10 Tips Ampuh Hindari Perut Kembung Setelah Santap Sahur

10 Tips Ampuh Hindari Perut Kembung Setelah Santap Sahur

Tips Ampuh Hindari Perut Kembung Setelah Santap Sahur-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu masalah pencernaan yang umumnya terjadi pada perut setelah sahur yaitu perut kembung. Saat berpuasa, kita akan makan pagi lebih awal, tepatnya mengikuti waktu sahur. 

Dalam memilih menu sahur juga tidak boleh sembarangan, karena dapat memungkinkan masalah pada pencernaan. 

Jika teman-teman mengalami masalah pencernaan saat puasa, maka akan mengganggu ibadah puasa dan tidak bisa diatasi dengan meminum obat. 

Dikutip dari laman Alodokter.com, perut kembung merupakan gangguan pencernaan yang terjadi akibat masuknya gas ke dalam saluran pencernaan. 

Gas bisa berasal dari udara yang masuk saat kita makan dan minum, atau terbentuk ketika bakteri di usus besar memecah karbohidrat yang tidak bisa dicerna saluran pencernaan. 

BACA JUGA:Seberapa Penting Olahraga di Bulan Ramadan? Begini Penjelasan dan Waktu Terbaik Melakukannya

Lantas, bisakah kita mencegah perut kembung setelah sahur? Tentu saja bisa. Yuk, simak beberapa cara mencegah perut kembung setelah makan sahur dari penjelasan berikut ini!

Cara Mencegah Perut Kembung Setelah Sahur

Berikut ini 10 tips mencegah perut terasa kembung setelah sahur. 

1. Hindari makanan mengandung gas 

Makanan yang mengandung gas memang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Setelah menyantap makanan yang mengandung gas, seseorang bisa merasa kembung, begah, atau menjadi lebih sering buang angin.

Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa tips untuk mengurangi keluhan tersebut. Jenis makanan yang mengandung gas antara lain misalnya kacang, umbi, hidangan laut, dan sebagainya. 

BACA JUGA:Kurma dan Jahe Ampuh Atasi Masalah GERD, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

2. Hindari susu atau produk olahannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: