Benarkah Puasa Dapat Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh? Simak Penjelasan

Benarkah Puasa Dapat Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh? Simak Penjelasan

Puasa dipercaya memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh, salah satunya adalah mengeluarkan toksin atau racun-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada banyak sekali ragam manfaat saat kita menjalankan ibadah puasa. Selain untuk beribadah, puasa dipercaya memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. 

Salah satunya adalah mengeluarkan toksin atau racun, sehingga mencegah seseorang mengalami toksemia (keracunan dalam darah).

Dikutip dari laman halodoc.com Toksemia sendiri merupakan kondisi yang terjadi ketika toksin atau racun menumpuk di dalam tubuh. 

Lantas, bagaimana cara puasa mengeluarkan racun tubuh? Yuk, simak ulasannya di sini.

BACA JUGA:Cokelat Pilihan Menu Berbuka yang Mengandung Ragam Manfaat untuk Tubuh

Benarkah, Puasa Mengeluarkan Racun Tubuh?

Sel-sel tubuh memperoleh makanan dari darah, sedangkan darah memperolehnya dari usus. 

Usus menyerap makanan dari setiap zat yang kita konsumsi. Jika ada racun dalam saluran usus, racun akan terserap dan ikut beredar bersama darah ke setiap sel-sel tubuh.

Racun bisa berasal dari dalam (endogenus) atau dari luar (eksogenus). Racun endogenus adalah racun yang berasal dari sisa metabolisme, radikal bebas, produksi hormon berlebihan akibat stres, gangguan fungsi hormon, dan bakteri penyakit yang sudah ada di dalam tubuh. 

Sementara racun eksogenus adalah polutan, obat-obatan, hormon pada ternak, produk susu, makanan yang diproses, lemak trans, dan mikroba.

BACA JUGA:Ramuan Ampuh Untuk Nyeri Lutut, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya, Cocok untuk Usia 50-an

Sebenarnya tubuh sudah memiliki mekanisme sendiri dalam menangani toksin ini. Berkeringat, buang air kecil, dan buang air besar merupakan detoksifikasi atau pengeluaran racun dari tubuh secara alamiah. 

Hanya saja, cara ini tidak serta merta menuntaskan masalah. Ada saja penyebab yang membuat mekanisme alamiah tadi terganggu.

Lalu, Bagaimana Skema Pengeluaran Racun Tubuh Saat Berpuasa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: