Jangan Panik dan Tetap Tenang! Begini Cara Mengatasi Rem Mobil Blong

Jangan Panik dan Tetap Tenang! Begini Cara Mengatasi Rem Mobil Blong

Satu-satunya hal yang harus diantisipasi saat mengatasi rem blong ini adalah jangan pernah panik--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Komponen rem pada mobil memiliki pengaruh penting terhadap keselamatan berkendara. Pengemudi mampu mengendalikan laju kendaraan menggunakan rem. Salah satu masalah yang bisa terjadi pada rem mobil adalah rem blong. Ketika rem mendadak blong, pengemudi tidak perlu khawatir. Berikut ini merupakan cara mengatasi rem mobil blong.

BACA JUGA:Mewah dan Canggih! Mercedes Benz Indonesia Luncurkan GLA 200 AMG Line 2024

Penyebab Rem Blong
Ada beerbagai alasan mengapa rem mobil mendadak blong. Berikut ini merupakan penyebabnya.
Jarang melakukan pengecekan terhadap rem mobil.
Komponen rem kekurang minyak atau pelumas.
Sering menginjak pedal rem secara terus menerus yang mengakibatkan kaliper rem menjadi panas.
Kualitas minyak rem yang buruk.
Kampas rem sudah aus.
Kebocoran pada minyak rem.

BACA JUGA:Biar Tahu! Ini Ukuran Garasi Mobil Ideal Untuk Dibuat di Rumah

Berikut ini merupakan cara mengatasi rem mobil yang blong.

1. Jangan Panik
Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh pengemudi ketika menghadapi rem blong adalah tetap tenang dan jangan panik. Tetap fokus dan pikirkan langkah-langkah yang harus diambil agar selamat dari marabahaya.

BACA JUGA:Ini Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Perempuan Baru Bisa Mengemudi

2. Turunkan Kecepatan dan Gigi Secara Bertahap
Ketika mobil mengalami rem blong, turunkan posisi gigi secara bertahap ke gigi rendah, kemudian angkat gas perlahan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kecepatan dan putaran mesin mobil, sehingga kendaraan akan melambat. Lakukan hal ini secara bertahap dengan penuh perhitungan.

BACA JUGA:Fitur Keselamatan Ini Dulu Awalnya Hanya ada di Mobil Mahal

3. Gunakan Lampu Hazard dan Klakson
Saat mobil mengalami rem blong di jalanan yang cukup ramai, segera nyalakan lampu hazard dan tekan klakson. Hal ini dilakukan untuk memperingati pengguna jalan lain bahwa mobil mengalami rem blong. Lakukan hal ini dalam keadaan tenang.

4. Gunakan Rem Tangan
Pengemudi bisa menggunakan rem tangan untuk menghentikan laju kendaraan. Meskipun demikian, penggunaan rem tangan perlu diperhatikan dan dilakukan secara hati-hati. Jangan dilakukan secara mendadak karena bisa membahayakan. Untuk penggunaan rem tangan, tarik rem dengan perlahan dan hati-hati, kemudian rasakan gigitan rem pada bagian kaliper roda. Apabila sudah terasa, jangan lepaskan rem tangan. Biarkan posisi rem tangan dalam keadaan tersebut hingga laju mobil melambat.

BACA JUGA:Harga Xiaomi 12T 5G Hanya Rp 6 Jutaan, Simak Keunggulannya

5. Jauhkan Kaki dari Pedal Gas
Saat menghadapi rem blong, jauhi kaki dari pedal gas. Hal ini tentunya sangat membahayakan dan pada umumnya dilakukan oleh beberapa pengendara yang panik. Mobil tentunya akan melaju dengan kecepatan tinggi dan dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

6. Kocok Rem Secara Berkala
Ketika rem mengalami blong, kocong rem secara berulang. Beberapa kasus rem blong dikarenakan sistem rem yang berjalan kurang baik. Cara mengocok rem adalah dengan menekan dan melepas berulang-ulang. Hal ini dilakukan untuk memastikan fungsi rem dalam keadaan baik. Apabila setelah dikocok rem berjalan dengan baik, maka rem mobil hanya mengalami sedikit masalah sistem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: