Suara Politisi Perempuan Mendominasi di Pemilu Bengkulu, Betty: Jangan Sampai Jadi 'Tim Hore' di Senayan

Suara Politisi Perempuan Mendominasi di Pemilu Bengkulu, Betty: Jangan Sampai Jadi 'Tim Hore' di Senayan

Tiga calon anggota DPD RI Dapil Provinsi Bengkulu yang mendominasi perolehan suara pada Pemilu 2024 kali ini-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Proses pemungutan suara pada Pemilihan umum (pemilu) 2024 telah selesai dilakukan. Saat ini,  prosesnya telah memasuki tahap rekapitulasi suara di tingkat KPU kabupaten/kota, provinsi dan KPU RI.

Melihat proses pemungutan suara di Bengkulu, perolehan suara politisi perempuan khusus DPD RI sangat mendominasi jika dibandingkan dengan suara politisi laki-laki.

Bahkan untuk perolehan suara sementara di DPD RI Dapil Bengkulu diduduki oleh suara perempuan. Diposisi pertama ada Elisa Ermasari, kedua apt Destita Khairilisani, ketiga Leni Jhon Latief dan baru ada laki-laki yaitu Sultan B Najamuddin.

BACA JUGA:Raih Suara DPD RI Terbanyak Kedua, Destita Semakin Dekat ke Senayan

Dengan perolehan suara 4 besar ini, Betty Herlina, Founder Bincang Perempuan (Media dan Komunitas) memberikan apresiasi atas raihan suara yang dicapai politisi-politisi perempuan dari Bengkulu.

Kata Betty, bila berkaca dengan perolehan suara yang sudah terinput di website KPU sekarang bisa dilihat untuk kursi DPR RI dan DPD RI secara kuantitas didominasi perempuan, dan ini angkanya sudah melewati critical mass. 

"Tentunya kita berharap perempuan-perempuan yang akan duduk ini nanti tidak hanya menjadi 'tim hore; di Senayan nanti, namun ada aksi nyata yang bisa berdampak dengan kesejahteraan perempuan-perempuan di Bengkulu, contohnya saja persoalan angka kekerasan terhadap perempuan di Bengkulu masih tinggi, hampir setiap hari laporan-laporan KS terekam oleh media," ujar Betty pada bengkuluekspress.com, Minggu (18/2/2024).

BACA JUGA:Pileg DPD RI Dapil Bengkulu; Elisa, Destita, Leni, dan Sultan Semakin Menjauh Meninggalkan Kandidat Lainnya

Betty yang juga seorang aktivis perempuan Bengkulu ini juga mengingatkan agar persepsi perempuan yang duduk karena ada perpanjangan tangan dari pihak-pihak tertentu dapat di tepi dengan memberikan program yang berkualitas untuk Provinsi Bengkulu.

"Terlepas dari proses pemilu yang dilewati, ada yang dilaporkan ke Bawaslu, atau ada persepsi perempuan yang duduk karena perpanjangan tangan suami, semua itu diharapkan bisa ditepis dengan memberikan program-program nyata yang bisa langsung berdampak dengan kelompok perempuan," pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan data rilis info pemilu tahun 2024 yang disajikan oleh KPU melalui laman pemilu2024.kpu.go.id. Ada 4 calon menduduki suara tertinggi dari 12 peserta  calon anggota DPD RI dari Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Gokil! Suara Prabowo-Gibran di TPS 035 Bantur, Jawa Timur Tembus 136.188, Padahal Pemilih Cuma 200 Orang

Data situs pemilu2024.kpu.go.id per tanggal 17 Februari 2024 pukul 19.31 wib dengan 

progress: 4366 dari 6210 TPS (70.31%), Elisa Ermasari meraih suara sebanyak 194.600 suara, Destita Khairilisani meraih perolehan data sementera sebanyak 117.649 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: