Ini Dia Untung Rugi Menjadi Agen PT Pos Indonesia

Ini Dia Untung Rugi Menjadi Agen PT Pos Indonesia

Luasnya kerjasama kemitraan yang dibangun PT Pos Indonesia ini menjadi peluang bagi calon mitra untuk mendatangkan nilai ekonomi. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bisnis kiriman atau kurir menjadi salah satu bisnis yang cukup moncer di masa pandemi. Banyak yang melirik bisnis ini, lantaran seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat berbelanja online, jasa kiriman juga terus meningkat.

Dari hasil laporan survei perusahaan marketing InMobi yaitu, tingkat belanja masyarakat di sektor e-commerce selama pandemi Covid-19 lebih tinggi daripada tingkat belanja masyarakat saat liburan. Bukan hanya meningkat dari segi belanja, tetapi juga dari banyaknya kategori yang dibeli. Sesi belanja mingguan kuartal kedua 2020 mencapai rata-rata 30% lebih tinggi daripada kuartal pertama 2020.

Mengetahui fakta ini, Anda bisa membangun bisnis kiriman dengan menjadi mitra PT Pos. Hal ini disebabkan, keberadaan Agen PT Pos selain untuk mendekatkan diri dengan konsumen, juga untuk mengembangkan sektor ekonomi mikro yang dilakukan melalui pengembangan pola kemitraan dalam bisnis.

BACA JUGA:Berapa Sih Biaya Jadi Agen Ice Cream Aice? Ini Rinciannya

Agen Pos Sebagai Peluang Bisnis Menjanjikan

Agen Pos merupakan suatu konsep pengembangan jaringan yang berupa kerjasama kemitraan antara PT Pos Indonesia dengan perorangan atau badan usaha untuk memberikan layanan pos dan kirim barang yang lebih luas kepada masyarakat di semua wilayah Indonesia. Mulai dari individu, pelaku UMKM, hingga perusahaan besar, baik yang ada di wilayah perkotaan maupun pelosok.

Luasnya kerjasama kemitraan yang dibangun PT Pos Indonesia ini menjadi peluang bagi calon mitra untuk mendatangkan nilai ekonomi. Apalagi di zaman pandemi, sulitnya mencari kerja, kena PHK, hingga ingin berbisnis tetapi merasa modal yang dipunya kurang cukup. Jangan sampai Anda terus-terusan seperti ini.

Ada bisnis dengan modal ringan, namun keuntungan yang didapat menjanjikan. Ya, Anda bisa membuka bisnis dengan menjadi Agen Pos. Untung rugi menjadi Agen Pos selalu ada. Tetapi, jangan khawatir lagi masalah modal. Meskipun harus membangunnya dari nol di masa pandemi, tetapi bisnis ini termasuk bisnis yang prospektif.

Untung Rugi Menjadi Agen Pos
Sekecil apapun modalnya, sebesar apapun untungnya, dalam menjalankan bisnis tentu ada yang namanya untung rugi. Sebelum Anda menjadi mitra PT Pos Indonesia (Persero), ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu untung rugi menjadi Agen Pos. Tujuannya agar Anda semakin mantap dan benar-benar tahu urgensinya Anda memilih bisnis ini.

BACA JUGA:Peluang Usaha! Syarat Menjadi Agen SiCepat Beserta Keuntungannya

Keuntungan dan Manfaat yang Didapat Menjadi Agen Pos
Adanya peluang usaha keagenan dari PT Pos Indonesia, pasti memberikan keuntungan dan manfaat bagi para agennya. Sebab, agen yang sejahtera dan bisnisnya berkembang, tentu akan menyokong berkembangnya usaha kantor pos itu sendiri. Berikut keuntungan dan manfaat yang didapat menjadi mitra bisnis kiriman tertua di Indonesia.

- Keberadaan mitra sudah diakui secara luas dengan dikelola oleh PT Pos Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu.
- Dalam industri jasa pengiriman barang atau kurir, PT Pos Indonesia sudah mempunyai puluhan ribu titik layanan yang sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.
- Tanpa harus memiliki keahlian khusus atau modal yang besar, tentunya bisnis ini dapat dikelola oleh siapapun anggota masyarakat.
- Jangkauan distribusi yang dimiliki PT Pos Indonesia sangat luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
- Sharing fee yang diberikan bersifat progresif dan menarik hingga 22,5%.

Dari keuntungan dan manfaat yang didapat ketika menjadi mitra bisnis PT Pos, tertarikkah Anda untuk menekuni bisnis ini dari nol? Jika Anda serius dan tekun, Anda bisa mendapat penghasilan Rp 10 juta bahkan lebih loh per bulannya.

BACA JUGA:Tips Jitu Cara Menarik Uang di Hago Tanpa Undang Teman

Kerugian Menjadi Agen Pos
Setiap usaha yang dijalankan pasti ada sisi lemah yang membuat Anda merasa rugi. Untuk itu, demi meminimalisir risiko kerugian, ada baiknya Anda mengetahui kerugian menjadi Agen Pos terlebih dahulu dari pengalaman mitra yang sudah bergabung sebelumnya.

1. Registrasi
- Mitra tidak mendapatkan buku petunjuk atau pedoman dalam bertransaksi secara lengkap.
- Perusahaan tidak detail dalam memberikan training.

2. Layanan Counter
- Bisnisnya menggunakan sistem online. Untuk itu, ketika sedang mati listrik tentu mitra tidak dapat melakukan transaksi.
- Untuk melihat ongkos kirim atau ongkir, Anda harus masuk ke sistem terlebih dahulu. Untuk itu, apabila ada konsumen yang menanyakan ongkir ke suatu daerah di luar jam kerja, agen akan kesulitan memberikan informasi karena tidak ada buku atau data pedoman ongkir.
- Berat kiriman berdasarkan gram, bukan kilogram. Sehingga, akan membuat tarif ongkir cenderung lebih murah, namun membuat keuntungan agen sedikit.
- Manajemen PT Pos kalah bagus dengan agen jasa pengiriman lain.
- Biaya asuransi lebih murah daripada jasa pengiriman lain.

3. Layanan Pospay
- Umumnya pembelian pulsa HP elektrik atau voucher lebih mahal daripada counter-counter yang lain. Memang selisihnya tidak banyak, namun dapat membuat pandangan konsumen bahwa kantor pos itu mahal.
- Keuntungan yang didapatkan dari pembayaran PLN, Telkom, hanya berkisar di bawah Rp 700. Ini jauh dengan counter pembayaran lain yang dapat mencapai Rp 1500.
- Layanan yang diberikan kantor pos memang lebih bervariasi dan pada umumnya murah dibandingkan dengan counter pembayaran lain.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Sikapi Polemik SDN 01

Setiap perusahaan tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Ketika memutuskan menjadi mitra Pos, tentu Anda harus siap untuk merasakan untung rugi menjadi Agen Pos.

Dukungan PT Pos Indonesia Untuk Agen Pos
Ketika Anda bergabung menjadi mitra bisnis, Anda akan mendapatkan beberapa dukungan dari PT Pos Indonesia seperti:

- Pelatihan petugas.
- Instalasi software untuk aplikasi Agen Pos.
- Dukungan promosi atau pemasaran.
- Bimbingan serta panduan manajemen usaha.
- Adanya pembinaan usaha.

Jadi, sudah tidak perlu khawatir jika tidak bisa menjalankan bisnis keagenannya. PT Pos Indonesia tidak melepas agen begitu saja dalam mengembangkan bisnis dan merasakan untung rugi menjadi Agen Pos.
Tahapan Menjadi Pengelola Agen Pos

Untung rugi menjadi Agen Pos haru siap Anda terima ketika memutuskan bergabung menjadi Agen Pos. Untuk menjadi agen, tentu ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui seperti:

- Mengajukan permohonan secara tertulis kepada Kantor Pos terdekat untuk menjadi mitra agen.
- PT Pos Indonesia akan melakukan survei kelayakan usaha.
- Persetujuan atau penolakan akan diterbitkan oleh PT Pos Indonesia secara tertulis kepada pihak pemohon.
- Perikatan penyelenggaraan kemitraan dituangkan dalam bentuk perjanjian kerjasama pengelolaan mitra.
- Pelatihan serta persiapan pengoperasian agen.

BACA JUGA:Langsung Cair! Ini Dia Aplikasi Penghasil Uang Rp50 Ribu Perhari

Adapun beberapa lampiran permohonan yang harus disiapkan untuk menjadi Agen Pos sehingga dapat merasakan untung rugi menjadi Agen Pos yaitu:
- Bagi pemohon yang berbentuk badan usaha harus melampirkan Surat Keterangan Domisili Usaha, Akta Pendirian Usaha, SIUP, NPWP, Tanda Daftar Perusahaan, Identitas dari Pimpinan, Denah Calon Lokasi, Keterangan Status Lokasi dengan denah dan izin lingkungan.
- Bagi pemohon Perorangan Anda harus melampirkan Identitas Diri, Keterangan Status Lokasi dengan denah dan izin lingkungan, serta NPWP.

Agen Pos Business to Business
Produk kemitraan lain yang dihadirkan oleh Pos Indonesia untuk Anda yang ingin merasakan untung rugi menjadi Agen Pos dengan kapasitas yang lebih besar adalah Agen Pos B2B. Sesuai dengan namanya, Agen Pos yang satu ini memiliki sedikit perbedaan dalam hal kemitraan, yaitu dengan adanya minimal syarat telah mempunyai 100 outlet.

BACA JUGA:Anti Gagal, Ini Dia 7 Tips Ajukan KUR TKI Bank Mandiri Agar Tidak Gagal

Keuntungan Bergabung Menjadi Agen Pos B2B
Dengan bergabung menjadi Agen Pos B2B, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

- Memperoleh imbal jasa.
- Mudahnya dalam mengembangkan layanan keagenan, karena Pos Indonesia telah mempunyai branding yang solid yang sudah dikenal luas oleh masyarakat.
- Jaringan Pos Indonesia yang sudah tersebar di seluruh daerah di Indonesia serta layanan yang diberikan bisa sampai ke luar negeri.
- Kerahasiaan yang aman serta terjamin, karena sistem yang digunakan telah menggunakan tingkat keamanan yang tinggi, dengan protokol secure socket layer 256 bit untuk menjaga keamanan data pelanggan.
- Transaksi yang transparan. Produk ini juga mendukung good corporate governance.
- Memberi keleluasaan kepada para mitra untuk mengembangkan layanan kurir melalui outlet mitra.

Syarat Menjadi Agen Pos B2B
Beberapa persyaratan menjadi Agen Pos B2B sehingga Anda dapat merasakan untung rugi menjadi Agen Pos yaitu:
- Mempunyai sistem aplikasi dengan pola H2H yang terhubung dengan sistem Pos Indonesia.
- Sudah mempunyai banyak outlet yaitu minimal 100 outlet.
- Mempunyai captive market atau pasar potensial.
- Bersedia memberikan uang jaminan kepada rekening yang telah ditetapkan oleh Pos Indonesia.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Distribusikan Beras Subsidi SPHP ke Tingkat RT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: