Apa Hukum Tidur Sepanjang Hari Bagi Orang Yang Puasa? Simak Penjelasan Berikut

Apa Hukum Tidur Sepanjang Hari Bagi Orang Yang Puasa? Simak Penjelasan Berikut

Ketika puasa banyak umat muslim sering merasa mudah mengantuk-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang suka sekali tidur sepanjang hari selama menjalani ibadah puasa? Tidak dapat dipungkiri lagi, ketika puasa banyak umat muslim sering merasa mudah mengantuk. 

Hal inilah yang membuat mereka kerap tidur ketika sedang berpuasa. Lantas, bagaimana hukum tidur sepanjang hari saat puasa Ramadan?

Ketentuan hukum tersebut perlu diketahui dengan pasti karena beberapa umat muslim memang kerap tidur sepanjang hari dengan dalih agar kuat menjalani puasanya. 

Akan tetapi, sebenarnya bagaimana pandangan Islam mengenai hal tersebut? Simak arikel ini, karena akan memberikan penjelasan mengenai hukum jika kita tidur sepanjang waktu selama berpuasa di bulan suci ramadhan. 

BACA JUGA:Bagaimana Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri di Rumah? Begini Tata Cara dan Bacaan Niatnya

Hukum Tidur Sepanjang Hari saat Puasa Ramadan

Dilansir dari laman kumparan.com yang mengutip dari Buku Ajar Pengantar Hukum Islam: Dari Semenanjung Arabia hingga Indonesia, Rohidin dan Muhamad Nasrudin, hukum tidur sepanjang hari saat puasa Ramadan adalah diperbolehkan karena tidak ada larangan mengenai hal tersebut.

Pasalnya, menurut pendapat mayoritas ulama, tidur sepanjang hari saat puasa di bulan Ramadan tidak memengaruhi keabsahan puasa yang sedang dijalani. 

Apalagi terdapat hadist yang menyatakan bahwa tidurnya orang berpuasa adalah ibadah.

Namun, apabila aktivitas tidur tersebut sengaja dilakukan hingga meninggalkan ibadah lain, maka haram hukumnya. Jika sudah begini, maka hukum tidur sepanjang hari menjadi dosa,

BACA JUGA:Hindari! Ini Dia 5 Resiko Konsumsi Teh Setelah Sahur

Hal ini karena derajat hukum salat lebih tinggi daripada puasa. Maka dari itu, puasa tidak bernilai atau tidak sah hukumnya apabila umat muslim meninggalkan salat. 

Jadi, bukannya mendapat pahala berpuasa, umat muslim yang melakukan hal ini justru hanya mendapat rasa lapar dan dahaga saja.

Untuk menjadikan puasa agar lebih produktif dengan tidak banyak menghabiskan waktu hanya untuk tidur, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk bantu mengatasi rasa kantuk ketika puasa. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: