Apa Manfaat Berpuasa Untuk Otak? Begini Penjelasannya

Apa Manfaat Berpuasa Untuk Otak? Begini Penjelasannya

Alasan kenapa puasa punya manfaat untuk otak.-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahukah kamu puasa bermanfaat untuk otak lho. Bicara mengenai manfaat puasa,  memang tidak banyak orang yang tahu dengan manfaat puasa yang satu ini. 

Untuk memahami lebih lanjut terkait hubungan manfaat puasa untuk otak, yuk cari tahu informasi selengkapnya dengan menyimak artikel ini. 

Tidak makan dan minum dari pagi sampai petang saat berpuasa memang akan memengaruhi proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. 

Sebaliknya, supaya bisa bekerja dengan optimal, otak dan seluruh jaringan di tubuh butuh energi yang cukup.

Walaupun tidak mendapatkan asupan energi dalam rentang waktu tertentu, tubuh punya mekanisme khusus dalam proses penyaluran energi.

Salah satunya, energi banyak dialirkan ke otak saat puasa. Inilah salah satu alasan kenapa puasa punya manfaat untuk otak.

BACA JUGA:Daftar Makanan Untuk Penderita Disentri yang Ampuh Redakan Gejalanya

Manfaat Puasa untuk Otak

Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa untuk otak:

1. Menjernihkan pikiran

Saat tidak berpuasa, beberapa orang mungkin cenderung mengonsumsi segala jenis makanan, termasuk makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji.

Nah, kebiasaan mengonsumsi jenis makanan yang minim nutrisi akan membuat kebutuhan nutrisi harian tubuh menjadi tidak terpenuhi. Lambat laun, hal ini juga bisa memengaruhi sel-sel otak dan mengurangi kecerdasan.

Ketika kamu berpuasa dengan benar serta mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka, hal ini tidak akan memperparah efek dari konsumsi makanan minim nutrisi sebelumnya. Sebaliknya, hal ini justru akan membantu otak untuk bekerja lebih optimal.

BACA JUGA:Ingin Buka Puasa dengan Kurma, Apakah Harus Dicuci Terlebih Dahulu, Ini Kata dr Zaidul Akbar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: