Penukaran Uang Rupiah Makin Mudah, Cukup Gunakan QRIS

Penukaran Uang Rupiah Makin Mudah, Cukup Gunakan QRIS

Penukaran Uang Rupiah Makin Mudah, Cukup Gunakan QRIS-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Bersamaan dengan  Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2024, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu menginformasikan bahwa penukaran uang rupiah semakin mudah. Masyarakat bisa menggunakan QRIS tanpa harus membawa uang tunai.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana, Senin (18/3/2024) di Halaman Bank Indonesia Provinsi Bengkulu.

"Tidak harus membawa uang tunai, tapi bisa menggunakan uang digital atau QRIS," ujarnya.

Penukaran uang rupiah menggunakan uang digital ini merupakan yang pertama dilakukan. 

Dimana sebelumnya , masyarakat yang hendak menukarkan uang rupiah harus membawa uang tunai sebagai penggantinya.

BACA JUGA:Begini Cara Pembelian Beras Murah SPHP di Kota Bengkulu, Harganya Rp 53/Perkg

Sistem QRIS ini bisa dilakukan disejumlah perbankan dan kas keliling yang sudah disediakan baik Bank Indonesia maupun perbankan lainnya.

"Mulai tahun ini, khusus penukaran uang diperbankan sudah bisa menggunakan digitalisasi. Jadi tidak perlu membawa uang lamanya, cukup menggunakan e-wallet atau QRIS," sambung Darjana.

Lanjutnya untuk penukaran maksimal dapat dilakukan sebesar Rp 4 juta. Setiap harinya, kas keliling akan melayani 500 orang yang telah terdaftar dalam website https://pintar.bi.go.id.

Pihaknya juga melayani on the spot. Namun dalam hal ini tidak menjamin bahwa kebutuhan tersebut bisa terpenuhi. Sehingga dianjurkan untuk mendaftar terlebih dahulu.

BACA JUGA:Disnaker Kota Bengkulu Buka Posko Pengaduan THR

"On the spot juga bisa, tapi kami tidak menjamin karena setiap hari ada batasan uang yang dibawa. Jadi disarankan untuk mendaftar terlebih dahulu di website PINTAR.

Untuk QRIS langsung saja ke lokasi loket kelilingnya dengan scan QRIS yang disiapkan," pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang hadir pada Kick Off SERAMBI menghimbau agar masyarakat dapat menggunakan uang sesuai kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: