Biar Tahu! Ini Fungsi dan Keuntungan E-Wallet

Biar Tahu! Ini Fungsi dan Keuntungan E-Wallet

E-Wallet adalah layanan dompet digital yang manfaat utamanya membayar transaksi online dan offline. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu dampak kemajuan teknologi yang bisa dirasakan masyarakat adalah mudahnya pembayaran. Saat ini masyarakat tidak perlu membawa uang tunai untuk berbelanja karena ada E-Wallet. Apa itu E-Wallet? Singkatnya, E-Wallet adalah dompet elektronik yang berguna untuk menyimpan uang secara digital.

Dengan adanya E-Wallet, masyarakat bisa melakukan pembayaran baik berbelanja maupun tagihan. Nah, pada artikel ini akan dibahas lebih mendalam tentang apa itu E-Wallet, manfaat, dan aplikasinya.

BACA JUGA:Begini Cara Transfer Uang Tanpa Diketahui Nama Pengirim

E-Wallet Adalah
E-Wallet adalah suatu layanan dompet digital yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan, mengirim uang dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran secara online.

Saat ini, e-Wallet tidak hanya bisa digunakan untuk transaksi online, namun juga transaksi offline. Misalnya saja saat Anda ingin membeli makanan di sebuah kedai makan, Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan uang yang ada di e-Wallet. Anda hanya perlu menggunakan QR Code yang tersedia di e-Wallet tersebut.

Dengan adanya layanan ini, tentunya Anda akan mendapatkan kemudahan dalam bertransaksi. Apalagi ada berbagai promo dan diskon yang bisa Anda peroleh saat menggunakan layanan ini. Jadi tidak ada salahnya menyebut e-wallet adalah dompet digital dengan banyak keuntungan.

Fungsi E-Wallet
Tak hanya berfungsi sebagai penyimpan uang, E-Wallet juga memiliki berbagai manfaat lainnya untuk pengguna. Apa saja manfaat E-Wallet? Berikut ini penjelasan lebih rincinya, yaitu :

BACA JUGA:Tertarik Magang di Pelindo? Ini Kisaran Gaji Karyawan Pelindo, Mulai dari Magang hingga Dirut

1. Transaksi Secara Online dan Offline
E-Wallet adalah layanan dompet digital yang manfaat utamanya membayar transaksi online dan offline. Transaksi online seperti pembelian barang di e-commerce lebih mudah dibayar menggunakan e-Wallet. Sebab semua e-commerce telah terintegrasi satu sama lain dengan dompet elektronik ini.

Sedangkan transaksi offline juga sudah bisa melakukan pembayaran menggunakan e-Wallet. Pengguna hanya perlu scan QR Code yang disediakan penjual, maka pembayaran pun sudah terlaksana.

2. Transfer Kesemua Bank Tanpa Biaya
Saat ini transfer dana tidak perlu menggunakan bank lagi. Anda bisa melakukan transfer dana dengan layanan e-Wallet. Proses transfer dana ini pun bisa dilakukan antar e-wallet maupun rekening bank. Hampir semua aplikasi e-wallet yang ada saat ini menawarkan layanan transfer tanpa biaya ke semua bank di Indonesia

3. Pembayaran Tagihan dan Pembelian Pulsa
Banyak e-wallet yang telah bekerja sama dengan pemerintah. Jadi jika Anda ingin melakukan pembayaran tagihan PLN, PDAM, Pajak, Pajak Kendaraan, dan lainnya, Anda tidak perlu datang ke kantor terkait. Selain terintegrasi dengan pemerintah, e-wallet juga sudah terintegrasi dengan provider telekomunikasi. Jadi Anda bisa membeli pulsa atau paket data dengan mudah asal saldo e-wallet mencukupi.  

BACA JUGA:Ini Besaran Gaji Kerja di Kapal Ikan Australia, Jangan Lupa Lengkapi Syaratnya

Aplikasi E-Wallet Terbaik di Indonesia
Di Indonesia, ada berbagai macam aplikasi e-wallet yang bisa Anda gunakan dan memberikan berbagai manfaat.

1. OVO
Aplikasi E-wallet populer yang pertama adalah OVO. Dompet digital yang berdiri tahun 2017 ini telah menguasai lebih dari 70% area belanja di Indonesia, mulai dari supermarket, minimarket, cafe, bioskop, hingga kedai makanan. OVO memberikan reward berupa OVO Point kepada para penggunanya jika melakukan transaksi di merchant OVO.

2. GoPay
GoPay merupakan e-wallet yang dikelola oleh salah satu aplikasi transportasi, Gojek. Pada awalnya dompet digital ini hanya digunakan untuk transaksi di Gojek saja. Akan tetapi, saat ini Dompet digital ini juga mulai bertransformasi dan sudah digunakan untuk berbagai transaksi di Marketplace dan Merchant. GoPay juga memiliki layanan bayar nanti yang dikenal sebagai GoPay Paylater. Dengan layanan ini pengguna dapat melakukan transaksi sekarang dan membayarnya bulan depan.

3. DANA
Kehadiran DANA yang dimulai sejak tahun 2018 ini telah mampu bersaing dengan e-wallet lainnya. Hingga saat ini, DANA telah berhasil menduduki peringkat tiga besar e-wallet yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dana juga memiliki layanan bayar nanti untuk melakukan transaksi kredit tanpa kartu kredit yang bernama DANA Paylater.

BACA JUGA:Cara Bekerja di Malaysia untuk Lulusan SMA Lowongan & Syaratnya

4. LinkAja
LinkAja merupakan dompet digital yang dikelola oleh beberapa perusahaan di Indonesia yakni Telkomsel, HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara), dan Pertamina. Dompet digital ini berhasil berada di posisi keempat sebagai e-wallet dengan pengguna terbanyak di tahun 2019.

5. Jenius
Jenius merupakan layanan dompet digital yang dikeluarkan oleh Bank BTPN. Produk ini memiliki berbagai fitur seperti Save It, Pay Me, Send It, Split Bill, dan eCard. Fitur-fitur ini akan membantu Anda memudahkan pengaturan keuangan dalam satu aplikasi.

6. Sakuku
Sakuku adalah produk yang dikeluarkan oleh Bank Central Asia (BCA). Dompet digital ini cenderung digunakan untuk pembayaran gaji karyawan BCA. Sakuku dibagi menjadi dua jenis yaitu Sakuku dan Sakuku Plus.

7. iSaku
Tak hanya lembaga perbankan yang mengeluarkan e-wallet, namun juga minimarket seperti indomaret. Dompet digital ini dapat digunakan untuk pembayaran transaksi di Merchant, transfer, tarik tunai, dan pembayaran tagihan.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Dropship, Bisnis Online Tanpa Modal Untung Besar

Kelebihan E-Wallet
E-Wallet adalah dompet digital yang dilengkapi beberapa kelebihan dibandingkan dengan uang tunai, diantaranya adalah :  

- Transaksi lebih cepat : Apabila dibandingkan dengan uang tunai, transaksi menggunakan e-wallet jauh lebih cepat. Anda hanya perlu memindai barcode yang disediakan oleh penjual. Selain itu, Anda tidak perlu menunggu uang kembalian di setiap transaksi.
- Terhindar dari uang palsu : Uang palsu menjadi masalah dalam penggunaan uang tunai. Akan tetapi, transaksi menggunakan akan lebih aman karena diperlukan verifikasi data dan identitas yang benar. Bahkan pengguna bisa mengaktifkan fitur keamana seperti sidik jari, verifikasi PIN, atau pemindaian wajah.
- Tersedia riwayat transaksi : Kelebihan lainnya yang dimiliki e-wallet adalah memiliki riwayat transaksi. Dengan adanya riwayat transaksi, Anda bisa memantau keuanganmu setiap saat dengan mudah dan jelas. Apalagi riwayat transaksi ditampilkan dengan jelas dan detail.
- Bisa digunakan kapan saja : E-wallet dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Bahkan saat Anda tidak berada di toko penjual, Anda masih melakukan pembayaran. Tentu saja, asalkan Anda memiliki saldo dan internet yang lancar.

BACA JUGA:Hemat Waktu! 9 Tips Persiapan Makan Sahur Dan Berbuka Puasa

Perbedaan E-Wallet dan E-Money
Banyak orang yang menganggap e-wallet adalah e-money, begitupula sebaliknya. Padahal keduanya jelas berbeda. Nah, apa saja perbedaan e-wallet dan e-money?

1. Server Based vs Chip Based
E-Wallet adalah dompet digital yang berfungsi sebagai alat pembayaran yang berbasis aplikasi, sehingga dibutuhkan peran sebuah server. Oleh karena itu, e-wallet memiliki sifat server-based. Akan tetapi, berbeda dengan e-money yang berbasis chip yang ada di sebuah kartu. Kartu e-money tersebut diterbitkan oleh pihak penyedia.

2. Limit Saldo
E-wallet menawarkan saldo yang lebih besar yakni Rp10.000.000, sementara rata-rata limit saldo e-money adalah Rp2.000.000.

3. Tingkat Keamanan
Dari segi keamanan, e-wallet memiliki perlindungan fitur keamanan seperti multi factor authentication yang terdiri dari password, email, kode OTP, nomor telepon, dan lainnya. Fitur ini digunakan untuk membuka aplikasi dan saat melakukan pembayaran.Sementara e-money hanya menggunakan password tanpa verifikasi lainnya. Apalagi jika kartu hilang, maka saldo juga kemungkinan bisa hilang.

BACA JUGA:Tips Penting Saat Anak Pertama Kali Belajar Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: