Istilah Populer dalam Memancing yang Perlu Diketahui Para Mancing Mania

Istilah Populer dalam Memancing yang Perlu Diketahui Para Mancing Mania

Memancing memang merupakan kegiatan ringan yang bisa me-refresh pikiran--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memancing menjadi salah satu kegiatan populer yang dilakukan baik sebagai hobi atau untuk mengisi liburan. Salah satu hal yang membuat mancing populer adalah saat pulang kamu bisa bawa ikan yang biasanya dibakar dan dimakan ramai-ramai bareng keluarga atau teman sesama mancing mania. Seru nggak, sih?

Sebenarnya, Memancing itu nggak banyak teorinya karena kuncinya ada pada kesabaran, fokus dan kekuatan tangan. Buat kamu yang masih amatiran atau bahkan baru mau mencoba berteman dengan joran pancing, beberapa istilah dalam Memancing berikut mungkin bisa membantu memudahkan menjalankan hobi ini.

BACA JUGA:Begini Cara Beli E-Meterai di DANA 2024

Walaupun kamu merupakan “anak baru” di dunia memancing, rasanya nggak perlu membahas tentang definisinya karena everybody knows apa itu memancing. Namun, ada satu hal nih yang perlu diketahui yakni manfaatnya. Walaupun kelihatannya memancing adalah kegiatan santai, namun ternyata dia memberikan sejumlah manfaat terutama bagi kesehatan mental.

Tanpa disadari, ketika memancing kamu melatih kesabaran dan fokus dimana kedua hal tersebut adalah bagian dari mind management yang menjadi salah satu kunci kesehatan mental. Selain itu, memancing juga memberikan efek relaksasi karena sambil menunggu umpan tergigit, kamu bisa sambil menikmati suasana di sekitarmu.

Itulah alasannya, jangan hanya memancing di empang sebelah rumah. Sesekali kamu perlu memancing di tempat khusus yang alami sehingga bisa sekalian bersantai mengistirahatkan pikiran dan badan. Mumpung masih banyak libur panjang akhir pekan dalam tahun ini, boleh deh, dari sekarang rencanakan liburan ke tempat mancing yang sejuk dan menyegarkan pikiran.

BACA JUGA:Amalan - Amalan yang di anjurkan oleh Rasullah saat di bulan puasa

Istilah dalam Memancing
Memancing memang merupakan kegiatan ringan yang bisa me-refresh pikiran, namun sebagai pemula yang ingin sukses membawa pulang ikan ke rumah kamu perlu tahu beberapa istilah dalam memancing yang kerap digunakan. Dengan mengetahui berbagai istilah dalam memancing dan artinya, latihanmu akan lebih mudah dan kamu juga cepat handal!

- Joran : tongkat panjang yang digunakan untuk melempar umpan ke air dan menggulung ikan setelah kail terpasang. Joran biasanya terbuat dari bahan seperti fiberglass atau karbon untuk memberikan kekuatan dan fleksibilitas.
- Reel : perangkat yang digunakan untuk menggulung dan melepaskan tali pancing. Ada dua jenis reel yaitu reel baitcasting dan reel spinning. Reel baitcasting biasanya digunakan untuk memancing ikan predator seperti ikan predator besar, sementara reel spinning lebih umum digunakan untuk memancing ikan kecil.
- Casting : teknik memancing dengan melempar umpan dan menggulung reel dengan kecepatan pelan atau cepat, dilakukan secara berulang-ulang. Umpan yang digunakan adalah umpan tiruan.
- Strike : umpan udah menancap di mulut ikan atau umpan udah disambar ikan.

BACA JUGA:Polresta Bengkulu Dalami Kasus Suap Liga 3 PSSI Bengkulu Terkait Judi Online

- Lure : umpan palsu yang digunakan untuk menarik perhatian ikan dan memancingnya untuk menggigit kail. Umpan palsu dapat berbentuk seperti ikan, serangga, atau objek lainnya yang menarik bagi ikan target.
- Bait : umpan atau makanan yang digunakan untuk memancing ikan. Ada dua jenis umpan, yakni hidup dan buatan. Umpan hidup seperti cacing atau udang seringkali digunakan untuk menarik ikan, sementara umpan buatan seperti bola umpan digunakan dalam olahraga memancing.
- Catch and Release : kampanye “tangkap dan lepas” untuk menjaga kelestarian lingkungan. Menangkap ikan untuk bersenang-senang, dan melepaskannya untuk menghindari efek buruk dari penangkapan ikan berlebih.
- Line : tali pancing, tersedia dalam berbagai jenis dan ketebalan yang memiliki kegunaan yang berbeda. Ketebalan tali pancing biasanya diukur dalam “pound test,” yang menunjukkan berapa berat ikan yang dapat diatasi oleh tali tersebut.
- Hook : kail, alat yang digunakan untuk menangkap ikan. Kail memiliki berbagai ukuran dan bentuk tergantung jenis ikan yang ingin kamu tangkap.
- Boober : pelampung, alat yang digunakan untuk menjaga umpan berada pada kedalaman tertentu dalam air. Saat ikan menggigit umpan, pelampung akan tenggelam, memberi tanda kepada pemancing bahwa ada ikan yang menggigit.

BACA JUGA:Sahur Praktis dengan Xiaomi Microwave Oven, Cukup 1 Menit Hangatkan Roti atau Susu

- Drag : rem pada reel agar reel tidak bergerak atau berputar bebas.
- Dry fly : umpan mainan berbahan ringan yang mengapung di permukaan air untuk menarik perhatian ikan predator di permukaan.
- Fight : “pertarungan” melawan ikan dengan cara menggulung reel hingga ikan naik ke permukaan.
- Fly fishing : teknik memancing dengan mengandalkan berat senar daripada umpan dengan cara dilempar dan ditarik berulang-ulang.
- Tackle box : kotak peralatan, untuk menyimpan semua peralatan memancing seperti kail, umpan, dan alat lainnya.

Tips Memancing
Gimna, udah hafal belum, dengan berbagai istilah memancing di atas? Take your time, hafalkan pelan-pelan sambil terus melakukan hobi seru ini agar pikiran lebih fresh dan kamu bisa makan ikan hasil tangkapanmu bareng teman-teman dan keluarga. Nah, supaya lebih mudah dapat ikan coba deh, kamu ikuti tips memancing berikut ini.
Pilih Perlengkapan yang Sesuai

Pertama, supaya bisa memancing dengan tenang dan dapat banyak ikan kamu perlu memilih perlengkapan yang sesuai. Pilihlah joran dan reel yang mampu menahan bobot ikan ringan hingga sedang jika kamu memancing di danau atau kolam yang ikannya berukuran medium. Selain itu, pastikan tinggi joran nggak jauh beda dengan tinggi badanmu supaya kamu lebih nyaman.

BACA JUGA: Tips Aman Berolahraga Selama Puasa, Atur Waktu dan Pilihan Aktivitas dengan Bijak

Pilih Senar Pancing yang Sesuai Joran
Kalaukamu menggunakan joran setinggi 2 meter, maka senarnya juga harus mengikuti. Untuk memancing ikan berukuran sedang di air tawar, biasanya kamu perlu menggunakan senar dengan bobot antara 2.7 kilogram hingga sekitar 5 kilogram. Senar seperti ini mampu menahan bobot ikan kecil hingga sedang yang ada di sungai dan danau.

Pertimbangkan Umpan
Tahu nggak sih, ternyata ikan punya preferensi umpan tersendiri, lho. Pada umumnya, ikan akan lebih suka menyambar umpan hidup seperti cacing, jangkrik atau ikan kecil. Kalau kamu ingin cpat dapat ikan da dalam jumlah banyak, pilihlah salah satu dari jenis umpan tersebut. Atau kalau geli dengan umpan hidup, kamu bisa membeli umpan buatan tergantung jenis ikan yang menjadi target.

Sabar
Satu kata ini adalah kunci supaya kamu sukses membawa pulang ikan hasil pancingan. Memancing memang butuh kesabaran yang pasti akan berbuah manis. Kalau kamu nggak sabar, alat pancingmu nggak tenang dan justru menakuti ikan incaranmu. Duduk dengan sabar, nikmati pemandangan di sekitar, toh memancingmu adalah bentuk refreshing dan bukan perlombaan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: