10 Tradisi Ngabuburit Unik di Indonesia Selama Ramadhan

10 Tradisi Ngabuburit Unik di Indonesia Selama Ramadhan

Di Indonesia ada berbagai tradisi ngabuburit yang sudah turun temurun di lakukan setiap tahunnya selama ramadhan-IST/BE-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Di Indonesia ada berbagai tradisi ngabuburit yang sudah turun temurun di lakukan setiap tahunnya selama ramadhan. 

Begitu banyak kegiatan yang bisa kita lakukan saat ngabuburit di bulan Ramadan, namun beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi ngabuburit unik. Berikut tradisi unik yang ada diberbagai wilayah di Indonesia yang selalu di laksanakan setiap tahunnya.

Tradisi Ngabuburit di Indonesia

1. Menerbangkan Layangan Hias (Majalengka)

Menerbangkan layangan hias merupakan salah satu tradisi ngabuburit unik asal Majalengka. Bagi masyarakat Majalengka, menerbangkan layangan hias sudah menjadi tradisi turun menurun. Sore hari juga merupakan waktu yang tepat untuk menerbangkan layangan.

Karena matahari sudah tidak terik lagi, karena itu menerbangkan layangan hias merupakan salah satu tradisi ngabuburit unik di Nusantara.

2. Balap perahu layar (Surabaya)

Di Surabaya ada tradisi unik yakni balap perahu layar. Biasanya ngabuburit balap perahu layar ini bisa kita jumpai di sekitar Pantai Kenjeran, Surabaya. 

Masyarakat menghabiskan waktu ngabuburit dengan balap perahu layar mini. Uniknya, perahu layar mini tersebut dihiasi dengan beragam tulisan lucu dan warna-warni.

BACA JUGA:Saat Bulan Ramadhan, Berapa Kali Rasulullah SAW Khatam Al Qur'an, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

3. Tradisi Bleguran (Jakarta)

Pada era tahun 70-an, di Jakarta ada tradisi ngabuburit Bleguran. Kegiatan ini cukup populer di saat itu. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, anak-anak, remaja akan membuat bambu meriam tradisional. Meski tidak menghasilkan ledakan yang berbahaya, suara dari meriam bambu tradisional ini sangatlah besar. 

4. Tradisi Ngabuburit Berkeliling Pulau (Bangka Belitung)

Di Bangka Belitung, ada banyak cara untuk menunggu waktu berbuka puasa. Sejumlah remaja yang tergabung dalam pramuka Saka Bahari berkeliling pulau menggunakan perahu bagan sambil menikmati pemandangan sore yang eksotis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: