Barca Kekuatan Penuh

Barca Kekuatan Penuh

\"ligaBarcelona dipastikan bisa menghadapi Paris Saint-Germain dengan kekuatan penuh. Gelandang Xavi Hernandez dan Jordi Alba sudah pulih dari cedera dan ikut dengan skuad Azulgrana ke Paris.

Xavi dan Alba tidak bermain ketika Barcelona ditahan imbang Celta Vigo 2-2 pada lanjutan La Liga, akhir pekan lalu. Keduanya sama-sama mengalami cedera hamstring ketika memperkuat timnas Spanyol di Pra Piala Dunia 2014.

Setelah absen melawan Celta Vigo, Xavi dan Alba sudah bisa mengikuti latihan Barcelona pada Minggu yang dipimpin langsung oleh pelatih Tito Vilanova. Marca melansir, kedua pemain tersebut sudah mendapat lampu hijau dari tim medis Barcelona untuk bermain leawan PSG.

Sementara itu, winger Cristian Tello diyakini akan menjadi starter ketika melawan PSG pada leg pertama babak perempat final Liga Champions, Rabu dini hari nanti. Akhir pekan lalu, Tello bermain impresif dengan mencetak gol ke gawang Celta Vigo.

Peluang Tello untuk menjadi starter di Parc des Princes terbuka lebar menyusul cedera yang dialami Pedro Rodriguez dan menurunnya permainan Alexis Sanchez. Musim ini Tello sudah mencetak lima gol bagi Barcelona.

Bek Paris Saint-Germain, Alex, menyarankan rekan satu timnya, Thiago Silva, untuk menangani Lionel Messi saat Barcelona bertandang ke Parc des Princes, Selasa 2 April 2013 atau Rabu dini hari WIB.

Sementara itu Messi jelas menjadi ancaman buat PSG. Namun, menurut Alex, Thiago Silva akan jadi pemain kunci untuk membuat Messi mati kutu.

\"Itu adalah tanggung jawab gelandang. Kita harus selalu menempatkan satu atau dua pemain di sekitar Leo,\" ujar Alex pada Canal. \"Saya pikir Blaise Matuidi akan memberikan penjagaan sejak lini tengah.\"

\"Kami harus sangat berhati-hati karena dia saat dia bergerak dengan bola, dia jadi sangat berbahaya. Sulit menekelnya saat bola menempel di kakinya. Jadi kami harus menunggu kesempatan untuk merebut bola.\"

\"Saya lebih memilih menjaga pemain dengan ukuran seperti saya. Jadi saya biarkan Thiago Silva di sisi kiri untuk mengatasi dia (Messi),\" lanjut mantan pemain Chelsea itu.

Pertahanan PSG sendiri musim ini cukup baik. Mereka menjadi klub dengan catatan kebobolan paling sedikit di Ligue 1, hanya 20 gol yang bersarang ke gawang tim asuhan Carlo Ancelotti dalam 30 laga sejauh ini.

Wasit Kontroversial Pertandingan ini pun akan dipimpin wasit berpengalaman asal Jerman, Wolfgang Stark. Stark cukup berpengalaman memimpin pertandingan Barcelona di pentas Eropa. Hingga kini, wasit 43 tahun itu sudah memimpin tujuh pertandingan Azulgrana. Dari tujuh laga itu, Barcelona tidak pernah kalah.

Ketujuh laga itu adalah melawan Glasgow Celtic (1-0) di Piala UEFA 2003/2004, Lyon (1-1) di Liga Champions 2008/2009, Chelsea (0-0) semifinal Liga Champions 2008/2009, Inter Milan (0-0) di Liga Champions 2009/2010, Arsenal (4-1) di perempat final musim 2009/2010, Real Madrid (2-0) di semifinal musim 2010/2011, dan terakhir melawan AC Milan (3-2) di babak grup musim lalu.

Stark juga pernah dianggap menguntungkan Barcelona di dua laga terakhir melawan Madrid dan Milan. Ketika Barcelona mengalahkan Madrid pada leg pertama semifinal 2010/2011 di Santiago Bernabeu, Stark diklaim melakukan kesalahan ketika memberi kartu merah kepada Pepe yang melanggar Dani Alves.

Sedangkan ketika Barcelona menekuk Milan di San Siro pada babak grup musim lalu, Stark diklaim media-media Italia melakukan kesalahan ketika memberi penalti saat Alberto Aquilani melanggar Xavi di kotak terlarang.

Stark beberapa kali menciptakan kontroversi. Pada semifinal Piala Dunia U-20 2007, Stark nyaris terkena amukan pemain dan ofisial Chile karena dianggap menguntungkan Argentina. Pada playoff degradasi Bundesliga 2011/2012, Stark terkena bogem pemain Hertha Berlin Levan Kobiashvili karena diklaim berpihak kepada Fortuna Dusseldorf.

Musim ini, Stark melakukan blunder ketika mengkartu merah pemain Borussia Dortmund Marcel Schmelzer saat melawan VfL Wolfsburg. Stark mengusir pemain timnas Jerman itu karena dianggap melakukan handball, padahal dalam tayangan ulang Schmelzer menahan bola dengan kaki.(**) Skuad Barcelona Lawan PSG Victor Valdés, José Manuel Pinto, Dani Alves, Gerard Piqué, Cesc Fàbregas, Hernández, David Villa, Andrés Iniesta, Alexis Sánchez, Leo Messi, Thiago Alcântara, Javier Mascherano, Marc Bartra, Sergio Busquéts, Alba, Martín Montoya, Eric Abidal, Alex Song, Cristián Tello, Oier Olazábal dan Gerard Deulofeu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: