Ini Dia Manfaat Tune Up Mesin Mobil bagi Keselamatan Berkendara

Ini Dia Manfaat Tune Up Mesin Mobil bagi Keselamatan Berkendara

Tentunya tune up akan mencegah terjadinya masalah pada mesin karena adanya pemeriksaan dan pemeliharaan setiap komponen secaara teratur atau berkala--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Melakukan serangkaian pemeriksaan, penyetelan, serta pemeliharaan beberapa komponen kritis dalam mobil disebut dengan istilan tune up. Apakah kamu termasuk sering melakukan tune up mobil secara berkala? Kamu pasti akan merasakan perbedaan yang sangat signifikan saat mengendarai mobil yang sering dilakukan tune up dan yang jarang atau tidak pernah.

Ternyata tune up yang kamu lakukan erat kaitannya dengan keselamatan berkendara, lho. Nggak hanya itu saja, kenyamanan saat menggunakan mobil juga bisa didasarkan pada seringnya mobil tersebut dilakukan tune up. Yuk, simak lebih lanjut tentang tune up dan apa saja manfaat tune up yang bisa dirasakan.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Masker Jeruk Nipis dan Cara Membuatnya

Ada berbagai hal yang dikerjakan saat kamu ingin melakukan tune up pada mobil kesayangan seperti pemeriksaan busi, penggantian filter udara mesin, pengecekan filter bahan bakar, penggantian kabel pengapian, penyetelan sistem pengapian dan pembuangan. Jangan lupa untuk memeriksa sistem elektronik, sistem pendingin, hingga level dan kondisi oli mesin.

Jangan hanya melakukan pengecekan saja, ganti berbagai suku cadang dalam periode waktu tertentu agar kondisinya tetap prima. Tune up mobil sangat penting bagi kenyamanan dan keamanan berkendara. Jika kendaraan seperti mobil selalu dilakukan pengecekan dan penggantian suku cadang, tentunya performa dan keindahannya bisa tetap terjaga dengan baik.

Manfaat Tune Up Mobil
Melakukan tune up kendaraan memang nggak mudah tapi nggak boleh disepelekan. Kebanyakan pemilik mobil merasa malas untuk melakukan tune up karena memakan waktu, padahal jika ada komponen yang nantinya mengalami kerusakan kamu akan merasakan kerepotan yang lebih. Selain itu, kecelakaan juga bisa dihindari apabila kondisi mobil selalu optimal.

BACA JUGA:Arus Mudik Lebaran 2024 Diprediksi Meningkat 30 Persen

Buat kamu yang masih ragu untuk melakukan tune up kendaraan seperti mobil, kamu bisa memahami berbagai manfaat tune up mobil agar lebih mengerti dan segera memantapkan hati agar lebih rajin lagi dalam melakukan tune up mobil. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika kamu sering melakukan tune up pada mobil kesayanganmu:

1. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar
Tune up akan memastikan bahwa sistem pembakaran pada mesin mobil berjalan dengan baik sehingga akan membantu meningkatkan efisiensi bahan bakarnya. Efek yang dirasakan dari tune up memang bervariasi tergantung kondisi awal mobil tersebut, namun biasanya mobil yang kerap dilakukan tune up secara teratur akan memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi.

Saat melaksanakan tune up, aktivitas seperti penyetelan busi, distributor, serta sistem pengapian lain akan memastikan kinerjanya optimal. Injektor bahan bakar dan filter udara juga akan dibersihkan sehingga efisiensi pembakaran bisa meningkat. Kamu nggak perlu khawatir akan boros bahan bakar jika mobil kesayanganmu sering
dilakukan tune up.

BACA JUGA:Lakukan Cara Ini Untuk Meningkatkan Kualitas Tidurmu

2. Kinerja Mesin Mobil Lebih Baik
Menyelaraskan dan memelihara semua komponen mesin dengan baik tentunya akan membuat kinerja mesin mobil berjalan dengan lebih baik ya. Beberapa hal yang termasuk ke dalam kinerja mobil antara lain respon yang lebih baik dari sebelumnya, akselerasi yang lebih lancar dan optimal, serta daya tahan mesin yang lebih kuat pada berbagai jenis kondisi.

Berbagai sistem yang ada di dalam mobil seperti sistem pengapian, sistem bahan bakar, serta sistem pembuangan akan berjalan dengan optimal sesuai saat kondisi terbaiknya. Dengan tune up yang kamu lakukan pada mobil kesayanganmu, semua sistem tersebut akan tetap terjaga dan terpantau dengan baik sehingga berpengaruh positif pada kenyamanan saat berkendara.

3. Mencegah Terjadinya Masalah Mesin
Tentunya tune up akan mencegah terjadinya masalah pada mesin karena adanya pemeriksaan dan pemeliharaan setiap komponen secaara teratur atau berkala. Tune up yang kamu lakukan akan membantu dalam pencegahan dan pendeteksi msalah mungkin sedini mungkin sebelum semuanya menjadi lebih serius dan berakibat fatal.

Komponen yang sudah mengalami permasalahan biasanya akan berdampak pada berbagai komponen lainnya karena kerja yang saling berkesinambungan. Untuk itu, tindakan pencegahan sangat diperlukan agar setiap komponen pada mesin mobilmu tetap terjaga dengan baik. Uang yang harus kamu keluarkan jika mengalami kerusakan mesin pun jadi nggak diperlukan, jadi bisa lebih hemat.

BACA JUGA:4 Strategi Investasi Reksa Dana yang Bikin Cuan di 2024

4. Sistem Pengapian Bekerja Baik
Salah satu aktivitas yang akan dilakukan saat tune up mobil adalah penyetelan atau penggantian beberapa komponen pada sistem pengapian meliputi busi, kabel pengapian, serta distributor. Hal tersebut akan memastikan bahwa percikan api yang diproduksi oleh busi bisa lebih optimal. Percikan api ini akan sangat berpengaruh pada pembakaran mesin yang lebih efisien.

Percikaan api dari busi harus dipastikan diterima dengan baik oleh silinder mesin. Jika kondisi busi sudah berangsur kurang baik, penyetelan jarak elektroda dan pembersihan busi sangat diperlukan demi kelangsungan sistem pengapian. Kamu bahkan disarankan untuk melakukan penggantian busi pada mesin mobil jika dirasa perlu.

5. Mengurangi Emisi Gas Buang
Pengecekan sistem pembuangan mulai dari katalisator, knalpot, dan sebagainya juga akan dilakukan saat kamu melaksanakan tune up mobil. Hal tersebut sebagai langkah pencegahan adanya kebocoran atau kerusakan yang bisa mempengaruhi kinerja serta emisi gas buang dari hasil pembakaran pada mesin mobil kesayanganmu.

Dengan memastikan sistem pembakaran dan pembuangan berlangsung optimal, aktivitas tune up mobil bisa membantumu mengurangi emisi gas buang dari kendaraan tersebut. Pastinya ini punya keterkaitan dengan upaya menjaga lingkungan serta sebagai bentuk mematuhi regulasi emisi yang berlaku di Indonesia.

BACA JUGA:Agar Rumah Tangga Pengantin Baru Diberi Keberkahan, Panjatkan Doa ini untuk Keduanya

6. Keselamatan Meningkat
Selain sistem pembakaran dan sistem pembuangan yang dicek, pemantauan oli, cairan mesin, serta berbagai komponen elektronik juga harus dilakukan saat menjalankan tune up mobil. Pengecekan tersebut akan membantu memastikan semua sistem kontrol pada mesin bisa berfungsi dengan baik. Mesin mobil yang berhasil dirawat dengan baik, pastinya akan memiliki kinerja yang lebih optimal saat dipakai berkendara. Ini akan meningkatkan keselamatan khususnya saat terjadi situasi darurat dimana kamu perlu merespon secara cepat.

7. Mempertahankan Nilai Mobil
Manfaat terakhir yang nggak kalah menggiurkan jika kamu sering melakukan tune up secara berkala pada mobil adalah nilai mobil yang dipertahankan. Kendaraan yang sering dilakukan tune up pastinya punya nilai yang lebih baik dibanding kendaraan yang jarang dilakukan tune up. Pembeli akan lebih merasa tertarik pada kendaraan yang memiliki kinerja optimal serta dirawat dengan baik. Meskipun banyak hal yang perlu dilakukan saat tune up mobil, ternyata manfaatnya bisa membuat berkendara jadi terasa nyaman dan aman.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: