Mau Investasi Saham yang Tepat dan Aman? Ini Rahasianya

Mau Investasi Saham yang Tepat dan Aman? Ini Rahasianya

bagi seseorang yang baru terjun ke dunia investasi tentunya harus menganalisis pergerakan untuk nantinya dapat menentukan kapan saja waktu yang tepat dalam melakukan transaksi saham.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi Anda yang masih termasuk dalam usia produktif dan sedang memikirkan bagaimana keuangan di masa depan, investasi dapat menjadi solusi yang tepat untuk menjamin keuangan di masa tua Anda. Salah satu jenis investasi yang akan dibahas pada kali ini adalah investasi saham.

Memilih investasi saham
Namun, dalam memilih saham tentunya Anda perlu memperhatikan beberapa faktor penting seperti pengetahuan dasar dan juga resiko yang harus dihadapi. Pengetahuan dasar yang harus diketahui antara lain seperti kondisi keuangan perusahaan saham dan juga pemantauan pergerakan harga saham. Selain itu Anda juga dapat memperhatikan pola grafik yang dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan.

BACA JUGA:Wujudkan Mimpi Usahamu! Tips Cara Pinjam Uang Di Aplikasi Gojek

Seseorang yang melakukan investasi disebut sebagai investor. Nah, investor sendiri harus memiliki pemahaman yang baik tentang faktor-faktor tersebut dengan melakukan riset yang cukup sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam suatu saham tertentu. Namun untuk Anda yang baru pertama kali masuk dalam dunia investasi, sebelum membahas terkait trik dan tipsnya, berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu investasi saham.
Mengenal Investasi Saham

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang dikenal dengan resikonya yang cukup tinggi. Namun, disamping itu saham juga memberikan potensi keuntungan yang tinggi jika diperjual belikan secara baik.

Investasi saham menjadi pilihan yang menarik bagi para investor yang ingin menambah penghasilan jangka panjang untuk masa depan. Namun, dalam tanda kutip Anda juga harus siap untuk mengambil risiko yang ada.

BACA JUGA:Ajukan Pinjaman Uang di Aplikasi Lazada untuk Modal Usaha

Trik dan Tips dalam Memilih Investasi Saham
Sebelum Anda menentukan pilihan dalam melakukan investasi saham, dalam hal ini investor tentunya harus memahami secara dasar bahkan secara seluk-beluk mengenai perdagangan saham. Selain itu investor juga harus mengetahui apa saja trik dan tips yang dapat dilakukan ketika melakukan investasi pada saham.

1. Mengetahui dan Memahami Dasar dari Investasi
Bagi seseorang yang baru pertama kali masuk kedalam dunia investasi tentunya harus memahami apa saja dasar-dasar dari investasi. Investasi sendiri jika dibayangkan oleh orang awam tentunya akan memberikan gambaran yang sulit, rumit, dan menakutkan. Padahal jika Anda sudah mengetahui dan mempelajari secara dasar saja, maka Anda akan langsung terbiasa.

Hal pertama yang harus Anda pelajari yaitu dengan mengetahui apa itu pengertian dari investasi, saham, dan beberapa istilah yang mungkin akan digunakan ketika Anda berinvestasi. Dalam hal ini Anda dapat mengetahuinya melalui buku, webinar, atau platform yang terpercaya.

2. Melakukan Analisis Pergerakan Saham
Setelah Anda mempelajari dan mengetahui apa itu pengertian saham beserta istilah-istilahnya, kemudian ada juga langkah yang dapat Anda lakukan. Langkah yang dimaksud ini adalah dengan memantau atau menganalisis secara langsung bagaimana pergerakan dari saham.

BACA JUGA:Begini Cara Beli Saham Gudang Garam untuk Pemula

Pergerakan saham sendiri dapat dikatakan bergerak secara cepat. Maka dari itu , bagi seseorang yang baru terjun ke dunia investasi tentunya harus menganalisis pergerakan untuk nantinya dapat menentukan kapan saja waktu yang tepat dalam melakukan transaksi saham.

Kemampuan menganalisis ini tentunya harus selalu diasah, pasalnya analisis ini dapat membantu dalam menentukan hasil tingkat keberhasilan dari berinvestasi. Untuk menjadi analis saham yang hebat, tentunya memerlukan waktu adaptasi yang terbilang cukup lama. Waktu yang lama tersebut bukan hanya dilakukan dengan analisis biasa, namun juga ikut terjun langsung dalam proses investasi saham.

Pasalnya dalam analisis pergerakan saham ini, nantinya akan banyak teknik-teknik yang digunakan. Sebelum melakukan investasi tentunya Anda harus memahami bagaimana cara menganalisis pergerakan saham karena nantinya setiap saham akan terus berubah ubah setiap waktunya.

3. Menentukan Tujuan Berinvestasi
Memiliki tujuan dalam berinvestasi tentunya akan membantu Anda agar tetap fokus untuk menjalani dan meniatkan proses investasi saham. Dalam perencanaan investasi saham, penting untuk menentukan jangka waktu tujuan finansial yang ingin dicapai. Jangka waktu yang digunakan dapat berbeda-beda tergantung pada tujuan finansial yang ingin dicapai. Anda dapat menentukan tujuan yang dimaksud seperti jangka pendek, menengah, atau panjang.

BACA JUGA:Cocok untuk Milenial! Menabung Saham di BCA Sekuritas yang Mudah

4. Mencari dan Menentukan Perusahaan Sekuritas
Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang menyediakan layanan investasi kepada individu atau perusahaan. Dalam hal ini Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya dan terjamin dari segi keuangannya.

Berikut poin yang dapat membantu Anda ketika menentukan perusahaan sekuritas:
- Pastikan perusahaan sekuritas tersebut memiliki reputasi yang baik pada pasar dan telah berjalan selama beberapa tahun.
- Pastikan perusahaan sekuritas tersebut menyediakan layanan yang dibutuhkan, seperti konsultasi, analisis pasar, dan juga platform trading yang user-friendly.
- Perhatikan biaya transaksi yang dibebankan oleh perusahaan sekuritas, pasalnya hal ini dapat mempengaruhi keuntungan yang akan didapat dari investasi saham.
- Terakhir, perhatikan kualitas dari pelayanan perusahaan sekuritas. Kualitas pelayanan yang baik akan menjamin transaksi Anda dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Ruwahan Sebelum Ramadhan? Berikut Penjelasan Buya Yahya

5. Berinvestasi Pada Saham yang Terindeks LQ45 Atau IDX30
Untuk Anda yang masih pemula dan ingin menjaga keamanan dari investasi saham dengan risiko yang rendah, Anda sebaiknya dapat memulai investasi pada saham yang sudah terdaftar atau terindeks dalam LQ45/IDX30. Saham-saham yang telah terdaftar dalam daftar tersebut memiliki likuiditas yang tinggi, sehingga memudahkan dalam melakukan jual beli saham. Selain itu, mayoritas perusahaan yang terdaftar dalam indeks tersebut juga memiliki landasan fundamental yang baik, yang mana akan lebih stabil dan memiliki risiko yang rendah dibandingkan dengan saham lainnya.

6. Investasi Saham yang Memiliki Hubungan dengan Orang Banyak
Maksud dari poin ini adalah dengan memilih investasi saham pada produk atau jasa yang sering digunakan atau dikonsumsi orang banyak dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya pada perusahaan yang bergerak dalam sektor barang konsumsi. Saham perusahaan pada sektor ini sangat disarankan untuk diinvestasikan karena produk-produk yang mereka edarkan sudah menjadi kebutuhan dasar bagi banyak orang. Dengan banyaknya peminatan ini maka saham pada perusahaan ini nantinya dapat diprediksi akan lebih stabil.

BACA JUGA:Bidang Usaha Pertanian dan Peternakan yang Bisa Jadi Peluang Bisnis

7. Membeli Saham Ketika Harganya Turun
Membeli saham ketika harganya turun dikenal dengan istilah “beli saham di harga rendah”. Hal ini dapat menjadi strategi yang menguntungkan dalam tujuan jangka panjang, karena Anda dapat membeli pada harga yang rendah daripada harga pasar saat ini, yang mana kemungkinan akan naik di masa depan.

Namun tentunya Anda perlu memperhatikan beberapa hal ketika ingin membeli saham di harga rendah ini. Karena sejatinya kita tidak dapat menentukan apakah nilai dari saham tersebut nantinya akan turun ataupun naik jika tanpa adanya analisis yang mendalam. Nah itu dia trik dan tips bagaimana cara memilih saham yang tepat dalam berinvestasi. Selain trik dan tips tentunya Anda memerlukan dasar-dasar dan juga analisis yang baik dalam berproses, semoga bermanfaat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: