Begini Cara Mudah Memindahkan Saldo E Money ke Rekening atau E-Wallet

Begini Cara Mudah Memindahkan Saldo E Money ke Rekening atau E-Wallet

cara memindahkan saldo e Money secara mandiri ini fleksibel dan bisa dilakukan kapan saja--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tertarikkah Anda untuk mencairkan saldo e-money ke rekening pribadi? Bagi sebagian orang, tentu jawabannya iya. Apalagi jika memang memiliki saldo e-Money yang jarang dipakai, sementara kebutuhan diluar itu banyak. Jadi, mau tidak mau harus mencari cara memindahkan saldo e Money ke rekening.

Sebab, pada dasarnya cara tarik saldo e-money ke rekening itu memang tidak ada. Saldo e-Money hanya bisa digunakan untuk transaksi pembayaran top up pulsa, e toll, tiket, listrik, jasa pembayaran lain, hingga berbelanja barang fisik ke merchant rekanannya, seperti Indomaret.  Bukan untuk dicairkan.

BACA JUGA:Pinjaman Koperasi Jaminan Jamsostek 2024 Langsung Cair

Cara Memindahkan Saldo E Money ke Rekening dan E Wallet
Akan tetapi tenang saja, masih ada cara mencairkan saldo e Money yang bisa Anda coba. Cara ini works berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi, semoga juga works untuk Anda ya!
Cara Memindahkan Saldo e Money ke Rekening
Cara Memindahkan Saldo E Money

Cara pertama yang bisa Anda coba terapkan adalah dengan langsung memindahkan saldo e Money ke rekening pribadi. Ikuti tutorialnya berikut:
- Cari toko terdekat yang menerima pembayaran e-Money menggunakan mesin EDC
- Pastikan mesin EDC sesuai dengan bank yang tertera pada kartu e-Money Anda
- Selanjutnya, mintalah kepada pihak toko atau kasir untuk melakukan gestun e-Money
- Pihak toko atau kasir akan memproses transaksi Anda. Jadi tunggulah beberapa saat
- Jika sudah, silakan Anda tap kartu e-Money di mesin EDC tersebut
- Saldo e-Money akan terpotong dan Anda bisa meminta kepada pihak kasir untuk mentransfer ke rekening atau menarik uang secara tunai
- Selesai.
Jika memilih menggunaka cara ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar 5% dari nominal e-Money yang ingin Anda transfer ke rekening atau cairkan.

BACA JUGA:Begini Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman Briguna

Cara Memindahkan Saldo e Money ke DANA
Dengan cara ini, Anda tidak harus datang ke bank dan mengantri dengan nasabah lain. Cukup melalui aplikasi e-wallet dan gerai Indomaret, Anda sudah bisa mencairkan saldo e Money secara mandiri lewat ATM. Berikut tutorialnya:

Penting: Pastikan tidak salah ngomong saat di Indomaret untuk bilang top up Bukalapak menggunakan E Money. Jangan bilang top up DANA menggunakan E Money, karena pasti akan dijawab tidak bisa.

- Anda harus sudah memiliki satu akun Bukalapak premium dan satu akun DANA premium dan tersinkron satu sama lain.
- Buka aplikasi Bukalapak > pilih semua menu/top up dan isi pulsa > pilih Top Up Dana > masukkan nominal yang ingin Anda Top Up. Pastikan saldo Anda masih mencukupi ya.
- Jika sudah, klik lanjutkan pembayaran. Ada banyak metode pembayaran yang bisa Anda pilih, salah satu tutorial ini menggunakan gerai Indomaret.
- Jadi, Anda klik gerai Indomaret > klik gunakan metode ini > klik bayar dengan gerai.
- Silakan menuju Indomaret. Di Indomaret, Anda bisa bilang ingin bayar tagihan Bukalapak menggunakan E-Money > tunjukkan kode pembayaran ke kasir, maka kasir akan melakukan transaksi.
- Jika sudah terbayar, Anda akan mendapat dua struk. Satu struk Indomaret dan satu lagi struk E-Money.
- Cek saldo DANA. Maka, saldo DANA akan bertambah.
- Anda bisa transfer ulang saldo DANA ke rekening pribadi BCA, BRI, atau lainnya. Lihat bagian saldo DANA > klik kirim > pilih rekening tujuan > masukkan nominal yang ingin Anda kirim > masukkan PIN >  transaksi berhasil.
Cara ini juga bisa digunakan untuk E-Wallet lain selain DANA seperti Shopee Pay dan OVO.

BACA JUGA:Biar Tahu! Begini Cara Menghitung Angsuran Bank Per Bulan

Cara Memindahkan Saldo e Money ke ShopeePay
Penting: Jangan bilang top up ShopeePay menggunakan E Money, karena pasti akan dijawab tidak bisa. Setelah ditanya ingin bayar pakai apa? baru Anda menjawab menggunakan E-Money.

- Buka Aplikasi ShopeePay : Pertama-tama, pastikan kalian telah mengunduh dan membuka aplikasi ShopeePay.
- Isi Saldo atau Top Up : Setelah masuk ke aplikasi ShopeePay, pilih menu “Isi Saldo” atau “Top Up.” Menu ini dapat ditemukan di beranda atau halaman utama Shopee.
- Pilih Metode Pembayaran : Di bagian menu Isi Saldo, kalian akan diberikan berbagai pilihan metode pembayaran. Pilih opsi “Indomaret” sebagai metode pembayaran.
- Kunjungi Toko Indomaret : Setelah memilih metode pembayaran “Indomaret,” kalian akan diberikan instruksi lebih lanjut. Kunjungi toko Indomaret terdekat untuk melanjutkan proses ini.
- Berikan Kode Transaksi : Di toko Indomaret, berikan kode transaksi yang terdapat pada aplikasi ShopeePay kepada kasir.
- Lakukan Pembayaran : Setelah memberikan kode transaksi, lakukan pembayaran sesuai dengan petunjuk dari kasir. Gunakan saldo e-money kalian untuk membayar transaksi top up.
- Transfer Saldo ShopeePay ke Rekening Bank : Setelah pembayaran berhasil, saldo kalian akan masuk ke akun ShopeePay. Selanjutnya, dari halaman utama aplikasi ShopeePay, pilih opsi “Transfer” atau “Kirim Uang.”
- Masukkan Detail Transfer Pada halaman Transfer, masukkan detail transfer, termasuk jumlah saldo yang ingin kalian transfer dan nomor rekening bank kalian sendiri.
- Konfirmasi Transfer : Setelah memasukkan detail transfer dengan benar, konfirmasikan transaksi. Pastikan sekali lagi semua informasi sudah benar sebelum melanjutkan. Setelah transaksi berhasil, saldo akan ditransfer dari ShopeePay ke rekening bank kalian.

BACA JUGA:Ini Dia 10 Syarat Kredit Handphone di Home Credit Terbaru

Itulah ketiga cara memindahkan saldo e Money ke DANA atau Rekening bank tanpa ribet dan bisa dilakukan tanpa bantuan pihak ketiga.

Keluhan Nasabah tentang e Money
Seperti yang Anda tahu, Mandiri e Money atau sering disebut dengan e Money adalah alat pembayaran berupa kartu elektronik dan/atau bentuk lainnya yang diterbitkan oleh Bank Mandiri, dengan dasar nilai uang harus disetorkan terlebih dahulu.

Untuk top up memang bisa dilakukan dengan banyak cara. Namun, cara untuk tarik saldo e money ke DANA atau aplikasi dompet digital lain, tidak ada. Dalam aplikasi CS Mandiri sendiri, hanya ada tiga menu untuk keluhan nasabah tentang e Money, diantaranya:

1. Saldo Bisa Dicairkan, Tapi?
Ya, keluhan pertama adalah tentang bisa tidaknya saldo e Money dicarikan. Ada memang cara memindahkan saldo e-money ke rekening BCA atau rekening lain, tapi dengan syarat e-money yang Anda miliki harus ditutup atau e Money tersebut tidak akan pernah bisa dipakai lagi setelah pencairan. Meskipun penutupan ini tidak dikenai biaya, tapi sayang sekali bukan jika harus kehilangan 16 nomor dari kartu e Money tersebut dan membeli kartu e Money yang baru lagi? Anda harus mengikhlaskan kartu e Money yang ada.

BACA JUGA:Langsung Cair! Begini Cara Gestun Akulaku Paylater Sendiri

2. Double Nominal
Maksud dari keluhan ini adalah ketika Anda melakukan top up e Money, tetapi saldo e Money yang Anda terima jumlahnya lebih banyak dari yang seharusnya, maka Anda bisa menyampaikan keluhan. Misal Anda top up Rp 100 ribu, tetapi yang masuk adalah Rp 200 ribu, Anda bisa menyampaikan keluhan ini.

3. Top Up Gagal
Ketika Anda top up e Money dan ternyata gagal, tetapi saldo berkurang, maka Anda bisa menyampaikan keluhan ini. Jangan ditunda-tunda untuk menyampaikan keluhan, agar top up gagal ini segera diproses.  Selain tiga keluhan di atas, tidak ada keluhan cara untuk mencairkan saldo e Money ke rekening pribadi. Namun, Anda tidak perlu risau, karena kami akan berbagi rahasia trik mencairkannya.

Kekurangan Mencairkan Saldo E-Money
Hanya satu kekurangan dari cara memindahkan saldo e Money ke rekening, yaitu prosesnya cukup ribet. Anda harus pindah-pindah aplikasi, pergi ke gerai Indomaret, hingga ke ATM untuk mencairkan saldo.  Belum lagi, aplikasi yang digunakan untuk menerapkan cara memindahkan saldo e Money ke DANA tersebut harus sudah premium atau terverifikasi. Jika ternyata Anda adalah pengguna baru, tentu harus melalui proses verifikasi terlebih dahulu yang ini biasanya membutuhkan waktu 1-2 hari kerja.

Kendati demikian, cara memindahkan saldo e Money ke rekening ini masih jadi rekomendasi digunakan oleh para pemilik saldo e-Money. Daripada saldo tidak terpakai dan mengendap lama, lebih baik diproduktifkan dengan cara lain, bukan?

BACA JUGA:Mengenal Bancassurance Financial Advisor BRI Life

Juga cara memindahkan saldo e Money ke DANA secara mandiri ini fleksibel. Anda bisa melakukannya kapan saja. Berbeda halnya jika Anda harus mencairkan saldo melalui bank, Anda harus siap antri dengan nasabah lain dan mengikuti jadwal operasional bank terkait.

Dari ulasan di atas, kira-kira bagaimana nih? Apakah cara mencairkan saldo e Money di Indomaret dan toko bisa mudah Anda praktekkan? Menggunakan e Money itu banyak untungnya. Selain lebih simple, efisien secara waktu, juga banyak promo yang ditawarkan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: