puasa yang Harus Dihindari

4. Memperbaiki sel otak

Segala yang baik untuk tubuh akan baik juga untuk kesehatan otak. Begitu pula dengan puasa saat bulan Ramadan.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa puasa akan mengaktifkan proses autofagi yang membantu membuang sel-sel yang rusak dan membentuk sel-sel yang baru.

Hal inilah yang membuat puasa bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel otak, bahkan dikatakan bisa melindungi sel otak dari penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

Selain bermanfaat untuk kesehatan secara menyeluruh, manfaat puasa untuk otak juga sangat banyak. Agar mendapatkan manfaat-manfaat di atas, kamu perlu menerapkan pola hidup sehat saat berpuasa.

BACA JUGA:Ingin Buka Puasa dengan Kurma, Apakah Harus Dicuci Terlebih Dahulu, Ini Kata dr Zaidul Akbar

Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi beragam makanan sehat untuk otak saat sahur atau berbuka, seperti ikan, sayuran berdaun hijau, telur, kacang-kacangan, serta buah jeruk dan blueberry. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: