Begini Langkah Cara Import Barang dari China Skala Kecil

Begini Langkah Cara Import Barang dari China Skala Kecil

Melakukan import produk dari China bisa memberikan banyak keuntungan, apalagi kalau bisnis Anda berskala kecil dan tergolong baru. --

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam import barang dari China
Proses import bukanlah proses yang cepat dan mudah, sehingga harus dilakukan secara teliti. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara impor barang dari China bagi pemula, yaitu sebagai berikut.

1. Legalitas barang yang diimpor
Para pelaku bisnis harus memastikan bahwa barang yang akan diimport sesuai dengan regulasi dan hukum yang berlaku di negara tujuan.  Hal ini termasuk memeriksa apakah produk tersebut memenuhi standar keamanan, kualitas, dan lingkungan yang ditetapkan oleh badan pemerintah di negara tujuan. Pastikan bahwa barang yang diimport tidak melanggar hak cipta atau paten dari pemegang hak atas barang tersebut.

2. Pemilihan supplier atau pemasok
Pilihlah supplier yang terpercaya dan telah memiliki pengalaman dalam melakukan bisnis import barang dari China skala kecil. Pastikan bahwa supplier tersebut memiliki reputasi yang baik dan memiliki kualitas produk yang baik pula. Para pelaku bisnis juga harus memeriksa apakah supplier tersebut telah memiliki sertifikasi atau lisensi yang diperlukan.

BACA JUGA:Bolehkan Ziarah Kubur Sebelum Ramadhan? Berikut Penjelasan Buya Yahya dan Ustadz Abdul Somad

3. Estimasi biaya impor
Para pelaku bisnis juga harus memperhatikan biaya yang dikeluarkan dalam melakukan import barang dari China skala kecil, seperti biaya transportasi, biaya bea masuk, dan biaya lainnya. Pastikan bahwa biaya yang dikeluarkan masih dalam batas yang dapat ditoleransi agar tidak merugikan keuangan perusahaan.

4. Durasi pengiriman barang
Anda juga harus memperhatikan waktu pengiriman barang yang dipesan. Pastikan bahwa waktu pengiriman sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan tidak mengganggu jadwal produksi dan pemasaran bisnis.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: