Begini Cara Mendapatkan Uang dari Spotify lewat Podcast dan Playlist

Begini Cara Mendapatkan Uang dari Spotify lewat Podcast dan Playlist

Anda bisa membagikan edukasi atau berbagai pengetahuan dengan basis audio di platform ini dan berpeluang mendapatkan income tambahan.--

BENGKULUEKSPPRESS.COM - Sebagai salah satu platform streaming musik yang cukup populer di dunia, Spotify tidak hanya hadir untuk memberikan kenikmatan kepada para penggunanya untuk menikmati lagu dari berbagai artis, genre, dan negara. Akan tetapi, juga memberikan peluang kepada para pengguna untuk kerja online dan mendapatkan tambahan income tanpa perlu mengeluarkan modal. Anda bisa mendapatkan uang, bahkan saat tidur dan ditinggal bepergian.

BACA JUGA:Langsung Cair! Ini Dia Aplikasi Penghasil Uang Rp50 Ribu Perhari

Cara mendapatkan uang dari Spotify ada berbagai macam. Di artikel ini, kami akan memberikan dua tutorial untuk mendapatkan uang di Spotify, yaitu lewat podcast dan playlist.

Jika selama ini Anda hanya menikmati podcast orang lain, tidak ada salahnya untuk Anda juga mencoba menjadi podcaster di Spotify. Anda bisa membagikan edukasi atau berbagai pengetahuan dengan basis audio di platform ini dan berpeluang mendapatkan income tambahan.

Namun sayangnya, untuk mengunggah audio di Spotify, Anda harus memilih host terlebih dahulu sebagai perantaranya. Tidak seperti Youtube, setelah membuat konten Anda bisa langsung upload.  Host yang menjadi rekomendasi adalah “Anchor” yang memberikan pelayanan gratis, tanpa batasan kuota upload. Berikut tutorial cara upload audio podcast hingga cara mendapatkan uang dari podcast Spotify.

1. Registrasi Anchor
Anda harus download aplikasi Anchor terlebih dahulu atau akses via website. Lakukan registrasi Anchor menggunakan email atau Google.

2. Update Settings
Setelah masuk di Anchor, silakan klik menu “Settings” yang ada di pojok kanan atas. Jika sudah ada logo, silakan klik “Update an image” untuk cover podcast yang ingin Anda buat. Isikan “podcast name” > “podcast description” > “Category” > “Anchor profile URL” > “External website’ > “Your name” > “Your email” > “Connections” > “Save”.

BACA JUGA:Deretan Aplikasi Baca Novel Dapat Uang Tanpa Undang Teman

3. New Episode
Upload audio podcast. Jika sudah ada podcast dan ingin menambahkan podcast baru, Anda bisa langsung klik menu “New Episode”. Silakan upload audio yang tersedia di kolom upload.

4. Distribusikan Podcast
Masuk lagi di menu “Settings” dan klik “Distributions”. Perhatikan “Your RSS feed” yang berisi link podcast yang ingin Anda distribusikan. Klik linknya dan copy di Spotify for Podcaster.

5. Spotify for Podcaster
Masuk di Spotify for Podcaster. Jika belum punya akun, Anda harus registrasi terlebih dahulu. Setelah itu, klik “Spotify for Podcaster” > “Add claim your podcast” > “Get started” > Paste link podcast yang ada di poin 4 tadi di kolom “link to RSS feed”.

Spotify akan mencari link yang telah Anda masukkan tadi. Apakah sudah ada cover atau belum. Jika sudah ada, maka akan muncul di sebelah kanan halaman. Selanjutnya, Anda tinggal klik “Next”, “Next”, dan “Next”.  Spotify akan mengirim email bahwa podcast tersebut milik Anda. Untuk prosesnya setidaknya membutuhkan waktu 1-2 hari kerja.  

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Puasa Ramadhan Tanpa Sholat Wajib, Berikut Penjelasannya

Itulah tutorial untuk mendapatkan uang di Spotify lewat podcast. Anda bisa taruh audio yang telah direkam ke Anchor secara gratis dengan kuota berapapun. Sebab, ada host lain yang menyediakan layanan serupa, namun prabayar dan membatasi jumlah kuota upload.

Sedikit tips saat ingin membuat podcast, sebaiknya angkatlah tema sesuai kegemaran Anda. Misal, Anda suka dengan cerita horor, fokus pada tema tersebut. Anda bisa menceritakan pengalaman pribadi saat menghadapi situasi horor atau mengundang narasumber yang bisa menceritakan tema horor.

Penghasilan Podcaster Spotify
Upload podcast lewat Anchor cukup menarik. Sebab, Anchor sudah dibeli oleh pihak Spotify. Pihak Spotify berencana membuat podcast seperti Youtube yang bisa membayar para podcaster melalui pendengarnya. Setiap 1000 pendengar di atas 1 menit di US, podcaster akan dibayar sebesar $45. Sementara di Indonesia, setiap 1000 pendengar di atas 1 menit, podcaster akan dibayar setengahnya atau sekitar $20.

BACA JUGA:Beli Emas Pertama Kali di Aplikasi DANA, Dapatkan Bonus Cashback 10%

Menurut youtuber Willy Kun, jika Anda ingin menjadi podcaster Spotify dan mencari peluang untuk mendapatkan uang, salah satunya Anda bisa mengiklankan podcast yang telah Anda buat tersebut diluar Spotify. Anda harus upload podcast agar dikenal banyak orang dan minimal masuk di top 10 chart podcast di Indonesia. Jika sudah seperti itu, para pengiklan bisa melirik podcast Anda dan menawarkan kerjasama untuk menaruh iklan di tempat Anda dan Anda bisa mendapatkan penghasilan.

Cara Mendapatkan Uang dari Spotify lewat Playlist
Tidak ingin terlalu repot memproduksi konten podcast, Anda juga bisa mendapatkan uang dari Spotify lewat playlist yang menjadi favorit Anda. Berikut tutorial cara mendapatkan uang di Spotify lewat playlist.

1. Buat Akun
Silakan buat akun Spotify Anda terlebih dahulu. Lebih simplenya, Anda bisa langsung daftar melalui akun Google.

2. Buat Playlist
Jika sudah membuat akun, Anda bisa mulai membuat playlist. Untuk membuat playlist ini Anda tidak perlu berlangganan Spotify Premium.

BACA JUGA:Unggul dengan Kamera Beresolusi 200 MP, Segini Harga HP Realme 11 Pro+ 5G

Tutorialnya sendiri ada dua cara, melalui ponsel dan desktop. Berikut uraian singkatnya.

Ponsel
- Buka aplikasi Spotify
- Klik “Koleksi Kamu” dan ketik ikon berlogo plus (+) di bagian atas
- Isi nama playlist sesuai keinginan dan tekan “Buat”
- Pilih daftar lagu yang Anda suka dengan klik “Tambahkan lagu” untuk memasukkan lagu-lagu ke daftar playlist.

Desktop
- Buka aplikasi Spotify
- Klik “Buat Playlist” yang ada di menu sebelah kiri
- Masukkan nama dan detail lainnya, lalu klik “Simpan”
- Di kolom “Cari lagu”, silakan ketik judul maupun penyanyi yang ingin Anda masukkan ke dalam playlist
- Tekan tombol “Muat” atau “Love” untuk menambahkan lagu ke playlist.

3. Playlistpush
Setelah membuat playlist, silakan masuk di halaman Playlistpush. Bisa search di kolom pencarian Google dengan keyword “Playlistpush”.

4. Pilih Menu Kurator Daftar Putar
Setelah masuk di halaman PlaylistPush, silakan klik garis tiga yang ada di pojok kanan atas. Klik menu “Kurator Daftar Putar”.  

BACA JUGA:Dapatkan Cashback 50%, Buruan Bayar Tagihan BPJS Kesehatan di Aplikasi DANA

5. Menjadi Kurator
Baca beberapa informasi penting yang ada di menu Kurator Daftar Putar. Diantara informasi pentingnya meliputi syarat sebagai kurator, yaitu Anda harus memiliki daftar putar dengan pengikut organik nyata di Spotify dengan minimal pengikut playlist berjumlah 1000. Jika sudah yakin dan sesuai, Anda bisa klik “Menjadi Kurator”. Update selalu lagu-lagi terbaru agar pengikut playlist Anda betah berlama-lama mendengarkan playlist Anda. Dengan begitu, kucuran income pun pasti bisa Anda
dapat.  

Penghasilan Kurator Daftar Putar Spotify
Untuk penghasilan kurator Spotify, Anda bisa lihat di dashboard aplikasi ya. Sebagai gambaran, kurator daftar putar Spotify yang memenuhi syarat akan dibayar per ulasan dengan angka mencapai $15 per ulasan lagu atau sekitar Rp 225.000.

Sistem pembayaran bisa dilakukan secara instan, selama saldo sudah masuk ke dashboard aplikasi. Jadi, Anda bisa mencairkannya kapan saja ke rekening bank tujuan. Jika ingin mencairkan lewat e-wallet seperti DANA, harus melalui Paypal terlebih dahulu.

BACA JUGA:2 Unit Rumah dan 3 Motor di Kota Bengkulu Hangus Terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: