Pileg DPD RI Dapil Bengkulu; Elisa, Destita, Leni, dan Sultan Semakin Menjauh Meninggalkan Kandidat Lainnya

Pileg DPD RI Dapil Bengkulu; Elisa, Destita, Leni, dan Sultan Semakin Menjauh Meninggalkan Kandidat Lainnya

Peraih suara terbanyak sementara calon DPD RI Dapil Provinsi Bengkulu Pemilu 2024-(ari defriansyah/bengkuluekspress)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - 4 orang calon anggota DPD RI Dapil Provinsi Bengkulu semakin dekat menjadi politisi senayan (panggilan kepada anggota legislatif DPR RI dan DPD RI).

Perolehan suara 4 calon DPD RI Dapil Provinsi Bengkulu sudah menjauhi perolehan suara rival di bawahnya.

Dari pantauan bengkuluekspress.com di laman Info Publik Pemilu 2024 (kpu.go.id), Calon DPD yang paling berpeluang besar itu adalah Elisa Ermasari, karena perolehan suaranya sudah tembus 194.600 suara. Jumlah suara ini sangat sulit dikejar oleh calon DPD RI di bawahnya.

Berkacamata pada Pemilu 2019 lalu, calon anggota DPD RI peraih suara tertinggi adalah Sultan B Najamudin dengan perolehan 191.499 suara. Tentu suara Elisa ini sudah sangat jauh dibandingkan 5 tahun lalu, padahal data yang masuk ke KPU belum 100 persen. 

BACA JUGA:Gokil! Suara Prabowo-Gibran di TPS 035 Bantur, Jawa Timur Tembus 136.188, Padahal Pemilih Cuma 200 Orang

Di sisi lain, Ada Destita Khairilisani dengan perolehan suara 117. 169 suara yang sangat besar berpeluang menjadi anggota DPD RI. Hal ini mengingat, rata-rata perolehan suara DPD RI pada Pemilu 2019 lalu 100 ribu ke atas.


Perolehan suara sementara calon DPD RI Dapil Provinsi Bengkulu-Foto: istimewa-

Informasi berkembang, perolehan suara Destita ini, selain karena memang memiliki basis keluarga dan pemilih di Kabupaten Seluma, yang bersangkutan juga disokong oleh Eni Khairani (anggota DPD RI 3 periode) yang memiliki pemilih militan. Sementara tahun ini Eni tidak lagi maju mencalonkan diri sebagai anggota DPD. 

Di posisi ketiga ada Leni Haryati Jhon Latief, dengan suara 74.092 suara. Leni unggul di 3 kabupaten yaitu Kepahiang, Rejang Lebong dan Lebong. Jumlah suara Leni masih bertambah, karena jumlah suara yang masuk di kabupaten itu rata-rata lebih dari 60 persen. 

BACA JUGA:Mau Tahu Hasil Perolehan Suara Pemilu 2024? Silakan Cek di Portal Resmi KPU Ini

Sebenarnya, tingginya perolehan suara Leni ini sudah diprediksi karena yang bersangkutan menggantikan anaknya Riri Damayanti, yang sudah menjabat DPD RI selama 2 periode. Pada Pemilu kali ini, Riri tidak maju sebagai anggota DPD, tetapi digantikan oleh ibunya. 

Sementara Sultan B Najamudin yang merupakan incumbent memperoleh 71.653 suara. Sultan masih bisa mengejar suara Leni. Pasalnya data suara di Kabupaten Bengkulu Selatan baru masuk 58 persen. Bengkulu Selatan merupakan tanah kelahiran Sultan.

DI sisi lain, mantan Walikota Bengkulu yang juga incumbent DPD RI 2019-2024, Ahmad Kanedi, sepertinya harus berjuang keras untuk mengejar suara Sultan Najamudin. Mengingat sampai sejauh ini suara Ahmad Kanedi  baru mencapai 47.402 suara. 

Sementara data yang masuk dari Kota Bengkulu dan Seluma yang merupakan lumbung suara Ahmad Kanedi pada Pemilu 2019 lalu sudah hampir masuk semuanya. Kota Bengkulu sudah 69 suara, sedangkan    Seluma sudah 90 persen suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: