Bolehkah Sholat Tahajud Setelah Sholat Tarawih, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Bolehkah Sholat Tahajud Setelah Sholat Tarawih, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat jelaskan boleh tidaknya sholat tahajud setelah sholat tarawih-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Bahaya Menyepelekan Bulan Ramadhan, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Cara Sholat Tarawih 11 Rakaat Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW, Simak Penjelaskan Ustaz Adi Hidayat Berikut

Ustaz Adi Hidayat menegaskan bahwa sholat untuk membuka rangkaian shalat baru sebaiknya dimulai dengan shalat dua rakaat yang ringan. Dengan demikian, jika seseorang menutup rangkaian shalatnya dengan shalat witir, masih diperbolehkan untuk melaksanakan sholat tahajud pada malam tersebut. Sehingga, seseorang dianjurkan untuk membuka rangkaian shalat baru dengan shalat dua rakaat yang ringan sebelum melanjutkan dengan sholat tahajud di malam tersebut.

"Itu gak ada perbedaan pendapat dikalangan ulama, silahkan shalat lagi malamnya," kata Ustaz Adi Hidayat.

Menurut penjelasan Ustaz Adi Hidayat, yang menjadi pertanyaan adalah bila seseorang telah melaksanakan sholat tahajud setelah sholat witir, apakah masih diperlukan untuk melaksanakan sholat witir lagi.

"Hanya perbedaannya apakah witir lagi atau tidak dan dalam mazhab Hambali gak perlu witir lagi," terang Ustaz Adi Hidayat.

Hal tersebut menurut Ustaz Adi Hidayat sesuai dengan kisah Nabi Muhammad SAW tidak menunaikan sholat witir karena adzan sudah terdengar.

"Karena tadi Nabi bangun pun ketika beliau bangun dua rakaat beliau gak witir lagi kemudian menunggu subuh. Tapi di mazhab Syafi'i boleh witir lagi," ungkap Ustaz Adi Hidayat.

Namun demikian, menurut Mazhab Syafi'i, jika adzan belum berkumandang, maka diperbolehkan untuk menunaikan sholat witir kembali.

"Kenapa? Karena pandangannya begini, Nabi gak witir lagi karena adzan sudah berkumandang. Kalau adzan belum berkumandang tentu Nabi akan witir lagi. Tinggal ambil yang paling nyaman buat Anda," terang Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Sholat Witir 1 Atau 2 Kali Salam, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Cara Witir Ala Rasulullah SAW

BACA JUGA:Berapa Rakaat Rasulullah SAW Sholat Tarawih? 11 atau 23 Rakaat? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat menyarankan agar jika ingin melakukan sholat tahajud setelah sholat tarawih, sebaiknya kita memilih waktu yang paling nyaman untuk melaksanakannya.

Itulah penjelasan Ustaz Adi Hidayat tentang boleh tidaknya kita sholat tahajud setelah sholah witir pada bulan ramadhan. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: