Ternyata Tak Semua Sakit Boleh Buka Puasa, Ustaz Adi Hidayat: Hanya Sakit Ini

Ternyata Tak Semua Sakit Boleh Buka Puasa, Ustaz Adi Hidayat: Hanya Sakit Ini

Ustaz Ad Hidayat jelaskan jenis penyakit yang memperbolehkan seseorang untuk buka puasa-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Seringkali, seseorang mungkin merasa sakit tapi ragu-ragu untuk membatalkan puasa karena takut dianggap berdosa.

Mereka khawatir bahwa membatalkan puasa karena sakit akan menimbulkan kesalahpahaman atau kritik dari orang lain.

Namun, di sisi lain, ada yang sangat sensitif terhadap tanda-tanda awal penyakit, seperti pusing ringan, dan memilih untuk segera membatalkan puasa sebagai tindakan pencegahan.

BACA JUGA:Agar Wanita yang Tengah Haid Bisa Mendapatkan Pahala Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Amalannya

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Sholat Tarawih 8 Rakaat Sedangkan Imam 23 Rakaat? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa dalam agama Islam, puasa dalam kondisi sakit adalah masalah yang ditangani dengan bijaksana.

Hal tersebut disampaikan Ustaz Adi Hidayat dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Ustaz Adi Hidayat.

"Ada pendapat, yang pertama, ini tidak harus diikuti, yaitu orang yang mengeneralisir semua bentuk penyakit, yang penting sakit," terang Ustaz Adi Hidayat.

"Karena ayatnya menyebut umum, jika ada di antara kalian sakit, enggak pernah disebutkan sakit apa, sedangkan kaidah mengatakan sepanjang hukum tidak ada yang khusus jangan pernah dikhususkan," tambah Ustaz Adi Hidayat.

Pendapat ini menyatakan bahwa dalam kondisi seperti itu, semua jenis penyakit memungkinkan untuk tidak berpuasa.

"Dari Ibnu Sirin pernah ada riwayat sampai kepada beliau, pernah beliau sakit dalam sakit itu kemudian makan, maka beliau beralasan jari saya lagi sakit," ungkap Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menyarankan bahwa tidak perlu mengikuti pendapat tersebut karena bisa menimbulkan banyak masalah di kemudian hari.

BACA JUGA:Rahasia dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Cara Mudah Mendapatkannya

BACA JUGA:Agar Puasa Bisa Satu Bulan Penuh dan Bebas dari Penyakit, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Membaca Doa Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: