10 Tips Ampuh Hindari Perut Kembung Setelah Santap Sahur

10 Tips Ampuh Hindari Perut Kembung Setelah Santap Sahur

Tips Ampuh Hindari Perut Kembung Setelah Santap Sahur-freepik.com -

Susu hampir sama dengan makanan berat, mengandung nutrisi kompleks. Tidak disarankan mengonsumsi susu bagi Anda yang memiliki alergi terhadap laktosa. Minum susu dalam kondisi perut kosong aman untuk mereka yang tak menderita gangguan saluran cerna. 

Namun kebiasaan ini sebaiknya dihindari untuk yang memiliki kondisi gangguan saluran cerna, flu dan batuk, atau yang alergi terhadap beberapa jenis makanan. Karena pada golongan ini, minum susu sebelum makan bisa memperburuk kondisi kesehatan yang ada.

3. Hindari mengonsumsi biji-bijian selama sahur.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya makanan biji-bijian mengandung gas yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Usahakan untuk menghindari makan biji-bijian agar terhindar dari perut kembung.  

BACA JUGA:4 Bumbu Dapur Ini, Ampuh Atasi Perut Kembung, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep dan Cara Membuatnya

4. Hindari terlalu banyak makan atau minum manis saat sahur. 

Sudah tidak dipungkiri lagi jika makan banyak atau minum secara berlebih akan membuat perut kembung. Pasalnya jika mengonsumsi sesuatu secara berlebihan makan perutpun akan terasa penun dan begah. 

5. Membatasi asupan garam

Dikutip dari laman kompas.com saat Anda makan makanan yang tinggi garam, tubuh akan menahan cairan yang Anda makan dan minum. 

Itu bisa membuat Anda merasa kembung karena garam mengandung banyak  natrium terutama dalam makanan berasal dari makanan olahan, makanan cepat saji restoran, dan makanan yang membuat nyaman. 

6. Mengonsumsi buah

Dalam mengonsumsi buah saat sahur tentu harus diperhatikan, hindari buah yang mengandung banyak air dan asam, karena akan menimbulkan masalah pencernaan. Konsumsi buah yang mengandung banyak karbohitdrat seperti pisang. 

BACA JUGA:Agar Imun Tubuh Tetap Terjaga, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

7. Mengonsumsi air secukupnya

Tentu dalam santap sahur Anda tidak boleh melewatkan untuk meminum air. Namun, saat sahur ada batasan dalam mengonsumsi air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: