Wajib Punya! Aksesoris Mobil Ini Sangat Bermanfaat saat Musim Hujan Tiba

Wajib Punya! Aksesoris Mobil Ini Sangat Bermanfaat saat Musim Hujan Tiba

Beberapa aksesori mobil akan sangat bermanfaat ketika musim hujan tiba--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memasuki musim hujan, pemilik mobil perlu memerlukan berbagai persiapan untuk perawatan mobil. Salah satunya adalah memasang sejumlah aksesoris untuk menghadapi musim hujan. Aksesoris yang dimaksud sangat efektif membantu pengemudi menghadapi berbagai masalah saat hujan tiba. Berikut adalah 7 aksesoris mobil yang bermanfaat saat musim hujan.

BACA JUGA:Usung Gaya Neo Retro, Motor Cruiser SRV 600V Siap Bersaing dengan Kawasaki Vulcan S

1. Talang Air
Salah satu aksesoris mobil yang sangat berguna saat musim hujan adalah Talang Air atau door visor. Talang Air berfungsi untik menahan air hujan masuk ke dalam kabin saat jendela dibuka sedikit. Aksesoris ini cocok bagi pengendara yang ingin membuka jendela saat hujan untuk mencegah kaca berembun. Talang Air mudah dicari di pasaran dan harganya pun tergolong murah. Pemilik mobil bisa mendapatkan door visor dengan harga mulai Rp150 ribuan untuk empat unit talang.

BACA JUGA:Musim Hujan Tiba, Yuk Pilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik

2. Karpet Karet
Pada umumnya, mobil sudah disematkan karpet bawaan dari pabrik. Meskipun demikian karpet yang digunakan berbahan beludru yang mudah kotor dan baru jika terkena air. Jika terkena lumpur, proses membersihkannya pun sangat rumit. Untuk mencegah hal tersebut, pemilik mobil bisa menggunakan karpet tambahan berbahan karet. Karet mobil tidak menyerap air, sehingga mudah dibersihkan. Selain itu, karpet karet juga berfungsi melindungi karpet bawaan mobil agar tidak mudah kotor atau terkena air dan lumpur yang terbawa masuk ke dalam mobil.

BACA JUGA:Tidak Hanya Soal Kebocoran, Kenali Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Habis

3. Lampu Kabut atau Fog Lamp
Visibilitas ke lingkungan sekitar tentunya menjadi sulit ketika kondisi curah hujan tinggi. Pandangan pengemudi akan terhalang akibat kabut yang cukup tebal. Untuk mengatasi hal ini, pemilik mobil bisa memasang Lampu Kabut atau Fog Lamp.


Saat ini, sebagian besar mobil baru sudah dibekali dengan fitur fog lamp. Meskipun demikian, mobil lawas dan varian yang lebih murah tidak dilengkapi dengan lampu kabut. Pemilik mobil model lawas tidak perlu khawatir, karena lampu fog lamp bisa dibeli di toko aksesoris mobil. Untuk penggunaannya, pemilik mobil disarankan menggunakan fog lamp dengan warna kuning agar visibilitas lebih baik dan tidak menyilaukan pengendara lain.

BACA JUGA:Harga Rp 2 Jutaan, Berikut Kelebihan dan Kelemahan HP Samsung Galaxy M14 5G

4. Mud Guard
Saat musim hujan tiba, jalanan dipenuhi dengan kotoran, debu, dan lumpur. Bagian bawah mobil akan lebih mudah kotor akibat lumpur dan banjir yang berasal dari jalanan. Salah satu aksesoris mobil yang bermanfaat untuk mengatasi hal ini adalah mud guard atau pelindung lumpur. Mud guard umumnya dipasang pada bagian kaki-kaki, dekat dengan ban mobil. Pada umumnya, aksesoris ini terbuat dari karet berwarna hitam. Mud guard mampu melindungi bagian bawah bodi mobil dari cipratan air, kotoran, dan lumpur.

BACA JUGA:Nostalgia Motor Jadul Suzuki TF 125, Motor Bergaya Trail Cocok Diajak ke Kebun

5. Stiker Kaca Spion Anti Air
Saat ini, stiker anti air untuk kaca spion dapat ditemui di toko aksesoris mobil, atau marketplace. Stiker ini memiliki bentuk bulat dan ditempelkan pada kaca mobil yang searah dengan kaca spion. Aksesoris ini mampu mencegah air mengendap pada kaca spion, sehingga pandangan akan tetap jernih.

BACA JUGA:Menelusuri Awal Mula Terciptanya Batagor yang Pernah Dinobatkan Sebagai Jajanan Paling Lezat Se-Asia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: