Bolehkah Baca Doa Itfitah Saat Tarawih? Begini Penjelasannya

Bolehkah Baca Doa Itfitah Saat Tarawih? Begini Penjelasannya

Salat tarawih menjadi salah satu ciri khas yang tidak dapat ditemukan di bulan lainnya-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama bulan suci ramadhan, salat tarawih menjadi salah satu ciri khas yang tidak dapat ditemukan di bulan lainnya. 

Perlu diketahui salat tarawih merupakan ibadah yang dilakukan setiap bulan Ramadan. Meskipun dilakukan secara rutin setiap tahunnya, ternyata masih banyak umat muslim yang bertanya terkait pelaksanaannya. 

Salah satunya adalah apakah shalat tarawih membaca doa itfitah atau tidak? Bagaiamana hukumnya jika tidak membaca doa itfitah saat sholat tarawih? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Supaya dapat memahami jawaban dari pertanyaan tersebut, maka umat muslim perlu mengetahui hukum membaca doa iftitah terlebih dahulu.

Hukum ini sendiri berlaku sama baik pada salat wajib maupun sunah seperti tarawih.

BACA JUGA:Pahalanya Berkali-kali Lipat, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Sedekah di Bulan Ramadhan

Apakah Salat Tarawih Membaca Doa Iftitah?

Tarawih merupakan salat sunah yang khusus dilakukan hanya pada malam-malam bulan Ramadan. Banyak orang yang menjalankan salat tarawih sebanyak delapan rakaat dengan satu salam di setiap dua atau empat rakaatnya. 

Ada juga yang menjalankan 20 atau 36 rakaat dengan satu salam di setiap dua rakaat. Lantas, apakah shalat tarawih membaca doa iftitah? Hukum membaca doa iftitah pada salat termasuk adalah sunah. 

Artinya, umat muslim dianjurkan untuk membacanya setelah takbiratul ihram agar memperoleh pahala. Namun jika tidak dibaca, maka tak berdosa.

Dalam pelaksanaannya, madzhab Syafi’i berpendapat bahwa makmum salat tarawih bisa mempercepat atau menggunakan bacaan iftitah yang pendek jika imam sudah mulai membaca surat Al-Fatihah. 

BACA JUGA:Ternyata Tak Semua Sakit Boleh Buka Puasa, Ustaz Adi Hidayat: Hanya Sakit Ini

Ada pula pendapat lainya yakni menurut madzhab Hanafi, makmum bisa menghentikan bacaan tarawih untuk mendengarkan imam.

Di sisi lain, ada juga yang berpendapat bahwa mayoritas imam di Indonesia tak membaca doa iftitah saat salat tarawih. Jadi, makmum bisa mengikutinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: