Kumpulan Doa-doa Mustajjab Setelah Berbuka Puasa Saat Ramadan

Kumpulan Doa-doa Mustajjab Setelah Berbuka Puasa Saat Ramadan

Kumpulan doa berbuka puasa ramadan yang dapat diamalkan oleh umat Islam-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu waktu yang mustajjab untuk berdoa di bulan Ramadan adalah saat berbuka puasa. 

Hal ini menjadi kesempatan untuk kita meminta apa yang kita inginkan, karena doa diwaktu ini pasti akan dikabulkan oleh Allah jika dilakukan dengan sepenuh hati dan benar meminta kepada Allah. 

Nah, sebelum umat Islam berdoa meminta apa yang diinginkan, alangkah lebih baik untuk mengucapkan doa berbuka puasa terlebih dahulu.

Ada beberapa versi doa berbuka puasa. Beberapa versi ini berdasarkan riwayat para perawi hadis atau orang yang meriwayatkan atau menyampaikan hadis dari satu orang kemudian menyebar ke orang lainnya.

Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam. Karena di bulan ini pintu pahala dibuka selebar-lebaranya begitu pula pintu terkabulnya doa. 

BACA JUGA:Ide Kemasan Ramah Lingkungan untuk Produk Bisnis Anda

Barang siapa yang berdoa di bulan Ramadan, maka Allah Swt. akan lebih mudah untuk mengabulkannya.

Peluang untuk Allah Swt. mengabulkan doa di bulan Ramadan sangat besar. Ini dibuktikan dengan hadis Rasulullah Saw. yang berbunyi:

ثَلَاثَةٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ: الْإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا فَوْقَ

 الْغَمَامِ وَتُفَتَّحُ لَهَا أَبْوَابُ السَّمَاءِ

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak: seorang pemimpin yang adil, seorang yang berpuasa saat berbuka dan doa orang yang terzalimi, doanya diangkat di atas awan dan pintu-pintu langit dibukakan," (HR. Tirmidzi no. 2449)

Mengutip buku Puasa Ibadah Kaya Makna, Budi Handrianto (2007 ) doa berbuka ini diucapkan setelah meneguk air berbuka. Bukan sebelum berbuka. Demikian yang dicontohkan Rasulullah Saw.

BACA JUGA:Apakah Mimpi Basah di Siang Hari Bulan Ramadhan Membatalkan Puasa, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Terkait doa berbuka puasa, Imam al-Nawawi dalam karyanya al-Adzkar menampilkan lima pilihan doa berbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: