Akun Langsung Aktif! Begini Cara Daftar Grabcar dan Syaratnya

Akun Langsung Aktif! Begini Cara Daftar Grabcar dan Syaratnya

Tidak perlu malu dan gengsi untuk menjadi pengemudi daring grabcar karena penghasilnya lumayan--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memiliki penghasilan yang baik menjadi impian setiap orang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Menjadi mitra Grab bisa menjadi jalan alternatif bagi para pencari kerja yang tak ingin repot menghabiskan banyak waktunya untuk menyiapkan lamaran kerja hingga mengikuti beragam tes seleksi. Terlebih kini daftar GrabCar online dapat membantu Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dari hasil mengemudi.

Namun di sisi lain, fakta juga mengatakan bahwa orang-orang Indonesia masih ragu untuk menjadi pengemudi transportasi online. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, mulai dari gaji yang dianggap kecil hingga hal lain yang dianggap sangat sepele yaitu gaji. Padahal grab selalu berusaha memperbaiki layanannya, tidak hanya menguntungkan bagi penumpang, juga memberi efek positif bagi mitranya.

BACA JUGA:Berapa Lama Balik Modal Investasi Franchise Indomaret? Ini Hitungannya

Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 2012 ini telah mengembangkan layanannya ke berbagai negara, mulai dari Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia, Kamboja, dan Myanmar. Sebelum membahas mengenai cara daftar grab car terlebih dahulu saya sampaikan beberapa alasan mengapa anda harus menjadi mitra perusahaan yang satu ini.

Mengapa Saya Harus Jadi Mitra Grabcar
Tidak perlu malu dan gengsi untuk menjadi pengemudi transportasi daring seperti grabcar ini. Mengapa? Karena banyak hal-hal positif yang akan anda dapatkan. Beberapa keuntungan menjadi mitra Grabcar yaitu:

1. Penghasilan Diatas UMR
Berbicara soal penghasilan, sesuai dengan sistem gaji Grab terbaru pihak grab menerapkan sistem komisi untuk para mitranya. Jadi, setiap orderan pengemudi akan mendapatkan komisi yang dipotong sekitar 20% dari hasil orderan.

Misal, jika dalam 1 hari mendapatkan pemasukan 600 ribu, maka nominal yang didapatkan 20% x 600.000 = Rp 120rb. Jadi driver mendapatkan Rp 480.000 sedangkan Rp 120.000 masuk ke perusahaan.Penghasilan tersebut terbilang banyak, tapi semua tergantung dari usaha anda. Kalau anda memperoleh lebih sedikit, tetap patuh disyukuri dan insya Allah mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah, biar lebih paham mengenai sistem gaji Grab, anda bisa membaca:

BACA JUGA:Mau Daftar Franchise Mixue? ini Ketentuan dan Harganya

2. Memperoleh Penghasilan Sampingan
Merasa penghasilan masih kurang dengan komisi segitu? Tenang, seorang driver masih bisa mendapatkan pemasukan dengan cara lain. Bagaimana caranya? Dengan mengikuti program referal. Program ini sangat menguntungkan bagi driver sendiri karena bakal mendapatkan komisi tambahan sebesar 10% dari total penghasilan driver baru yang diajak. Jadi sistem ini mengharuskan anda untuk bisa mengajak orang lain dan tergabung menjadi mitra grab.

Para mitra bisa langsung  membagikan kode referral melalui aplikasi ke teman-teman di akun sosial media seperti facebook, twitter, Instagram, ataupun lainnya. Jika anda mitra grabcar, maka anda tidak hanya mengajak seseorang menjadi pengemudi grabcar, tetapi juga bisa mengajak untuk tergabung jadi anggota grabbike ataupun sebaliknya.

Selain itu ada beberapa syarat yang juga harus dipenuhi:
- Driver grabcar hanya bisa mendaftarkan 8 calon Mitra setiap bulannya (dari tanggal 1 hingga tanggal 30 atau 31 per bulannya)
- Pengemudi hanya bisa mendaftarkan calon mitra untuk GrabCar, yang berlokasi di kota pengemudi tersebut terdaftar
- Pastikan calon mitra yang diajak bergabung belum pernah sama sekali tergabung dengan mitra grabcar sebelumnya. Jangan sampai melakukan kecurangan karena pihak grab pasti akan mengetahuinya. Jika ketahuan maka keduanya bisa mendapatkan sanksi berupa penonaktifan anggota layanan grabcar.

3. Grab Adalah Keluarga
Lingkungan kerja di Grab sangatlah hangat, ramah, dan juga nyaman. Grab ibarat sebuah keluarga kedua selain keluarga kita di rumah. Apalagi sesama pengemudi begitu ramah dan bisa saling bertegur sapa dan bercengkrama ketika sama-sama berada di jalan atau saat menunggu orderan. Bisa menambah rekan dan jaringan baru juga kan?

BACA JUGA:?Tips Jitu Agar Akun Maxim Gacor dan Orderan Lancar

4. Waktu Kerja yang Fleksibel
Perusahaan Grab tidak menuntut anda harus bekerja selama 24 jam non stop. Semua tergantung anda, jika memang ingin mendapatkan hasil atau pendapatan yang besar maka perbanyak orderan. Dalam arti lain, waktu kerja anda sebaiknya diperbanyak.Tidak ada jam istirahat, anda bisa berisitirahat kapan saja (tapi jangan terlalu sering-sering). Yang jelas, waktu kerjanya begitu fleksibel. Cocok bagi anda yang tidak suka terlalu dikekang masalah pekerjaan.

5. Adanya Asuransi
Ada 2 jenis asuransi pada grab yaitu asuransi all risk dan asuransi kecelakaan. Adapun untuk asuransi kecelakaan grabcar memberikan maksimal Rp 68 juta per orangnya. Adanya Asuransi jelas memberikan banyak sekali keuntungan salah satunya yakni memberikan rasa aman untuk korban dan keluarga dari sisi finansial. Selain itu, biaya pengobatan menjadi lebih ringan sehingga tidak ada lagi orang yang semakin sakit ketika terkena musibah.

6. Program Gold Driver
Tidak hanya diperuntukkan untuk mitra dari perorangan saja. Tetapi seseorang yang mempunyai kendaraan atau pemilik rental mobil dipersilakan untuk mendaftar melalui program gold driver. Adapun beberapa dokumen yang harus disiapkan yaitu :

- Perusahaan rental mobil harus memiliki surat legalitas CV/PT yang terdiri dari Akta, NPW, PTDP, dan SIUP (harus membawa asli dan juga salinannya)
- Pemilik rental juga harus melampirkan data email (harus gmail), data rekening bank perusahaan baik itu PT maupun CV, serta nomor HP yang dapat dihubungi
- Terakhir, diharuskan mendaftarkan Perusahaan Rental tersebut ke Dinas Perhubungan.

BACA JUGA:Harga Murah dan Berkualitas! Distributor Alat Listrik Tangan Pertama untuk Usaha Toko Listrik

Syarat Daftar dan Kendaraan Grabcar 2024
Di bawah ini, kami sediakan list syarat yang harus anda siapkan sebelum mendaftar Grab. Silahkan mark bagian yang sudah ada dan siapkan syarat yang belum ada. Untuk syarat daftar Grab Car(berdasarkan situs resmi Grab), calon driver harus memenuhi persyaratan:

- Mempersiapkan STNK asli bukti punya mobil
- KTP (Kartu Tanda Penduduk)
- SIM A (Surat Izin Mengemudi)
- SKCK yang berlaku
- Asuransi kendaraan
- Punya mobil dengan usia maks 5 tahun
- Mobil jenis MPV dan Family Car diprioritaskan
- Siap ikut ujian KIR/ KEUR (lengkapnya baca di faq)

Cara Daftar Grabcar secara Offline
Cara luring berarti anda harus datang ke kantor Grab yang ada di wilayah atau tempat tinggal anda (datang langsung ke Grab Driver Centre). Kantor Grab yang biasa disingkat dengan GDC tersebut hampir ada di tiap tiap lokasi seluruh Indonesia.

Pastikan anda datang pada jam-jam buka. Pada saat anda ke sana silakan membawa berkas-berkas dokumen yang diperlukan untuk proses pendaftaran. Berkas dan dokumen tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah berkas persyaratan mendaftar Grab yang sudah dipaparkan di atas dalam bentuk list.

Jadi, mengenai cara dan proses pendaftaran Grabcar secara online dan langsung sudah sangat jelas, yaitu:
- Ketahui syarat daftar Grabcar, syarat kendaraan dan jenis mobil yang digunakan
- Siapkan berkas syarat daftar Grabcar
- Setelah lengkap, cari alamat kantor Grab terdekat
- Datangi kantornya dengan membawa berkas yang sudah disiapkan
- Isi formulir yang disediakan di sana
- Daftar dan ikuti proses selanjutnya

BACA JUGA:MUI Kota Bengkulu Keluarkan Maklumat Ramadan 2024, Diantaranya Rumah Makan dan Sejenisnya Dilarang Buka

Cara Daftar Grabcar secara Online
Sebelum Anda melakukan langkah daftar GrabCar online, Anda harus memastikan dokumen yang dipersiapkan lengkap dan sesuai dengan ketentuan. Hal ini akan memudahkan dan memperlancar proses pendaftaran, sehingga waktu yang diperlukan lebih efisien. Dalam mendaftar secara online, Anda bisa menggunakan laptop, PC, ataupun melalui smartphone.

Seperti yang diketahui, daftar online Grab berarti bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja, selama berkas dan dokumen anda lengkap. Bedanya dengan yang offline salah satunya adalah semua berkas harus:
- Difoto, jangan discan!!
- Kemudian diupload
- Daftar selesai, tinggal menunggu panggilan Grab yang akan diinfomasikan lewat email
- Mengikuti online training Grab Academy
- Lulus online training
- Siap menjadi Driver
Singkatnya, begitu proses pendaftaran Grabcar online.

Syarat daftar Grabcar Secara online
Karena daftar online, berkas harus betul betul jelas gambarnya, maka berikut foto berkas yang harus anda persiapkan sebelum melakukan pendaftaran online Grabcar sebagai syarat daftar Grabcar:

- Foto Setengah Badan
Seluruh calon pengemudi wajib menyertakan foto diri setengah badan yang benar dan tidak boleh selfie. Foto diri disebut sesuai ketentuan jika wajah Anda terlihat jelas dan tidak buram. Anda tak boleh menggunakan aksesoris termasuk topi hingga kacamata. Fotonya bukanlah hasil scan/editan dan menggunakan latar belakang Grab/polosan. Maksimal ukuran file foto adalah 5 MB.

BACA JUGA:Ini Tarif Integrasi Terbaru Tol Japek dan MBZ Mulai Berlaku 9 Maret 2024

- Foto SIM A
Sebagai bukti kalau Anda benar-benar bisa mengendarai kendaraan, wajib menyertakan SIM A atau B/B1 sebagai syarat daftar GrabCar dan GrabTaxi. SIM yang disetorkan ke Grab harus atas nama Anda sendiri, asli dan masih berlaku minimal sebulan sebelum habis. Lalu kemudian SIM itu difoto langsung bukannya fotokopi/scan. Seluruh data dan foto pada SIM harus bisa dibaca dengan jelas.

- Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Wajib menyertakan foto KTP asli bukan editan/crop dan lagi-lagi bukan hasil fotokopi/scan. KTP yang disetorkan harus merupakan informasi data diri Anda pribadi dan masih berlaku minimal sebulan sebelum habis. Bukti identitas lainnya adalah Kartu Keluarga (KK).

- Foto STNK
Foto STNK sebagai bukti kepemilikan kendaraan juga termasuk dokumen pelengkap syarat daftar GrabCar, GrabTaxi dan GrabBike. Foto harus jelas dan asli bukannya fotokopi yang pajaknya masih berlaku. Dalam file foto STNK, harus terdiri dari dua lembar yakni dokumen STNK dan pajak STNK.

- Foto SKCK
Syarat daftar Grab car online berikutnya yang wajib disertakan adalah dokumen foto SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) asli yang masih berlaku minimal dua minggu sebelum habis. Karena memang Grab menetapkan kriteria mitra pengemudi mereka adalah sosok yang tidak memiliki catatan kriminal agar bisa bertanggung jawab terhadap profesi dan membuat konsumen nyaman.

- Foto Asuransi Mobil
Khusus pendaftar Grabcar, anda harus punya asuransi mobil dan mengambil foto untuk digunakan dalam pendaftaran online Grabcar. Foto harus jelas dan tidak buram, asuransi kendaraan harus masih berlaku.

BACA JUGA:Laris Manis! Ide Usaha Musiman di Bulan Puasa yang Bikin Untung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: