Asal usul, Cara Pembuatan dan Mitos Es Goyobod Khas Suku Sunda di Jawa Barat

Asal usul, Cara Pembuatan dan Mitos Es Goyobod Khas Suku Sunda di Jawa Barat

Asal usul, Cara Pembuatan Dan Mitos Es Goyobod Khas Suku Sunda di Jawa Barat -Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Es Goyobod merupakan minuman dingin menyegarkan khas Suku Sunda, Jawa Barat yang menggunakan santan dan beberapa campuran aci serta komponen lainnya. 

Bisa dibilang es goyobod hampir sama dengan es campur pada umunya. Es goyobod berbahan aci atau tepung tapioka sehingga terasa kenyal. Selain itu minuman ini ditambahkan potongan roti tawar, pacar cina, tape singkong, serutan daging kelapa.

Masyarakat Jawa Barat pasti sudah sangat familiar dengan minuman yang satu ini. Tak dipungkiri siapa yang tak mengenal Goyobod? Sajian es campur dari Sunda ini menjadi kebanggan masyarakat Jawa Barat.

Pembeda es goyobod dengan es campur pada umunya adalah penggunan tepung hunkwe atau sari pati kacang hijau yang dibekukan dan dibentuk seperti dadu.

BACA JUGA:Tidak Banyak yang Tahu! Begini Asal Usul Semur Jengkol di Indonesia

Asal-usul Es Goyobod

Dibalik kenikmatan seporsi es goyobod, nama "Goyobod" ini berasal dari istilah bahasa Sunda hasil resapan Bahasa Belanda yang memiliki arti "Basah Kuyup". 

Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya tampilannya yang menggiurkan, saat di seruput, sensasi dingin, manis, dan gurih dari minuman segar satu ini selalu jadi pilihan tepat untuk melepas dahaga.

Tahukah kamu? Es Goyobod ini memiliki sejarah panjang. Minuman asal Cibatu ini, pertama kali dikenalkan pada tahun 1943 oleh seorang laki-laki warga Cibatu bernama Aca, yang melarikan diri ke Garut saat peristiwa Bandung Lautan Api. Setibanya di Garut, ia kemudian memproduksi es campur ini, hingga terkenal di seluruh tanah priangan.

BACA JUGA:Anantari Cafe, Cafe Hits Semarang Tawarkan Konsep Kafe dengan Pemandangan Alam Mempesona

Proses Pembuatan Es Goyobod

Proses pembuatan goyobod ini juga terbilang unik. Minuman ini dibuat dengan rebusan adonan tepung hunkue yang dicampur gula merah, santan, dan sedikit garam.

Hunkwe sendiri merupakan tepung yang terbuat dari sari pati kacang hijau. Warnanya putih dengan tekstur yang sedikit lebih kasar daripada tepung terigu. 

Saat dijadikan adonan, tepung ini akan menghasilkan adonan yang kenyal, sebagaimana yang hadir dalam sajian es goyobod.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: