Intip 5 Manfaat Tidur Siang Saat Selama Puasa di Bulan Ramadan

Intip 5 Manfaat Tidur Siang Saat Selama Puasa di Bulan Ramadan

Tidur siang saat puasa Ramadhan membawa segudang manfaat untuk tubuh-freepik.com -

2. Meningkatkan Mood

Perasaan emosi dan lelah yang timbul karena rasa lapar pasti pernah kamu alami. Hal ini berhubungan dengan hormon neuroendokrin. Saat kurang tidur, hormon neuroendokrin menjadi tidak seimbang. 

Dengan menyempatkan waktu untuk tidur siang sistem tubuh kita dan hormon neuroendokrin dapat kembali normal.

BACA JUGA:Tips Jitu Cara Diet Rendah Garam yang Aman dan Tepat

3. Melawan Rasa Lapar

Rasa lapar yang timbul saat siang wajar timbul karena ada pergeseran ritme jam biologis tubuh, sehingga membuat kita lelah dan membutuhkan  makanan. Tidur siang dapat menjadi alternatif bagi kamu untuk menekan rasa lapar.

Karena dengan tidur terbukti dapat membatasi ghrelin dan meningkatkan leptin, yaitu dua hormon yang mengatur nafsu makan dan rasa lapar.

4. Menghindari Perbuatan Maksiat

Perbuatan maksiat tentu saja akan mengurangi pahala puasa kita, atau mungkin membatalkan puasa. Dengan tidur siang maka akan mengurangi kemungkinan kita untuk berbuat maksiat, alias terbebas dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

BACA JUGA:Kebiasaan Tidak Sehat Selama Bulan Puasa yang Harus Dihindari

5. Mengurangi Stres

Saat mengantuk, hormon kortisol yang ada dalam tubuh kita akan meningkat. Hormon ini berguna untuk mengatur respon tubuh terhadap hal-hal yang menegangkan, salah satunya stres. Tidur siang dapat mengontrol kada kortisol dan dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat mengurangi stres.

Itulah 5 manfaat tidur siang saat puasa, namun perlu diingat tidurlah dengan jangka waktu yang tepat dan sebaiknya tidak berubah karena kan membuat puasa menjadi sia-sia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: