Ide Usaha Rumahan yang Bisa Jadi Cuan di Bulan Ramadhan

Ide Usaha Rumahan yang Bisa Jadi Cuan di Bulan Ramadhan

Anda bisa menjual aneka makanan dan minuman manis yang menyegarkan sebagai usaha rumahan di bulan Ramadhan--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Di zaman sekarang, memanfaatkan momen Ramadhan untuk menambah cuan tidak harus keluar rumah.  Bagi pelaku usaha lama yang usahanya tidak bisa buka saat Ramadhan, jangan khawatir. Karena, kami akan memberikan ide usaha rumahan di Bulan Ramadhan yang bisa Anda coba.

Begitupun ide ini bisa Anda terapkan, jika Anda termasuk pelaku usaha baru dan dadakan di bulan yang penuh berkah ini. Dari rumah hunian, bermodal ringan dan bisa menambah cuan.Penasaran apa saja de usaha rumahan di bulan Ramadhan yang akan kami ulas? Cek artikel ini sampai tuntas.

Banyak yang bertanya tentang ‘jualan apa di Bulan Ramadhan?’. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada banyak ide usaha rumahan di Bulan Ramadhan yang bisa Anda eksekusi. Mulai dari jajanan ringan, makanan berat, hingga barang-barang yang dibutuhkan di bulan mulia ini.

BACA JUGA:Dilengkapi Kamera 50MP yang Mengagumkan, Ini Spesifikasi dan Harga Samsung M33

1. Takjil
Siapa yang tidak mengenal takjil? Semuanya pasti mengenal takjil dan memang takjil lah yang ditunggu-tunggu bagi umat Muslim untuk berbuka puasa. Dalam bahasa Arab, takjil artinya menyegerakan untuk berbuka. Dulu, Rasulullah selalu menyegerakan berbuka saat waktunya tiba dengan minum air putih atau memakan kurma. Nah, akhirnya dari tradisi ini, muncul anjuran untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis, seperti halnya menu-menu takjil. Anda bisa menjual aneka makanan dan minuman manis yang menyegarkan sebagai usaha rumahan di bulan Ramadhan. Seperti kolak pisang, bubur sumsum, biji salak, sup buah, es kopyor, dan lain sebagainya.

2. Katering Makanan Berbuka dan Sahur
Walau Anda ingin memanfaarkan momen Ramadhan untuk membuka usaha dari rumah, tetapi Anda harus melihat apakah lingkungan sekitar Anda support atau tidak jika Anda membuka usaha catering. Karena, usaha ini biasanya akan sangat laris jika Anda tinggal di kota yang notabene warganya sibuk atau di sekitar kos mahasiswa. Sementara, jika Anda tinggal di kampung, ide usaha ini kurang cocok Anda jalankan.

3. Kurma
Dari penjelasan sebelumnya juga telah kami jelaskan, bahwa Rasulullah menyegerakan berbuka dengan memakan kurma. Berarti, kurma ini menjadi  makanan ringan sekaligus sunah puasa bagi orang yang menjalankan. Karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim, ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Pasti akan banyak orang yang membeli kurma untuk meneladani sunnah Rasulullah. Selain itu, kurma juga mengandung 60-70% gula dan serat tinggi, sebagai makanan penambah energi setelah seharian berpuasa.

BACA JUGA:Ini Dia Syarat dan Jenis Pinjaman KSP Nasari Terbaru

4. Buah-Buahan
Ide usaha rumahan di Bulan Ramadhan selanjutnya adalah buah-buahan. Anda bisa menjual aneka buah dari rumah untuk masyarakat sekitar. Lantaran, buah bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Saat Anda berniat menjual buah dari rumah, carilah supplier dan buah yang berkualitas. Karena, buah tidak bisa bertahan lama. Dan lebih baik lagi, jika Anda menjual buah yang memang menjadi favorit saat bulan puasa agar peluang terjualnya semakin besar, diantaranya timun suri, pisang, kolang-kaling, kurma, labu kuning, blewah dan kelapa.

5. Aneka Kue Kering dan Snack Kiloan
Menjual kue kering dan snack kiloan saat masih puasa memang lakunya lebih sedikit. Tetapi, saat menjelang lebaran nanti, peluang laku aneka kue kering dan snack kiloan akan semakin besar. Biasanya orang-orang akan membeli untuk hidangan saat lebaran nanti atau mengirim dalam bentuk hampers kepada kerabat dan teman. Jadi, jika Anda memiliki bakat untuk membuat kue kering dan snack kiloan, asahlah untuk mengubah bakat menjadi cuan. Pun jika Anda sebagai pemula dan ingin belajar membuat kue kering, belajarlah mumpung momen lebaran masih lama.

BACA JUGA:Simulasi Pinjaman Kredit Bank Aceh 2024 Plafon Hingga 500 Juta

6. Jasa Custom Toples, Amplop
Kurang lengkap rasanya jika suguhan dalam toples memiliki rasa enak, tetapi tampilan toples yang digunakan ala kadarnya. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka jasa custom toples agar tampilan meja tamu pelanggan semakin cantik dan menarik dengan toples-toples yang cantik pula.

7. Jasa Penukaran Uang
Menjelang lebaran, banyak orang mencari jasa penukaran uang untuk menukarkan uang dengan nominal besar ke uang dengan nominal kecil. Meskipun kondisinya pandemi, jasa penukaran uang ini masih banyak dicari oleh masyarakat. Anda bisa memanfaatkan jasa penukaran uang untuk usaha rumahan di bulan Ramadhan. Namun, demi meminimalisir rantai penyebaran virus, hanya tetangga-tetangga sekitar saja atau yang daerahnya hijau yang dianjurkan.

Menurut pengamat sekaligus praktisi ekonomi syariah, Irfan Syauqi Beik dari IPB, hukum penukaran uang dalam Islam diperbolehkan, asal prinsipnya mencakup dua hal. Pertama, nilai tukarnya harus sama besar, jika menukar uang Rp 100.000, maka uang yang dibayarkan juga Rp 100.000. Kedua, transaksi tukar-menukarnya harus di lokasi (on the spot).

Karena dalam praktiknya, masih banyak dijumpai tukar menukar uang Rp 100.000 dengan Rp 110.000. Meskipun Rp 10.000 dikatakan dalih jasa uang, dalam Islam Rp 10.000 ini bisa termasuk riba dan haram. Jangan sampai amalan Ramadhan menjadi pupus akibat menghalalkan praktik seperti ini.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Buka Lowongan untuk 60 Orang, Diberi Pelatihan Menjahit dan Langsung Kerja

8. Parsel
Merintis bisnis parsel bisa berpeluang mendapatkan cuan jutaan, loh. Pasalnya, lebaran menjadi momen spesial bagi umat Muslim merayakan kemenangan di momen Ramadhan. Nah, biasanya ditandai dengan saling mengirim parsel untuk kerabat dan teman. Jika kreativitas Anda tinggi dan menghasilkan parsel menarik pada momen Ramadhan ini, maka bisa menjadi bekal untuk terus membuka bisnis parsel di kemudian hari, tidak hanya menjadi bisnis musiman.

9. Baju Lebaran
Menjual baju lebaran saat Ramadhan bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Banyak orang membeli baju baru untuk lebaran. Tak jarang, satu keluarga pun mengenakan baju yang sama. Karena trend baju itu dinamis, Anda harus meriset model terbaru jika ingin jualan laku. Serta menawarkan baju ‘family package’ sebagai strategi penjualan yang semakin banyak.

10. Perlengkapan Ibadah
Membuka usaha rumahan di Bulan Ramadhan yang satu ini bisa menjadi investasi amal jariyah Anda, loh. Kenapa? Karena yang Anda jual adalah perlengkapan ibadah. Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, bulan dilipatgandakan pahala. Jika si pelanggan membeli dagangan Anda untuk ibadah, Anda sebagai perantara akan kecipratan pahalanya juga. Menarik kan? Untungnya bukan hanya cuan, tapi juga pahala.

BACA JUGA:Agar Segera Memiliki Momongan, Amalkan 4 Doa Meminta Keturunan Berikut

11. Jual Produk Kecantikan
Kebayang tidak jika kami menawarkan usaha rumahan di Bulan Ramadhan dengan berjualan produk kecantikan? Mungkin kebayang, mungkin tidak. Anda bisa menjual produk kecantikan untuk membantu perempuan-perempuan yang kurang perhatian dengan kesehatan kulit wajah. Walau di rumah saja, merawat kulit wajah harus dilakukan. Apalagi jika ingin tampil cantik di hari lebaran.

Sebaiknya, pilihlah produk kecantikan yang tidak hanya terjangkau harganya, tetapi juga halal dan thoyyib saat digunakan. Karena, banyak produk kecantikan yang bahkan tidak memiliki logo halal di pasaran. Itulah ide usaha rumahan di Bulan Ramadhan yang bisa Anda jalankan. Meskipun Anda tidak memiliki modal, tidaklah mengapa. Asal Anda serius, melalui dropship, reseller, atau sistem yang bermodal Rp 0 pun bisa untung banyak. Namun, memang biasanya keseriusan usaha juga dinilai dari seriusnya Anda mengeluarkan modal. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: