Ternyata Ini Dia Manfaat Puasa untuk Orang Penderita Hipertensi

Ternyata Ini Dia Manfaat Puasa untuk Orang Penderita Hipertensi

Manfaat Puasa Untuk Orang Penderita Hipertensi -freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tahukah kamu ternyata puasa dapat memberikan manfaat untuk orang yang mengalami hipertensi. hipertensi menjadi salah satu permasalahan penyakit yang tidak bisa dianggap remeh. 

Hipertensi atau disebut dengan tekanan darah tinggi disebabkan oleh kondisi aliran darah yang cukup tinggi terhadap dinding arteri. 

Gangguan ini dapat menyebabkan seseorang mengidap serangan jantung apabila tidak segera diatasi. Lantas, bagaimana cara puasa dapat memberi manfaat pada pengidap hipertensi?

BACA JUGA:Cokelat Pilihan Menu Berbuka yang Mengandung Ragam Manfaat untuk Tubuh

Apa Saja Manfaat Puasa Untuk Pengidap Hipertensi? 

Hipertensi disebut-sebut sebagai "silent killer" karena pengidapnya mungkin tidak menyadarinya. Pasalnya, penyakit ini tidak menimbulkan gejala apa pun selama bertahun-tahun. 

Hal ini dapat terjadi hingga pengidapnya mengalami gejala yang ringan, seperti sakit kepala, hingga mengidap gejala yang berat seperti gangguan pada jantung.

Faktanya, seseorang yang mengidap tekanan darah tinggi diperbolehkan untuk puasa selama satu bulan penuh asalkan tidak mengalami komplikasi yang serius. 

BACA JUGA:Ramuan Ampuh Untuk Nyeri Lutut, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya, Cocok untuk Usia 50-an

Kamu juga harus memperhatikan perubahan pada pola makan dan tidur saat harus menahan lapar selama berjam-jam agar tekanan darah dapat lebih baik, sehingga hipertensi dapat diatasi.

Lalu, dampak apa saja yang dapat diterima oleh tubuh saat berpuasa, sehingga dapat membuat hipertensi yang menyerang menjadi lebih baik? Berikut ini beberapa manfaat puasa untuk sebagian orang yang mengalami penyakit hipertensi :

1. Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat yang pertama dari puasa untuk pengidap hipertensi adalah dapat menstabilkan tekanan darah. Umumnya, tekanan darah naik disebabkan oleh pola makan yang tidak dijaga serta emosi dan rasa cemas yang kerap terjadi. 

Saat puasa, tubuh akan mengurangi produksi hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu, puasa juga wajib menahan emosi sehingga tekanan darah kamu menjadi lebih stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: