Hal-hal yang Diperbolehkan Dilakukan Saat Berpuasa

Hal-hal yang Diperbolehkan Dilakukan Saat Berpuasa

Jika seseorang belum menyadari bahwa fajar telah terbit dan masih meneruskan makanan di mulutnya, puasanya tetap sah.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Puasa merupakan salah satu ibadah penting dalam agama Islam yang dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Selama menjalankan ibadah Puasa, umat Muslim diwajibkan untuk menahan diri dari makan, minum, dan melakukan beberapa aktivitas tertentu dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Namun, terdapat beberapa hal yang diperbolehkan dilakukan saat berpuasa, sebagaimana diajarkan dalam Modul Fiqih Puasa karya Ust. Dr. Muhammad Yasir Yusuf, MA. Berikut adalah sembilan hal yang diperbolehkan saat berpuasa:

BACA JUGA:Tanda- Tanda Ibu Hamil Harus Membatalkan Puasa yang Perlu Diwaspadai

1. Masuk ke Air, Berendam, dan Mandi
Menurut ajaran Islam, memasuki air, berendam, dan mandi tidaklah membatalkan puasa. Rasulullah SAW bahkan pernah menuangkan air ke atas kepalanya saat ia berpuasa karena merasa haus dan panas.

2. Mengenakan Celak Mata dan Meneteskan Obat Mata
Bagi yang sakit mata, diperbolehkan untuk menggunakan obat tetes mata atau mencelupkan kain ke air dingin untuk mengurangi ketidaknyamanan tanpa membatalkan puasa.

BACA JUGA:Ibu Hamil Alami Pusing saat Puasa, Ternyata Ini Penyebabnya

3. Berkumur dan Mengisap Air Hidung
Tidak sengaja menelan air saat berkumur atau membersihkan hidung dengan air tidak membatalkan puasa. Namun, harus dihindari tekanan yang kuat saat berkumur agar tidak sampai air masuk ke dalam perut.

4. Mencium Isteri bagi yang Mampu Menahan Diri
Berciuman dengan pasangan yang sah tidak membatalkan puasa, selama bisa mengendalikan diri. Namun, jika mencium membuat seseorang kehilangan kendali, maka sebaiknya dihindari.

5. Berbekam
Berbekam, yaitu mengambil darah dari tubuh, diperbolehkan saat berpuasa. Rasulullah SAW bahkan pernah melakukan bekam dalam keadaan berpuasa.

BACA JUGA:Helm Bogo yang Trendy dan Populer untuk Bikers

6. Menggunakan Suntikan untuk Mengeluarkan Kotoran Tubuh
Menggunakan suntikan untuk keperluan medis, seperti mengeluarkan kotoran tubuh, tidak membatalkan puasa karena zat yang masuk bukanlah makanan dan tidak melalui saluran pencernaan.

7. Menghirup Sesuatu yang Tak Terhindarkan
Menghirup sesuatu yang tak terhindarkan, seperti keringat atau debu, tidak membatalkan puasa. Hal ini berlaku juga untuk mencicipi makanan dalam keadaan darurat, selama tidak sampai tertelan.

BACA JUGA:Jajanan Viral Cookie Bomb Fudgybro! Ini Bahan dan Cara Pembuatannya

8. Bangun Tidur dalam Keadaan Junub
Jika seseorang bangun tidur dalam keadaan junub karena mimpi atau hubungan suami istri, tetap diperbolehkan untuk berpuasa. Namun, yang terbaik adalah mandi terlebih dahulu sebelum memulai ibadah.

9. Meneruskan Makan hingga Terbit Fajar
Jika seseorang belum menyadari bahwa fajar telah terbit dan masih meneruskan makanan di mulutnya, puasanya tetap sah. Namun, begitu menyadari terbitnya fajar, makanan tersebut harus segera dikeluarkan.

BACA JUGA:Bitcoin: Peluang Investasi yang Perlu Diperhatikan!

Dengan memahami hal-hal yang diperbolehkan dilakukan saat berpuasa, umat Muslim diharapkan dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh keyakinan dan ketundukan kepada Allah SWT. Semoga ibadah puasa kita diterima-Nya dan memberikan manfaat spiritual yang besar bagi kita semua. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: