10 Keutamaan Membangunkan Sahur dalam Islam

10 Keutamaan Membangunkan Sahur dalam Islam

Ada banyak keutaaman membangunkan sahur selama bulan ramadhan-freepik.com -

Lalu lahirlah tradisi membangunkan orang sahur. Kabarnya ini warisan dari para wali yang sangat menjaga ketentraman masyarakat. Masyarakat diperkenalkan tradisi membangunkan orang sahur dan diberi pengertiannya. 

Bermacam-macam cara untuk membangunkan sahur. Yang menjadi pokok membangunkan sahur ini dengan adanya bunyi–bunyian. 

Zaman dahulu, para wali biasanya mengajarkan sesuatu menurut budaya setempat, agar tidak terlalu asing atau akrab (damai).

BACA JUGA:Kenali, Tips dan Faktor Penyebab Produksi Liur Berlebih Saat Berpuasa

2. Amal yang Disyariatkan

Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan yang penuh rahmat dan keberkahan, sebab pada bulan ini semua perbuatan baik akan mendatangkan pahala yang berlimpah. 

3. Mendapat Keberkahan

Orang yang membangunkn sahurt akan mendapatkan keberkahan, pasalnya membangunkan sahur bukanlah hal yang mudah. Semisal jam berapa orang harus bagus sahur dan memasak bahan makanannya? Ia harus bangun antara jam 2 atau 3 malam. 

Memasak yang cepat kurang lebih setengah jam. Kemudian dinikmati dengan menyantapnya sekitar 30 menit. Sulit, namun berpahala dan mendatangkan berkah.

BACA JUGA:Hal-hal yang Diperbolehkan Dilakukan Saat Berpuasa

4. Membantu Orang Lain Meraih Kesmpurnaan Puasa

Orang-orang yang membangunkan orang sahur akan membantu orang lain dapat meraih kesempurnaan puasa tanpa di ganggu dengan rasa lapar dan haus.

5. Membantu Orang Lain Agar Tidak Terlambat Sahur

Kegiatan sahur tentu semakin menjadi motivasi bagi diri kita untuk membangunkan orang sahur, agar mereka tidak terlambat sahur dan mampu menjalankan aktivitasnya dengan semangat sebagimana keutamaan iman dalam islam .

6. Mendatangkan Banyak Hikmah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: