Cara Aman dan Nyaman Menyetir Mobil di Malam Hari

Cara Aman dan Nyaman Menyetir Mobil di Malam Hari

Berkendara di malam hari memang menjadi sebuah tantangan bagi pengemudi--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berkendara di malam hari bukanlah pekerjaan mudah. Minimnya penerangan di malam hari menjadikan berkendara di malam hari cukup memberikan tantangan tersendiri bagi si pengemudi. Deretan tips berikut dapat membantu Anda agar menyetir di malam hari lebih aman. Simak, ya!
Menyalakan Lampu Depan

BACA JUGA:Mobil Legenda Daihatsu Charade, Si Mungil Irit dan Tangguh

Menyalakan Lampu Depan
Ini mungkin umum dilakukan oleh pengendara. Menyalakan lampu ketika berkendara di malam hari merupakan suatu keharusan. Lampu depan yang terus menyala dapat menambah visibilitas Anda ketika berkendara, sehingga Anda bisa lebih waspada dengan keadaan sekitar.

Biasanya kecelakaan yang terjadi di malam hari disebabkan oleh lengahnya pengendara dengan keadaan sekitar karena gelap. Menyalakan lampu dapat mencegah hal ini terjadi. Jika memang dibutuhkan, Anda juga bisa menyalakan lampu jauh untuk menambah visibilitas ketika berkendara. Namun jangan memakainya terus menerus di malam hari ya, karena bisa membuat pengendara yang berasal dari lawan arah terganggu karena cahaya silaunya.

BACA JUGA:Cocok untuk Caleg Gagal, dr Zaidul Akbar Bagikan Ramuan Ampuh Atasi Depresi

Jaga Jarak Dengan Kendaraan Depan
Hindari berkendara secara agresif di malam hari seperti membuntuti kendaraan di depan dengan jarak yang terlalu dekat. Menjaga jarak itu sangat penting agar kita bisa bereaksi dengan cepat ketika terjadi sesuatu dengan pengendara yang ada di depan. Visibilitas Anda dalam melihat lubang di jalan dan segala hambatan lainnya lebih jelas ketika terdapat jarak dengan pengendara di depan. Dengan demikian kecelakaan dapat terhindar.

Selain itu, menjaga jarak juga penting agar pengendara di depan tak gugup karena merasa dibuntuti oleh Anda. Bukan tidak mungkin jika si pengendara depan merasa gugup, ia bisa salah mengambil keputusan dan kecelakaan pun tak terhindarkan.

BACA JUGA:Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp42.000 Dengan Mudah, Ini Tugasnya!

Tetap Waspada Dengan Keadaan Sekitar
Awasi setiap pergerakan yang ada di sekitar Anda. Rajin-rajin mengecek kaca spion di samping dan juga di tengah. Pastikan kaca spion dalam kondisi bersih sehingga pandangan Anda tidak terganggu. Dengan cara ini, Anda bisa lebih waspada dengan keadaan di sekitar jalan seperti pesepeda, pejalan kaki, hewan melintas, dan hal lainnya. Terkadang banyak hewan yang luput tak terlihat di mata ketika malam hari dan membuat si pengendara gugup dan berusaha menghindarinya. Menghindar secara tiba-tiba tersebut justru berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Pastikan Semua Komponen Mobil Berfungsi Baik
Sebelum melakukan perjalanan di malam hari, sebaiknya terlebih dahulu mengecek kondisi komponen Mobil secara menyeluruh. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik terutama lampu depan, demi memberikan visibilitas yang maksimal di malam hari.

Kondisi Tubuh Prima
Saat berkendara di malam hari biasanya stamina tubuh mulai berkurang. Kondisi ini tentu berbahaya bagi si pengendara meskipun Anda telah terbiasa melintas di jalan tersebut. Menyetir dalam kondisi gelap juga dapat menambah kelelahan Anda dan membuat Anda mengantuk.

BACA JUGA:Dibandrol Dengan Harga Rp 3,4 Juta, Ini Spesifikasi HP Vivo Y100 5G

Bukan rahasia lagi kalau mengantuk sering menjadi penyebab kecelakaan. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya Anda beristirahat terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan. Ini tentu akan meminimalisir terjadinya kecelakaan. Dan juga jangan mengambil risiko dengan berkendara dalam kondisi kelelahan.

Tak Perlu Ngebut
Biasanya saat berkendara di malam hari, kondisi jalanan cenderung lebih lengang. Hal ini juga yang membuat pengendara memilih untuk berkendara di malam hari agar lebih cepat sampai di tujuan. Jalanan yang lengang seringkali membuat pengendara tancap gas dan memacu mobil dengan kecepatan di atas rata-rata.

BACA JUGA:Sejarah Peredaran Opium Atau Candu Di Dunia

Padahal saat berkendara di malam hari, Anda disarankan untuk memacu kendaraan lebih lambat agar memberikan kesempatan untuk bereaksi lebih cepat ketika terjadi sesuatu. Berkendara di malam hari memang menjadi sebuah tantangan. Namun jika mobil dilengkapi dengan fitur canggih tentu akan semakin memudahkan si pengendara agar perjalanan lebih aman dan nyaman. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: