Sholat Witir 1 Rakaat, Berikut Penjelasan Tentang Cara dan Niatnya

Sholat Witir 1 Rakaat, Berikut Penjelasan Tentang Cara dan Niatnya

Tata cara sholat witir satu rakaat-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Sholat witir merupakan salah satu shalat sunnah yang umumnya dilakukan setelah shalat tarawih atau setelah shalat subuh.

Sholat witir dapat dilakukan dalam jumlah satu rakaat atau tiga rakaat. Kali ini, kita akan membahas secara khusus tata cara shalat witir satu rakaat.

Meskipun sholat witir memiliki beberapa perbedaan jumlah rakaatnya, namun prinsip pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan shalat sunnah lainnya.

BACA JUGA:Agar Diberi Kemudahan dan Keimanan Ditambah Selama Ramadhan, Amalkan 5 Doa Menjelang Ramadhan Berikut

BACA JUGA:Kumpulan Doa Harian Selama Bulan Ramadhan yang Diajurkan Dibaca

Perbedaan utamanya terletak pada jumlah gerakan, mulai dari rukuk hingga salam, yang disesuaikan dengan jumlah rakaat yang dipilih.

Pemilihan jumlah rakaat ini tergantung pada niat shalat witir yang dilakukan, baik itu satu rakaat atau tiga rakaat. Penting untuk diingat bahwa sholat witir harus dilakukan dalam jumlah ganjil.

Berikut adalah tata cara sholat witir 1 rakaat:

1. Membaca niat shalat witir 1 rakaat dalam hati bersamaan dengan takbiratul ihram.

2. Melanjutkan dengan membaca Surah Al Fatihah dan surat pendek lainnya dalam Al-Quran.

3. Melanjutkan dengan melakukan rukuk, itidal (berdiri tegak setelah rukuk), sujud pertama, duduk di antara kedua sujud, kemudian sujud kedua, dan duduk tasyahud akhir.

4. Mengucapkan salam.

Dengan demikian, sholat witir satu rakaat telah selesai.

Terkait dengan waktu pelaksanaan sholat witir, menurut Mazhab Syafi'i dan Hambali, waktu pelaksanaan sholat witir satu rakaat diperbolehkan apabila sebelumnya telah melaksanakan shalat sunnah antara Isya hingga Subuh sebanyak dua rakaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: