Hati-Hati! Ini Dia 5 Tips Cegah Maag dan Asam Lambung Saat Berpuasa

Hati-Hati! Ini Dia 5 Tips Cegah Maag dan Asam Lambung Saat Berpuasa

Tips atasi Maag dan asam lambung (gerd)saat puasa di bulan ramadhan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Artikel ini akan memberikan tips atasi Maag dan asam lambung (gerd)saat puasa di bulan ramadhan. Yuk, simak ulasannya bersama-sama. 

Jika kamu memiliki riwayat Maag dan asam lambung (gerd) bisa menjadi suatu halangan saat menjalani ibadah puasa.

Pasalnya sewaktu-waktu Maag dan asam lambung (gerd) dapat kambuh secara tiba-tiba. Untuk mengatasi gejala penyakit tersbut, seperti perut nyeri, mual, kembung, dan dada yang terasa perih, kadang Anda terpaksa membatalkan puasa. 

Namun, sebetulnya Maag dan asam lambung (gerd)bukan penghalang yang cukup berarti jika Anda mematuhi sejumlah pantangan dan makan tepat waktu.

Dengan panduan berikut, Anda bisa menjalani puasa tanpa khawatir maag akan menyerang.

BACA JUGA:Tanda- Tanda Ibu Hamil Harus Membatalkan Puasa yang Perlu Diwaspadai

Bagi beberapa pengidap Maag dan asam lambung (gerd), puasa bisa membantu mengendalikan gejala. Namun, orang dengan maag dan asam lambung (gerd) yang sudah kronis mungkin kesulitan menjalani puasa.

Itu sebabnya, Anda yang punya maag dan asam lambung (gerd) kronis sebaiknya berkonsultasi kepada dokter sebelum menjalani puasa. Anda juga bisa mencoba tips berpuasa untuk pengidap maag dan asam lambung (gerd).

Berikut tips makan yang bisa membantu pengidap maag berpuasa lebih lancar.

1. Usahakan selalu sahur

Maag dan asam lambung (gerd) umumnya bisa dicegah jika Anda selalu mengusahakan sahur setiap akan puasa, jangan biasakan puasa tanpa sahur.

Mungkin Anda bisa satu atau dua kali tidak sahur karena berbagai alasan. Namun, jika hal ini berlangsung terus-menerus, Anda meningkatkan risiko kekambuhan maag.

BACA JUGA:Bolehkah Mandi Junub Setelah Sahur, Ini Jawaban Ustaz Adi Hidayat

Maag dan asam lambung (gerd) bisa kambuh di jam-jam puasa terutama saat siang hari dari pukul 10 pagi hingga pukul 12 siang. Untuk menyiasatinya, Anda bisa makan pada waktu mendekati imsak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: