Begini Langkah Cara Import Barang dari China Skala Kecil

Begini Langkah Cara Import Barang dari China Skala Kecil

Melakukan import produk dari China bisa memberikan banyak keuntungan, apalagi kalau bisnis Anda berskala kecil dan tergolong baru. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi pemilik bisnis kecil, menentukan pemasok yang tepat sangatlah penting. Pemasok haruslah terjamin berkualitas namun memiliki harga yang terjangkau supaya bisnis tetap bisa berjalan baik.  Sebagai pebisnis, Anda bisa mempertimbangkan untuk memasok produk dari China secara import. Import barang dari China semakin populer belakangan ini, terutama bagi pelaku bisnis skala kecil yang ingin memperluas bisnis mereka dengan harga yang terjangkau.

Namun, import barang dari China juga memiliki risiko dan tantangan tersendiri. Supaya tidak salah langkah, sebaiknya cari tahu dulu bagaimana cara import barang dari China untuk bisnis skala kecil.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Aplikasi Transfer Uang yang Bagus dan Aman di Indonesia

Mengapa import barang dari China?
China telah menjadi salah satu produsen barang terbesar di dunia. Banyak produk-produk yang diproduksi di sana memiliki kualitas yang baik dengan harga yang relatif murah.  Ditambah lagi, China juga terkenal cerdas dalam memproduksi barang replika atau tiruan dari merek mewah tertentu. Produk-produk tiruan tersebut sering dicari oleh orang-orang yang ingin membeli barang serupa dengan harga lebih terjangkau.

Selain itu, proses import barang dari China cukup mudah dilakukan, terlebih bagi para pebisnis skala kecil yang memiliki pengetahuan tentang cara import barang dari China secara aman.

Keuntungan import barang dari China untuk bisnis skala kecil
Melakukan import produk dari China bisa memberikan banyak keuntungan, apalagi kalau bisnis Anda berskala kecil dan tergolong baru. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapat:

BACA JUGA: Bingung Mengatur Uang Gaji 2 Juta Sebulan supaya Hemat? Begini Caranya

1. Harga lebih terjangkau
Harga yang terjangkau menjadi salah satu keuntungan utama dalam import barang dari China. Dengan membeli langsung dari produsen di sana, pelaku bisnis dapat memperoleh produk dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan jika membeli di pasar lokal. Hal ini tentu saja akan membantu para pelaku bisnis untuk menjual produk mereka dengan harga yang lebih bersaing di pasar dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

2. Kualitas produk terjamin
Kualitas produk yang ditawarkan di China juga patut diacungi jempol. Produk-produk yang dihasilkan di sana umumnya memenuhi standar internasional dan telah dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia.  Hal ini tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku bisnis yang ingin menyediakan produk berkualitas tinggi bagi pelanggan mereka. Calon pembeli tidak akan ragu dengan kualitas dari barang yang dijual karena sudah percaya dengan kualitas buatan China.

BACA JUGA:Dijamin Hemat! Cara Jitu Mengatur Keuangan Anak Kos

3. Produk lebih beragam
China terkenal sebagai produsen barang yang beragam jenisnya, mulai dari produk elektronik, tekstil, furnitur, hingga aksesoris dan fashion. Dengan memiliki akses ke beragam jenis produk, para pelaku bisnis dapat memperluas pasar mereka dan menawarkan produk yang lebih bervariasi kepada calon pembeli nantinya.

4. Potensi keuntungan lebih besar
Dengan memperoleh barang yang lebih murah, para pelaku bisnis dapat menjualnya kembali dengan harga yang lebih bersaing di pasar lokal atau memperoleh keuntungan yang besar. Namun, perlu diingat bahwa dalam melakukan import barang, para pelaku bisnis juga perlu memperhatikan biaya-biaya yang perlu dikeluarkan, seperti biaya logistik dan bea masuk, untuk menghitung potensi keuntungan yang akan diperoleh.

BACA JUGA:Dijamin Hemat! Cara Jitu Mengatur Keuangan Anak Kos

Cara import barang dari China ke Indonesia
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan saat akan melakukan import produk. Berikut ini langkah-langkah cara import barang dari China skala kecil.

1. Cari pemasok barang
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari pemasok. Temukan pemasok barang di China yang menyediakan produk yang ingin diimport. Saat ini, mencari pemasok tidaklah sulit, bisa dengan mengunjungi marketplace dalam negeri maupun luar negeri. Contoh marketplace China yang sering menjadi pilihan adalah 1688, Taobao, Alibaba, dan Aliexpress.

Kalau sudah menemukan pemasok yang cocok, jangan langsung melakukan pembelian begitu saja. Pastikan dulu bahwa pemasok tersebut terpercaya, berkualitas, dan bukan penipu. Lakukan riset dengan mencari tahu identitas pemasok dan membaca ulasan dari pembeli sebelum-sebelumnya.

BACA JUGA:HP Xiaomi Sering Muncul Iklan Bikin Ganggu Aktivitas, Begini Cara Menghilangkannya

2. Negosiasi harga dan pembayaran
Apabila sudah yakin dengan pemasok yang dipilih, mulai lakukan negosiasi harga. Biasanya, semakin banyak barang yang dibeli, harganya bisa semakin murah. Negosiasikan mengenai hal ini supaya Anda bisa membeli stok dengan harga semurah mungkin.

Jika sudah, maka bisa melakukan pembayaran. Bila transaksi dilakukan lewat marketplace, biasa pembayaran bisa melalui marketplace yang sama. Pembayaran pada marketplace China umumnya menggunakan Alipay dan WeChat, ada juga yang menyediakan pembayaran menggunakan PayPal atau dengan Credit/Debit Online.

3. Urus dokumen ekspor impor
Dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk import barang dari China bisa beragam, tergantung pada jenis barang yang akan diimport dan hukum yang berlaku di negara tujuan. Izin import diperlukan untuk memastikan bahwa barang yang diimport memenuhi hukum yang berlaku di negara tujuan.

BACA JUGA:Tips Belanja Online Murah di Bulan Maret, Ikuti Caranya!

Pemberitahuan import barang juga penting karena dokumen ini berfungsi sebagai notifikasi resmi bagi pihak otoritas bea dan cukai tentang adanya barang yang akan diimport. Selain itu, terdapat pula dokumen-dokumen terkait lainnya yang perlu dipenuhi, seperti sertifikat kualitas produk, surat izin import, dan surat keterangan asal barang.

Proses pengurusan dokumen import bisa memakan waktu yang cukup lama, terutama jika ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku bisnis untuk mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut dengan matang.

4. Pilih jasa pengiriman barang
Langkah selanjutnya adalah memilih jasa pengiriman barang yang tepat. Pilihlah jasa ekspedisi China Jakarta yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam mengirimkan barang dari China ke negara tujuan. Selain itu, perhatikan juga biaya pengiriman yang dikenakan dan bandingkan dengan jasa pengiriman lainnya untuk memastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas layanan yang diberikan.

Layanan tambahan yang diberikan seperti jasa pembayaran ke China, pengurusan dokumen ekspor import, dan pengurusan bea cukai, menjadi nilai tambah suatu jasa ekspedisi.

BACA JUGA:Ini Dia 25 Anggota DPRD Hasil Pleno KPU Bengkulu Selatan, Istri Bupati Berpeluang Jabat Ketua DPRD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: