Ini Besaran Biaya Jadi Agen J&T Serta Syarat Pendaftaran

Ini Besaran Biaya Jadi Agen J&T Serta Syarat Pendaftaran

cara menjadi agen J&T adalah membayar biaya keagenan yang digunakan untuk biaya administrasi--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pandemi membawa berkah bagi bisnis layanan jasa pengiriman yang ada di Indonesia. Aktivitas yang awalnya bisa dilakukan offline seorang diri, kini semakin banyak dialihkan ke sistem online yang tentu saja membutuhkan jasa pengiriman.

Oleh karenanya, banyak perusahaan jasa pengiriman atau ekspedisi yang kian menjamur di masyarakat. J&T Express menjadi salah satu perusahaan jasa pengiriman atau ekspedisi yang terkenal di masyarakat. Karena kredibilitasnya yang cukup tinggi dan proses pengantaran yang cukup cepat, ekspedisi ini telah dipercaya banyak orang untuk menjadi pilihan jasa pengiriman barang/ paket mereka.

BACA JUGA:Hati-Hati! 5 Perbuatan Ini Bisa Menghapus Pahala Puasa, Simak Penjelasannya Berikut Ini

Tidak heran jika saat ini J&T Express telah memiliki banyak cabang dan agen yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi agen (mitra), berikut beberapa cara menjadi agen J&T yang dapat Anda perhatikan. Namun sebelum itu, tak ada salahnya Anda mengenal lebih dulu perusahaan ekspedisi ini.

Sekilas Tentang J&T Express
J&T Express adalah perusahaan ekspedisi pertama di Indonesia yang berfokus pada bisnis online. Perusahaan berkomitmen memanfaatkan sistem IT yang canggih guna mencapai efisiensi dan kualitas bagi pelanggan. Hal ini sesuai dengan visi misi perusahaan yaitu menjadi ekspedisi yang sehat dan berkelanjutan dengan akar layanan fokus dan efisiensi pelanggan.

J&T mampu menjangkau pengiriman barang ke seluruh wilayah di Indonesia dengan operasional 365 hari tanpa libur. Pengguna juga dapat menggunakan layanan jemput paket melalui aplikasi maupun hotline yang terhubung dengan pihak J&T.

BACA JUGA:Doa Agar Selamat di Dunia dan Akhirat, Amalkan di Waktu Ini

Tidak hanya itu, beberapa e-commerce besar di Indonesia seperti Shopee, Bukalapak dan Tokopedia pun turut bekerja sama dengan pihak J&T. Menjadi mitra atau agen J&T Express dapat menjadi peluang usaha yang cukup baik bagi Anda yang tertarik dengan bisnis ekspedisi pengiriman. Pasalnya, estimasi waktu pengiriman lebih cepat dibandingkan dengan ekspedisi lainnya serta harga yang ditawarkan pun terjangkau.

Syarat Menjadi Agen J&T
Sebelum lanjut ke pembahasan cara menjadi agen J&T baik perorangan atau perusahaan, ada baiknya Anda memperhatikan syarat-syarat yang diperlukan seperti di bawah ini:

Syarat untuk Agen Perorangan
- Mengisi formulir pendaftaran keagenan melalui aplikasi pengajuan
- KTP dan NPWP aktif
- Pas foto berwarna 4×6 cm (3 rangkap)
- Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
- Denah lokasi outlet
- Foto interior dan eksterior outlet
- Tempat khusus untuk kantor agen
- Komputer dan Printer
- Timbangan digital (minimal dapat menimbang 30 kg).

BACA JUGA:Mudah, Cepat, Tanpa Jaminan! Cara Pinjam Uang Di Aplikasi Aladin

Syarat untuk Agen Perusahaan
- Mengisi formulir pendaftaran keagenan melalui aplikasi pengajuan
- KTP direksi dan NPWP perusahaan
- Akte pendirian perusahaan
- Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP)
- Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
- Pas foto berwarna 4×6 cm (3 rangkap)
- Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU)
- Denah lokasi outlet
- Foto interior dan eksterior outlet
- Tempat khusus untuk kantor agen
- Komputer dan Printer
- Timbangan digital (minimal dapat menimbang 30 kg).

Syarat Sumber Daya Manusia (SDM)
Sebelum memulai pengajuan keagenan, Anda sebaiknya membuat jobdesk atau pos-pos pekerjaan yang harus dilakukan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Dengan begitu, Anda dapat menentukan berapa jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk bekerja di outlet Anda. Karena salah satu syarat menjadi mitra J&T adalah harus memiliki minimal 1 atau 2 karyawan.

BACA JUGA:Begini Cara Pinjam Uang dan Persyaratan yang Harus Dipenuhi di Aplikasi Jago

Syarat Lokasi dan Infrastruktur Outlet
Anda harus memastikan bahwa lokasi yang dijadikan sebagai kantor agen J&T Express terletak di pinggir jalan atau di tempat ramai yang minimal bisa diakses oleh kendaraan roda empat. Selain itu, Anda juga harus memasang plang atau spanduk yang tinggi agar dapat dilihat oleh masyarakat sekitar bahwa outlet tersebut adalah agen J&T.

Biaya dan Komisi Agen J&T
Sama halnya dengan perusahaan lain, cara menjadi agen J&T adalah membayar biaya keagenan yang digunakan untuk biaya administrasi, deposit dan perlengkapan keagenan. Modal awal yang diperlukan untuk menjadi mitra jasa ekspedisi J&T yaitu sekitar Rp 12.000.000, dengan rincian sebagai berikut:

- Deposit agen: Rp 5.000.000
- Biaya administrasi dan perlengkapan keagenan: Rp 7.000.000
- Membayar gaji kurir J&T: 2.500.000 per bulan.

BACA JUGA:Peternak Wajib Tahu! Daftar Nama PT Kemitraan Ayam Broiler

Sedangkan komisi yang akan diperoleh agen berasal dari ongkos kirim per barang atau paket. Komisi tersebut sebesar 20% dari ongkos pengiriman paket. Jadi, semakin banyak orang yang mengirim paket melalui outlet Anda, semakin besar pula komisi yang Anda peroleh.

Cara Menjadi Agen J&T Express
Setelah mengetahui persyaratan di atas, Anda dapat menyimak beberapa cara menjadi agen J&T berikut untuk mendaftar sebagai agen.

1. Menyiapkan Dokumen dan Syarat yang Diperlukan
Cara menjadi agen J&T yang pertama adalah memastikan bahwa syarat-syarat dan dokumen yang diperlukan sudah siap dan tidak ada yang tertinggal. Persyaratan tersebut meliputi syarat dokumen baik perorangan atau perusahaan (disesuaikan dengan kebutuhan), sumber daya manusia (SDM), lokasi maupun infrastruktur yang diperlukan.

2. Mengunjungi Kantor Cabang Terdekat
Setelah semua persyaratan lengkap, datanglah ke kantor cabang J&T terdekat untuk melakukan pendaftaran dan seleksi berkas. Dalam hal ini, silahkan ikuti arahan dan prosedur yang telah ditetapkan. Jika telah memenuhi syarat, maka pihak J&T akan melakukan survei lokasi secara langsung terhadap outlet milik Anda.

3. Memilih dan Membayar Paket Keagenan
Setelah memilih paket keagenan dan survei lokasi pengajuan diterima, Anda harus membayar biaya administrasi keagenan. Pembayaran biasanya dapat dilakukan melalui transfer ATM J&T atau secara langsung melalui kantor cabang.

BACA JUGA:Apakah Masih Menjanjikan Bisnis Franchise Indomaret?

4. Mengikuti Pelatihan Keagenan
Jika seluruh rangkaian proses pendaftaran dinyatakan lolos, maka cara menjadi agen J&T yang terakhir yaitu mengikuti pelatihan keagenan. Selama proses pelatihan berlangsung, simaklah setiap materi atau ilmu yang diberikan, sehingga Anda dapat menjadi agen yang sukses dalam bisnis jasa pengiriman ini.

5. Menghubungi Pihak J&T Express
Apabila terdapat kendala selama berjalannya bisnis jasa ekspedisi ini dilakukan, maka sebaiknya Anda segera menghubungi pihak J&T pusat atau cabang terdekat. Sehingga, kemungkinan terjadinya risiko bisnis dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Cara menjadi agen J&T di atas harus Anda patuhi, jika memang ingin lolos kualifikasi. Apapun persyaratan dan bentuk kerjasamanya, usahakan untuk selelu memahami secara detail ya. Ini karena suksesnya Anda menjadi agen, juga akan berdampak pada suksesnya J&T dimata masyarakat Indonesia.

Keuntungan Menjadi Agen J&T Express
Menjadi seorang mitra atau agen dari suatu perusahaan tentu memberikan Keuntungan yang lebih banyak dibandingkan dengan hanya menjadi pelanggan biasa. Berikut beberapa Keuntungan yang Anda dapatkan ketika menjadi mitra J&T Express.

- Mendapat Kepercayaan di Masyarakat : Keuntungan utama menjadi agen J&T adalah mendapat kepercayaan pelanggan yang tinggi karena kredibilitas perusahaan yang sudah tidak diragukan lagi. Selain itu, Anda yang terpilih menjadi agen berarti memiliki kualitas yang baik dan dapat diandalkan untuk melayani pelanggan.
- Mendapat Fasilitas Khusus Keagenan : Anda yang tergabung menjadi mitra J&T tidak perlu banyak melakukan promosi karena nama ekspedisi J&T yang semakin terdongkrak oleh maraknya bisnis online. Selain itu, tentu saja Anda akan memperoleh Keuntungan berupa harga spesial dalam program kemitraan.
- Mendapat Penghasilan Tambahan : Membangun bisnis sebagai agen tentu menjadi salah satu cara menghasilkan pendapatan. Ditambah lagi, pendapatan komisi yang diperoleh dalam program kemitraan menjadi Keuntungan tersendiri bagi agen.

BACA JUGA:Ini Dia Untung Rugi Menjadi Agen PT Pos Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: