Benarkah Puasa Pengaruhi Kesuburan Wanita? Simak Ulasan Berikut

Benarkah Puasa Pengaruhi Kesuburan Wanita? Simak Ulasan Berikut

Kesuburan merupakan hal terpenting bagi para perempuan-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kesuburan merupakan hal terpenting bagi para perempuan. Maka tak heran perempuan sering merasa khawatir karena adanya anggapan bahwa puasa bisa menurunkan kesuburan, bahkan menyebabkan wanita sulit hamil, tanpa tahu fakta yang sebenarnya. 

Nah, agar kamu tidak semakin khawatir dan terus bertanya-tanya, yuk simak artikel bersama. 

Tidak makan dan minum selama seharian penuh pasti punya tantangannya tersendiri. Kemunculan pandangan-pandangan negatif seputar puasa, termasuk yang katanya memengaruhi kesuburan, terkadang bisa mengganggu konsentrasi selama menjalani ibadah ini.

BACA JUGA:Ingin Buka Puasa dengan Kurma, Apakah Harus Dicuci Terlebih Dahulu, Ini Kata dr Zaidul Akbar

Apakah Puasa Bisa Memengaruhi Kesuburan? 

Dikutip dari lama alodokter.com puasa memang akan memengaruhi banyak fungsi tubuh. Tidak sedikit yang merasa ngantuk, lemas, bahkan kurang konsentrasi karena seharian penuh puasa. 

Namun, yang belum banyak disadari oleh kebanyakan orang adalah faktanya  puasa memberi banyak manfaat untuk tubuh, seperti mengontrol gula darah, mengendalikan berat badan, bahkan bisa berkaitan dengan penurunan risiko terjadinya kanker. Lantas, apa hubungannya puasa dan kesuburan? Berikut penjelasannya 

BACA JUGA:Bolehkah Ibu Hamil Puasa? Berikut 5 Tips Sehat Menyiapkan Sahur Untuk Ibu Hamil

Hubungan Puasa dan Kesuburan

Perlu diluruskan dulu bahwa kesuburan pria maupun wanita dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari pola makan, gangguan pada sel telur dan sel sperma, hingga kondisi sistem reproduksi. 

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa pada 25% kasus ketidaksuburan dan kemandulan belum diketahui penyebab pastinya.

Nah, karena pola makan merupakan salah satu faktor yang berkaitan kesuburan, dan puasa umumnya akan memengaruhi pola makan seseorang, inilah yang mungkin menjadi alasan munculnya anggapan bahwa puasa bisa memengaruhi kesuburan.

BACA JUGA:Manfaat Puasa Dalam Mengontrol Tekanan Darah, Intip Juga Tips Pengontrol Tekanan Darah

Selain itu, anggapan puasa bisa memengaruhi kesuburan mungkin juga muncul karena salah satu penelitian memang menyatakan adanya penurunan kadar hormon androgen dalam diri seseorang selama berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: