Bolehkah Kentut di Dalam Air Saat Berpuasa? Begini Mekanismenya

Bolehkah Kentut di Dalam Air Saat Berpuasa? Begini Mekanismenya

Hukum buang angin di dalam air saat sedang berpuasa-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kentut merupakan hal yang umum untuk setiap orang. Selama puasa ada-ada saja pertanyaan yang muncul seperti apakah kentut dalam air bisa membatalkan puasa

Pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan unik untuk dibahas dan bagaimana hukum buang angin di dalam air saat sedang berpuasa? Yuk, simak ulasan berikut ini. 

Bulan Ramadan adalah bulan di mana pahala amal ibadah umat Islam yang berpuasa akan dilipatgandakan.

Namun, bulan Ramadan tidak hanya semata-mata menahan lapar dan dahaga. Terdapat juga larangan atau perkara yang dapat membatalkan ibadah puasa.

Menurut para ulama, seperti dilansir laman NU Online, salah satu perkara yang membatalkan puasa yaitu masuknya benda apa pun ke dalam anggota tubuh bagian dalam melalui rongga terbuka. 

BACA JUGA:Masih Dihitung Hutang! Ini Dia Hukum Puasa Setengah Bagi Pekerja

Rongga terbuka itu seperti mulut, lubang kemaluan, lubang anus, lubang hidung dan lubang telinga.

Lalu muncul pertanyaan bagaimana dengan kentut di dalam air? Apakah kentut dalam air membatalkan puasa? Serta apa hukum kentut di air saat berenang?

Hukum Kentut di Air saat Puasa

Secara mekanisme kentut adalah perilaku mengeluarkan udara melewati saluran anus. Namun, terkadang ketika kentut dilakukan di dalam air akan menyebabkan sedikit air masuk ke dalam lubang anus dan apakah kentut itu bisa membatalkan puasa?

Jika mengalami kondisi tersebut, hal ini berarti bahwa kentut merupakan aktivitas yang dapat membatalkan puasa karena sampainya sesuatu ke dalam tubuh melalui lubang dubur atau anus.

Namun, dikatakan puasanya batal apabila seseorang terkait merasakan adanya cairan yang masuk ke dalam dubur.

BACA JUGA:Begini Tradisi Masyarakat Seluma Sambut Kemeriahan Ramadhan

Hukum yang mengikat kepada perkara ini disamakan dengan perkara ketika seseorang yang sedang berpuasa melakukan buang air besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: