Apa Saja Sunnah-Sunah Saat Menjalankan Ibadah Puasa? Simak Ulasan Berikut

Apa Saja Sunnah-Sunah Saat Menjalankan Ibadah Puasa? Simak Ulasan Berikut

Sahur merupakan sunnah puasa yang bisa kamu lakukan di saat bulan suci ramadhan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Secara istilah puasa adalah menahan diri pada siang hari dari hal-hal yang membatalkan puasa dengan niat ibadah sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. 

Dalam menjalankan ibadah puasa ada banyak sunnah yang bisa kita lakukan. Selain menambah pahala, sunnah sunnah yang dilakukan dapat memberikan banyak manfaat. 

Berikut ini sunnah-sunnah puasa yang bisa kamu lakukan di saat bulan suci ramadhan

BACA JUGA:Sholat Witir 1 Atau 2 Kali Salam, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Cara Witir Ala Rasulullah SAW

1. Makan Sahur 

Para ulama telah sepakat tentang sunnahnya sahur untuk puasa. Meski demikian, tanpa sahur pun puasa tetap boleh.

Makan sahur tetap disunnahkan walau tidak terlalu banyak. Bahkan kesunnahan sahur tetap berlaku meski hanya dengan segelas air putih saja. 

2. Mengakhirkan Sahur 

Disunnahkan untuk mengakhirkan makan sahur hingga mendekati waktu shubuh.  Praktek makan sahur yang dilakukan oleh Rasulullah justru berlomba-lomba dengan datangnya waktu fajar. 

Selain itu, makan sahur memiliki banyak hikmah, salah satunya agar puasa kita di siang harinya menjadi semakin tahan dan kuat. 

BACA JUGA:Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi, Berikut Waktu dan Cara Mengamalkannya

3. Menyegerakan Berbuka 

Disunnahkan dalam berbuka puasa untuk mentakjil atau menyegerakan berbuka sebelum sholat Maghrib. Meski hanya dengan seteguk air atau sebutir kurma. 

Kesunnahan ini tentu sangat penting untuk digaris bawahi. Ternyata meskipun sholat Maghrib itu sedikit sekali waktunya, namun tetap saja lebih diutamakan bagi yang berpuasa untuk berbuka terlebih dahulu, dan bukan mendahulukan shalat Maghrib. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: