Ini Peluang Bisnis Untuk Pelajar SMP dan SMA dengan Modal Kecil

Ini Peluang Bisnis Untuk Pelajar SMP dan SMA dengan Modal Kecil

Menyandang status pelajar bukanlah suatu halangan untuk memulai sebuah bisnis. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Di zaman modern dan majunya teknologi seperti saat ini, semua orang bisa membuka usaha atau bisnis mereka sendiri dengan mudah. Bahkan, banyak juga bisnis untuk pelajar yang bisa dilakukan saat masih duduk di bangku sekolah mulai dari pelajar SMP hingga SMA/SMK.

Biasanya, mereka melakukan hal ini untuk menambah uang jajan atau memang tertarik dengan dunia bisnis. Umumnya, bisnis untuk pelajar ini dilakukan dengan metode jualan dengan beragam jenis barang atau jasa yang mereka tawarkan.

BACA JUGA:Tips Jitu Cara Berinvestasi Di Pasar Modal yang Bikin Cuan!

Selain itu, bisnis di kalangan para pelajar juga lebih mengutamakan harga jual yang terjangkau, mengingat mereka terbatas dengan uang jajan. Namun, dengan memulai bisnis ini pun para pelajar bisa mendapatkan uang jajan atau uang saku tambahan.

Banyak sekali cerita inspiratif dari kalangan muda yang sudah belajar atau memulai bisnis mereka sejak di bangku sekolah. Pengalaman di dunia bisnis atau usaha yang mereka lakukan bisa memupuk ilmu bisnis untuk pelajar sehingga dapat dikembangkan setelah dewasa nanti.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk mulai terjun ke dunia bisnis kecil-kecilan bagi para pelajar SMP hingga SMA atau SMK. Menjalankan sebuah bisnis untuk pelajar di sekolah juga bisa jadi salah satu kegiatan positif bagi para pelajar.

BACA JUGA:Cara Investasi Saham Online yang Cocok Bagi Pemula!

Dengan begitu, mereka dapat terhindar dari kenakalan remaja yang cukup mengkhawatirkan di zaman serba modern seperti saat ini. Namun, jangan sampai kegiatan bisnis untuk pelajar di lingkungan sekolah ini mengganggu aktivitas belajar mereka. Jika bisa mengatur dengan baik antara kegiatan belajar dan bisnis untuk pelajar di sekolah, maka mereka akan lebih banyak berkembang.

Hal ini karena kegiatan bisnis itu sendiri membutuhkan pemikiran yang kritis. Nah, berikut ini beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan oleh para pelajar di sekolah, antara lain:

1. Afiliasi Tiktok Shop
Tiktok sudah menjadi bagian dari kehidupan pelajar saat ini. Melalui platform tiktok pelajar dapat memperoleh tambahan pengetahuan dan untuk memberikan penghasilan tambahan melalui Tiktok Shop Affiliate. Ide bisnis untuk pelajar pertama adalah menjadi Tiktok Shop Affiliate. Cara kerjanya mudah anda hanya perlu membuat video review suatu produk dan mengajak orang lain untuk membeli produk tersebut. Produk tersebut dimiliki oleh orang lain, Anda akan memperoleh komisi jika produk tersebut terjual. Anda tidak perlu membeli produk untuk membuat vido review, anda bisa menerima sampel produk yang disediakan secara gratis.

2. Buka Jasa Joki Tugas
Ide bisnis untuk pelajar yang kedua adalah dengan menjadi joki tugas sekolah. Tugas sekolah sudah menjadi tanggung jawab pelajar yang menempuh pendidikan. Namun, dalam beberapa kondisi siswa tidak dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Syarat utama yang harus kamu miliki untuk ingin menjadi joki tugas sekolah adalah memiliki ketrampilan terkait tugas yang dikerjakan. Anda juga harus mampu meyelesaikan tugas dengan tepat waktu dengan hasil yang baik.

BACA JUGA:Nama-nama 30 Anggota DPRD Bengkulu Utara Terpilih 2024-2029

Beberapa ide joki tugas diantaranya:
- Jasa Membuat Makalah
- Jasa Membuat Laporan Praktikum
- Jasa Menyelesaikan Tugas Gambar
- Jasa Membuat Tugas Sastra seperti puisi, pantun, atau karya tulis lainnya.

3. Bisnis Jualan Pulsa dan Paket Data
Bisnis untuk pelajar yang satu ini memang sudah sejak lama berkembang di kalangan sekolah dan dijalankan oleh pelajar. Bahkan, biasanya ada lebih dari satu orang yang menjalankan bisnis pulsa dan paket data. Bisnis untuk pelajar yang satu ini banyak dipilih karena modalnya kecil dan hanya membutuhkan HP untuk melakukan transaksi. Mereka pun bukan hanya menyediakan bisnis jualan pulsa untuk teman-teman mereka, tetapi juga menerima pembelian dari guru dan perangkat sekolah lainnya.Kegiatan bisnis untuk pelajar ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk mendekatkan hubungan antara pelajar dengan pengajar maupun perangkat sekolah lainnya.
 
Namun, tentu saja harus ada kebijakan atau pengawasan dari pihak sekolah agar kegiatan bisnis para pelajar ini tidak mengganggu kegiatan utama belajar mengajar di sekolah. Bisnis untuk pelajar yang satu ini biasanya juga berlanjut hingga mereka kuliah dan menjadi mahasiswa. Selain penjualan pulsa dan paket data internet, masih banyak metode pembayaran lainnya yang bisa dijadikan bisnis seperti pembayaran BPJS, listrik, air, tiket transportasi umum dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Tanpa Ribet! Begini Cara Ajukan KUR BCA Secara Online, Simak Persyaratannya Lebih Dulu

4. Bisnis Online Shop (Reseller atau Dropship)
Meski baru menginjak usia remaja, membangun online shop juga bisa jadi bisnis untuk pelajar dan cukup menjanjikan karena sudah menemukan target pasar yang jelas. Untuk para pelajar, bisnis online shop baju tidak perlu membangun toko atau gudang barang yang tentu saja akan membutuhkan modal besar.

Bisnis ini bisa dijalankan dengan sistem reseller atau dropship, sehingga para pelajar akan berlaku layaknya seorang agen. Anda bisa menawarkan produk tertentu tanpa harus membuatnya terlebih dahulu. Namun, banyak juga lho kalangan pelajar yang cukup terampil dalam membuat kerajinan dan dijual sebagai bisnis untuk pelajar di lingkungan sekolah.

Produk yang cocok untuk dijual di area sekolah antara lain produk fashion, hijab, aksesoris, peralatan sekolah dan lain sebagainya. Produk-produk tersebut juga bisa dijual dan ditawarkan secara online melalui media sosial atau marketplace.

5. Bisnis Jualan Kue atau Makanan Ringan
Nah, salah satu bisnis untuk pelajar yang juga tak kalah populer adalah bisnis kuliner yang sudah meraja lela di berbagai kalangan. Berbicara tentang kuliner sepertinya tidak akan ada habisnya, apalagi saat ini topik kuliner juga banyak diperbincangkan.

BACA JUGA:Tanpa Ribet! Begini Cara Ajukan KUR BCA Secara Online, Simak Persyaratannya Lebih Dulu

Kondisi ini pun melahirkan banyak pelaku bisnis yang bergerak di bidang kuliner, bahkan para pelajar yang mulai berjualan kue atau makanan ringan di lingkungan sekolah. Biasanya, bisnis untuk pelajar ini dilakukan dengan menitipkan jualan mereka di kantin. Sedangkan kue atau makanan ringan yang mereka jual bisa berasal dari olahan pribadi ataupun menjual kembali produk dari luar sekolah.

Makanan ringan atau snack memang banyak diminati oleh kalangan pelajar sehingga bisnis kuliner di lingkungan sekolah akan sangat menjanjikan. Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar sehingga cocok dijadikan bisnis untuk pelajar.

6. Bisnis Print dan Fotokopi
Selain itu, ada juga bisnis untuk pelajar yang bisa dilakukan di rumah masing-masing yaitu usaha print dan fotokopi. Peluang bisnis yang satu ini bisa dilakukan bagi para pelajar yang memiliki printer lengkap sehingga bisa scan dan fotokopi juga.

Bagi yang belum memiliki modal untuk membeli printer, anda bisa mencoba mengajukan pinjaman online untuk pelajar sebagai modal membeli printer bekas.Jika belum memilikinya, mungkin bisa menabung terlebih dahulu agar bisa memulai usaha print dan fotokopi ini. Usaha ini memang cukup menjanjikan, mengingat banyaknya kebutuhan percetakan dan fotokopi dari kalangan pelajar di sekolah.

BACA JUGA:Cara Investasi Saham Online yang Cocok Bagi Pemula!

Anda bisa mulai menawarkan jasa print dan fotokopi kepada teman-teman sekelas hingga ke seluruh lingkungan sekolah. Bisnis ini juga cukup mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu menerima file milik teman dan mulai mencetak atau fotokopi sesuai dengan permintaan.

Selain menguntungkan, bisnis untuk pelajar yang satu ini juga sangat membantu teman-teman Anda dalam menyelesaikan tugas mereka karena tidak perlu repot-repot mencari tempat print dan fotokopi.Selain itu, waktunya juga cukup fleksibel atau 24 jam dan lebih mudah dihubungi oleh teman-teman Anda.

7. Bisnis Endorse Instagram
Di zaman sekarang, ada banyak sekali bisnis untuk pelajar yang bisa dilakukan dengan mudah dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat. Salah satu profesi yang cukup trend saat ini adalah menjadi influencer atau endorser dan memiliki pengaruh terhadap masyarakat.

Jika Anda cukup populer di sekolah, maka tidak ada salahnya untuk mulai membangun image di media sosial untuk menarik perhatian perusahaan yang membutuhkan endorse. Menjadi endorser maupun influencer memang tidak mudah, namun bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan pelajar sekalipun.

Poin yang paling penting dalam menjalankan bisnis ini adalah dapat mengatur dan membagi watu dengan baik antara belajar di sekolah dengan kegiatan bisnis untuk pelajar.Untuk menjadi endorser, Anda harus memiliki pengikut atau follower yang cukup banyak di media sosial. Selain itu, harus pandai dalam menyampaikan informasi dan komunikatif agar pesan dapat tersampaikan dengan baik.

BACA JUGA:Wujudkan Mimpi Usahamu! Tips Cara Pinjam Uang Di Aplikasi Gojek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: