Mencicipi Minuman Legendaris Khas Purwakarta di Kedai Es Ciming

Mencicipi Minuman Legendaris Khas Purwakarta di Kedai Es Ciming

Mencicipi Minuman Legendaris Khas Purwakarta di Kedai Es Ciming-Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Es Ciming merupakan kedai minuman es segar yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Minuman ini terkenal dengan rasa manis dan segarnya yang cocok dinikmati di cuaca panas.

Es Ciming bisa menjadi pelengkap berkuliner khas yang ada di Purwakarta. Kedai Es Ciming ini sudah berdiri sejak tahun 1970 dengan kondisi bangunan yang masih tetap sama seperti dulu. 

Kedai Es Ciming berlokasi di Jalan. Jend. Sudirman No.117, Purwakarta. Purwakarta sendiri merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang ramai dikunjungi para wisatawan untuk berburu kuliner terutama untuk mencoba minuman legendarisnya di Kedai Es Ciming. 

Rasan Es Ciming yang khas membuat kedai yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung, setiap jam makan siang selalu penuh terlebih ketika akhir pekan tiba.

Penamaan Es Ciming sendiri merupakan nama sang perintis usaha es ini yakni Ko Ciming. Ko Ciming telah menggeluti digeluti lelaki Tionghoa tersebut tetap laris manis sampai saat ini. 

BACA JUGA:Filosofi Roti Buaya yang Digunakan Sebagai Ungkapan Kesetiaan Pasangan Bentuk Identitas Budaya Betawi

Zaman dulu Es Ciming namanya adalah Es Shanghai, namun kemudian berubah menjadi Es Ciming sesuai dengan nama pembuatnya. 

Es campur di sini dikenal dengan rasanya yang mantap plus menyediakan juga aneka kuliner lainnya dari batagor sampai pempek. 

Buat kamu yang ingin mencoba Es Ciming, Es campur ini hanya ada di Purwakarta dan tidak buka cabang di tempat lain. Hal ini bukan tanpa alasan, yakni agar resepnya tidak di ketahui orang lain atau memang agar Es Ciming memiliki ciri khas Purwakarta.

BACA JUGA:Bernostalgia di Zaman Kolonial Belanda dengan Mencicipi Es Krim Legendaris di Kedai Es Krim Italia Ragusa

Sajian Es Ciming dibuat dengan resep turun menurun. Rasa Es Ciming berbeda dari semua es campur yang ada di Purwakarta dan merupakan es paling encer diantara kalangan es campur yang ada. 

Es Ciming biasanya isajikan dalam mangkuk bulat berdiameter sekitar 12 cm dimana di dalamnya terdapat campuran cingcau hitam, serutan kelapa, dan kacang hijau. 

Es Ciming juga diberi sirup berwarna merah, taburan es serut yang cukup banyak dan susu kental manis secukupnya yang menjadi ciri khas es ini.

BACA JUGA:Mengenal Kue Lepek Binti Warisan Budaya Bengkulu, Paduan Ketan dan Gula Merah yang Menggugah Selera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: