Kota & Seluma Dikepung Banjir

Kota & Seluma Dikepung Banjir

\"PadangBENGKULU, BE - Curah hujan yang cukup tinggi sejak Sabtu lalu (30/1) membuat sedikitnya 6 kecamatan di Provinsi Bengkulu mengalami banjir.  2 Kecamatan berada di Kota Bengkulu, yakni Kecamatan Sungai Serut yang meliputi Kelurahan Tanjung Agung, Sukamerindu dan Tanjung Jaya.  Serta Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Muara Bangkahulu.  Puluhan rumah warga tampak sudah terendam hingga kedalaman 1 meter lebih, bahkan di Tanjung Agung, genangan air sudah mencapai badan jalan.

Hikma, warga RT 1 Tanjung Jaya mengungkapkan,  air naik sekitar pukul 05.00 WIB, dan sampai pukul 11.00 WIB siang kemarin, air terus deras dan telah masuk ke dalam rumahnya.   \'\'Untung barang-barang saya sudah diamankan semua.  Sejak hujan tadi malam, air terus naik.  Sekarang sudah sampai selutut,\" ungkapnya kemarin (31/3).  Hal yang sama dialami Joni (28), warga RT 3 Tanjung Agung.

Sementara Anang (58), warga Rawa Makmur mengatakan, rumah yang terkena banjir parah di Kelurahan Rawa Makmur sebanyak 40 rumah.  Warga berharap pemerintah dapat segera mengatasi banjir ini.   Karena setiap hujan deras, kelurahan ini selalu terkena banjir.

\"Kami berharap kepada pemerintah untuk bisa mengatasi banjir yang sering kali terjadi ini, dan berharap pintu airnya lebih diperhatikan lagi,\" harapnya.  

Banjir di Seluma Banjir lebih parah terjadi di Kabupaten Seluma yang menggenangi sedikitnya, 4 kecamatan, yakni Kecamatan Sukaraja, Air Periukan, Seluma Barat dan Kecamatan Seluma Selatan.  Tak tangung-tanggung, banjir kali ini mencapai ketinggian pinggang orang dewasa bahkan 1 meter lebih.  Setelah sungai-sungai yang berada tidak jauh dari pemukiman warga meluap.

Akibatnya selain rumah warga yang tergenang air, ditemukan juga ratusan hektar areal lahan persawahan siap panen di 4 kecamatan ikut terendam banjir. Bukan hanya itu, banjir ini juga sempat menyebabkan terhambatnya arus transportasi di beberapa desa akibat akses jalan ikut terendam banjir. Serta membuat sejumlah kendaraan mogok seketika.

Pantauan BE, sejumlah warga yang berada di lokasi banjir, tampak memilih mengungsi di kediaman saudaranya,   “Semua korban banjir di Air Periukan masih didata oleh para perangkat desa dan kecamatan agar bantuan sosial jatuh tepat sasaran kepada para korban banjir. Serta belum adanya upaya tanggap darurat untuk menanggulangi bencana banjir kali ini,” terang Camat Air Periukan, Rijono.

Sementara itu. di Desa Sengkuang Jaya juga terdapat beberapa titik tanah longsor seperti di KM 46 Bengkulu-Tais dan simpang batu bara.   Namun sayangnya hingga saat ini kondisi tersebut belum bisa dilakukan penanggulangan karena pihak BPBD belum meninjau dan turun ke lokasi. Tak ayal akibat hal ini sejumlah arus lalulintaspun menjadi macet dan terpaksa di berlakukan satu arah saja.

“Kalau banjir saat ini telah berangsur surut, Namun tanah longsor ini telah membuat kondisi jalan penghubung Bengkulu-Seluma menjadi terhadang dan pihak BPBD pun tak kunjung datang,” ujar Kades Sengkuang Jaya Yurdi Iksan, kemarin.

Sementara itu, Kades Pasar Seluma Kosman Effendi mengatakan, hingga sore kemarin banjir masih belum surut.  Akibatnya hingga saat ini Pasar Seluma masih terisolir termasuk untuk pasokan makanan. Beberapa kendaraan di lokasi tersebut tampak mogok dan tak bisa dihidupkan lagi setelah melewati banjir.

“Saat ini banyak kendaraan yang terjebak  di areal banjir dan tak bisa hidup kembali.  Diharapkan pemerintah Seluma dapat menindaklanjuti kawasan Pasar Seluma ini yang selalu banjir dan kondisi jalan yang  sangat memprihatinkan,” ujar Kosman Effendi.

Untungnya, dari sejumlah banjir yang terjadi kemarin, tidak ada korban jiwa.  Namun kerugian materi ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.  Mengingat tidak sedikit perabotan rumah warga yang terendam ikut rusak dan ratusan hektar sawah padi serta tambak budidaya ikan warga yang siap panen ikut hanyut terbawa arus. (cw5/333)

6 Kacamatan dan Desa Tergenang Banjir Seluma 1. Kecamatan Sukaraja Seluma: Desa Air Kemuning, Desa Air Petai, Desa Padang Kuas, Desa Jenggalu, dan desa Cahaya Negeri. 2. Kecamatan Air Periukan : Desa  Padang Pelasan, Desa Lawang Agung, Desa Keban Agung, dan Desa Pasar Ngalam; 3. Seluma Barat : Desa Pagar Agung, Desa Talang Tinggi, Desa Air Latak dan Desa Lunjuk. 4. Seluma Selatan : Desa Sukarami, Desa Pasar Seluma, dan Desa Rimbo Kedui. Kota Bengkulu 5. Kecamatan Sungai Serut: Kelurahan Sukamerindu, Tanjung Agung, Tanjung Jaya dan Semarang. 6. Kecamatan Muara Bangkahulu: Kelurahan Rawa Makmur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: